Seminar dan Workshop Budidaya Kurma Kultur Jaringan Indonesia

Tren budidaya tanaman buah kurma di Indonesia terus meningkat sejak 2010, mulai banyak penggemar tanaman dan hobies kurma mulai menanam kurma yang kebanyakan masih dari biji. Trend ini makin masif dipengaruhi keberhasilan budidaya kurma di negeri jiran Thailand yang sudah sukses membudidayakan dan panen buah kurma di iklim tropis pada 2015.

Petani kurma IDPA

Sehingga para petani Indonesia mulai tertarik membudidayakanya. Dengan mendatangkan bibit dari Thailand dan mengimport secara jamaah. Kurma dipercaya dapat dibudidayakan dengan baik di Indonesia, karena Iklim Thailand sama dengan Indonesia. Walaupun dalam budidaya tidak semudah membalikan telapak tangan, namun kalau tidak dimulai kita tidak akan tahu tantangan dan prosesnya. Dan kebanyakan petani kurma di Indonesia masih coba-coba dan masih banyak menggunakan benih/bibit dari biji serta belum memiliki pengetahuan yang mendasar untuk budidaya berkebun kurma skala luas perkebunan.

Belajar dari Petani Thailand yang menggunakan bibit Biji

Kita belajar dari kegagalan petani Thailand yang mengganti ratusan hektar kebun kurma asal biji dengan kebun kurma baru dari bibit kultur jaringan yang cukup berhasil.

Nilai Import kurma dari tahun ke tahun

Selain itu, kebutuhan masyarakat Indonesia akan kurma saat ini sangat besar melalui import, belum yang dibawa sebagai oleh-oleh dari 1 juta jamaah umroh dan 220.000 jamaah haji setiap tahunya. Di sisi lain, kebutuhan tersebut dipenuhi dengan impor mengimpor kurma dari Tunisia, Arab Saudi, Iran, Mesir dan Amerika serta beberapa negara Timur Tengah lainya.

Badan Pusat Statistik ( BPS) mencatat, impor kurma melonjak mencapai 8,6 juta kg pada April 2017.

Nilai impornya mencapai 17,3 juta dollar AS. Bila dibandingkan, Maret 2017, nilai impor kurma melonjak 49,3 persen. Maret lalu, impor kurma hanya 6,6 juta kg dengan nilai 11,5 juta dollar AS.

“Kenaikan impor kurma karena jelang puasa naik 49,3 persen,” ujar Kepala BPS Suharyanto di Jakarta, Senin (15/5/2017).

Sementara itu bila dibandingkan April 2016, kenaikan impor kurma pada April 2017 bisa dibilang meroket. Sebab April tahun lalu impor kurma hanya 2 juta kg saja.

Kebun Kurma 3 tahun di Thailand

Maka dari itu, peluang budidaya kurma di Indonesia cukup menjanjikan karena serapan pasar yang sangat besar dan masih terbuka luas  bagi petani di Indonesia. Akhir-akhir ini juga banyak bermunculan group-group petani kurma seperti BKN, IDPA, APKI dll. Namun kemunculan group-group tersebut disertai juga munculnya penipuan bibit kurma dan peluang investasi berkebun kurma, padahal dalam hal pengetahuan budidaya kurma skala perkebunan di Indonesia masih dalam tahap belajar, namun ada saja oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab mengambil kesempatan dalam kesempitan.

Ibu Rusti Wida Panen Kurma Indonesia

Untuk itu perlu diadakanya pelatihan budidaya kurma skala kebun yang baik dan benar dari pakar dan ahlinya bukan dari oknum yang mengaku-ngaku pakar perkurmaan. sehingga para petani kurma  dan orang yang ingin berkebun kurma mendapatkan pengetahuan yang benar dan trasparan tentang berkebun kurma.

Bibit Kurma Kultur Jaringan Barhee

Selain peluang budidaya, peluang penyediaan bibit kurma hasil kultur jaringan dari jenis kurma yang cocok tumbuh di daerah tropis juga menjadi tantangan besar karena selama ini budidaya kurma tropis masih mengimpor bibit kurma yang harganya relatif mahal. Ini juga karena Indonesia belum punya pohon indukan yang terbukti unggul genjah dan kualitas buahnya baik. Serta lab Kultur jaringan yang mau mengkuljarkan bibit kurma. Untuk menuju swasembada bibit kultur jaringan kurma di Indonesia butuh waktu minimal 5-10 tahun.

Thailand saja yang sudah 16 tahun mengembangkan kurma baru punya bibit Hibrida KL-1 mereka baru masuk memulai tahap bibit kuljar setelah mereka sukses panen kurma di kebun-kebun yang menggunakan bibit kultur jaringan dari DPD UK.

Kebun Kurma I-Grow di Pandeglang

Berdasarkan kendala-kendala yang dihadapi petani kurma Indonesia tersebut, maka kami dari Komunitas Petani Kurma Indonesia gabungan dari  3 WAG (WA Group) akan mengadakan pelatihan budidaya kurma kultur jaringan skala perkebunan dengan Ahlinya dari perkebunan kurma Mesir.

Beliau adalah Ir Abdul el Jawad Ebadi Direktur Perkebunan Kurma Linah Mesir seluas 1200 ha kalau disini BUMN perkebunan spt PTPN, beliau juga merupakan pakar kurma dan konsultan perkebunan kurma China. Beliau akan hadir di Indonesia di tgl 15-30 November 2017 beliau akan mengunjungi 6 tempat di Indonesia dan berbagi pengetahuan tentang Kunci Sukses Budidaya Kurma Kultur Jaringan Skala Perkebunan yang baik, enam tempat tersebut adalah:

  1. Banten untuk wilayah Jabodetabek, Banten dan Jabar. Di Waras Farm Koordinator Sy Hendra Andiarto tlp/wa= 0823-1028-9784, Tri Lesmono +6281808587640. 18 November 2017, 9-15 wib.
  2. Aceh Nanggroe Darussalam,Aceh dan Sekitarnya, koorddinator pak Mahdi Muhamad, tlp/wa 0818-981-191 dan pak Basri Yusuf tlp/wa +62 822-9332-1585. Blang Bintang Aceh, 20 November 2017, 9-15 wib
  3. Sumatera Barat, Sumatra dan sekitarnya koordinator pak Benny,tlp/wa = 0853-5576-5948. 22 November 2017, 9-15 wib
  4. Kalimantan Timur, Kalimantan dan sekitarnya, Koordinator pak Hamdi 0813-4770-6580 dan pak Ardan. 0822-5544-9898. 25 November 2017 , 9-15 wib
  5. Sumbawa Nusa Tenggara Barat Dan sekitarnya, koordinator pak Reza Tirtawinata +6285810115791.27 November 2017, 9-15 wib
  6. Jawa Timur dan Jawa Tengah dan sekitarnya,di Pasuruan kebun kurma pasuruan Koordinator Ibu Rusti Wida +628123304925 dan Pak Dokter Dodik+62 813-4059-0085. 29 November 2017, 9-15 wib
Proses Kultur Jaringan

Terima kasih
Semoga bermanfaat bagi petani kurma Indonesia
Demang Makaryo
Kontak hp/wa = 0823-1028-9784 (Hendra Andiarto)

Produktifitas kurma di banding tanaman lain

Kami juga mengundang kalangan Akademisi seperti Dosen, Mahasiswa Pertanian dan Perkebunan seperti Untirta dan Universitas lainya , serta Aparat Terkait Pemerintahan Daerah seperti Dinas Pertanian di Banten mendapatkan kesempatan untuk bergabung dalam kegiatan tersebut dan dapat mengembangkan penelitian dalam hal budidaya kurma di Indonesia. Berperan dalam hal penyiapan bibit kurma melalui kultur jaringan dan pengembangan skala perkebunan mengingat di Banten banyak lahan eks Tambang yang berpotensi di recovery dengan kebun kurma.

Mari kita berkebun kurma untuk kemandirian dan kedulatan pangan Indonesia. Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi kita semua.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s