Budidaya Tabulampot Kelengkeng Merah atau Ruby Longan

Tanaman buah kelengkeng merah atau dikenal dengan kelengkeng rubbi longan memang tergolong salah satu buah yang ekslusif dan sedan menjadi buah bibir dikalangan pecinta dan pekebun tanaman buah. Pasalnya kelengkeng ini produksinya sendiri masih terbatas. kelengkeng merah memiliki keunggulan pada penampilan yang menarik apalagi ketika melihatnya pada saat berbuah. Kelengkeng berkulit merah ini asalnya dari Thailand namun sudah banyak kolektor maupun pembibit yang mengembangkanya, walau harga bibit dan pohon yang sudah berbuah masih mahal. Dompolan buah berwarna merah seronok senada dengan warma daun yang merah kecokelatan. Sosoknya pendek dan rajin berbuah menjadi keunggulan tersendiri dan rasanya manis poll. Yang membuat kelengkeng merah makin istimewa adalah kelengkeng ini mempunyai citarasa yang memiliki tingkat kemanisan paling tinggi mencapai 21 briks.

Kelengkeng merah atau Ruby Longan sangat cocok untuk pecinta tanaman buah yang supersibuk, hal ini dikarenakan dalam proses perawatannya tidak membutuhkan perlakuan yang khusus. boleh dikatakan kelengkeng merah cocok jika ditanam di dalam pot atau tabulampot. kelengkeng merah juga cukup aditif diberbagai ketinggian tempat dari rendah sampai tinggi dan mampu berbuah tanpa bantuan perangsang/booster, berbeda dengan jenis kelengkeng lainnya yang memerlukan bantuan perangsang untuk menghasilkan buah. Kelengkeng merah Meskipun mampu berbuah tanpa bantuan perangsang, akan tetapi kelengkeng ini juga memerlukan perawatan yang intensif agar tetap berbuah. Kunci utama pada budiaya kelengkeng merah agar mampu berbuah dengan lebat adalah dengan menyiapkan media tumbuh yang nyaman. Ada baiknya media yang dipilih adalah media porous yang kaya unsur hara.

Berikut ini adalah tahapan-tahapan budidaya tanaman buah kelengkeng merah di dalam Pot (Tabulampot ) :

  1. Langkah pertama adalah siapkan pot sebagai tempat bibit kelengkeng yang sesuai dengan ukuran bibit. bahan pot bisa terbuat dari plastik, kayu, tanah liat atau planter bag. pastikan pot tersebut memiliki beberapa lubang dibagian bawahnya.
  2. setelah itu. Letakkan pecahan genting atau bata merah setebal 5 cm dan ijuk di dasar pot. hal ini bertujuan agar dapat mengalirkan air pada saat penyiraman.
  3. Siapkan media tanam berupa tanah, pupuk kandang fermentasi, sekam bakar, dan serbuk sabut kelapa. Campur media, lalu masukkan ke dalam pot.
  4. Tanam bibit kelengkeng merah tepat ditengah-tengah pot . Pasang ajir / penyangga dalam pot agar bibit tidak gampang roboh. Lalu taburkan anti cendawan berbahan aktif karbofuran.

Untuk Perawatan budidaya Kelengkeng Merah :
Setelah tanaman buah kelengkeng dipindahkan dalam pot, langkah selanjutnya adalah perawatan yang meliputi penyiraman, pemupukkan, pencahayaan, atau pemangkasan.

  1. Setiap 1 minggu siramkan vitamin sebanyak 1 ml per liter air selama 3 minggu berturut-turut.
  2. Saat tanaman berumur sebulan berikan pupuk NPK seimbang dengan perbandingan 20:20:20 dengan dosis 0,75 gram per liter air. Kemudian semprotkan rutin seminggu 2 kali hingga tanaman berumur 5-6 bulan atau tajuknya rimbun. 3. 3. 3. Pangkas tajuk agar percabangan tanaman bagus.
  3. Saat tanaman berumur 6 bulan, semprotkan pupuk cair NPK yang mengandung kadar fosfor dan kalium tinggi dengan perbandingan (6:30:30) berdosis 0,7 ml per liter air.
  4. Aplikasinya setiap minggu hingga tanaman berbunga dan calon buah muncul.
  5. Saat muncul calon buah, hentikan pemupukan dan lanjutkan kembali saat buah seukuran kacang tanah.
  6. Buah siap dipanen bila mengeluarkan aroma khas kelengkeng.

Apabila pohon buah kelengkeng merah sudah mulai besar dan siap berbuah. lakukan proses pemangkasan. Hal ini bertujuan untuk mempercatik dan mempercepat pembuahan. Selain itu penggantian media tanam juga perlu dilakukan setiap setahun satu kali, hal ini bertujuan agar tanaman lengkeng tetap produkif karena mendapatkan nutrisi dari media tanam yang baru. Penggantian media tanam tidak seluruhnya, akan tetapi disisakan media tanam yang sebelumnya untuk ditambah dengan media tanam yang baru. Perlu diperhatikan juga agar meletakkan pot lengkeng merah tersebut di tempat yang terkena sinar matahari penuh, agar proses fotosintesis berlangsung sempurna.

Demikianlah informasi mengenai budidaya tanaman buah kelengkeng merah dalam pot agar mampu berbuah lebat. semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita tentang budidaya tabulampot. ingin lebih banyak tentang budidaya kelengkeng merah silakan info wa: 0823-1028-9784

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s