Ruby Longan Si Kelengkeng Merah Yang Menggoda

Bibit Kelengkeng Merah – Bibit Tanamana Buah Kelengkeng Unggul Yang Memliki Bentuk dan Warna Merah Yang Eksotis Dengan Tingkat Kemanisan Mencapai Level 21 Briks

Bibit Lengkeng Merah – mungkin selama ini apa yang ada di dalam benak anda buah lengkeng adalah buah berbentuk bulat dengan kulit warna kecokelatan, namun apakah anda pernah mendengar kelengkeng merah? Ya, kelengkeng ini memang memiliki kulit buah berwarna merah solid eksotik. Untuk urusan rasa dijamin anda akan puas, kelengkeng merah ini terkenal dengan rasa manisnya yang lezat.

Pernahkan melihat dan mencoba Kelengkeng yang berwarna merah? kedengarannya cukup asing ya, mana ada kelengkeng yang berwarna merah?!. kali ini kami hadirkan varieas kelengkeng unggulan, sambutlah KELENGKENG MERAH.  Kelengkeng merah ini memiliki keunggulan pada pada warna kulit buah dan biji buahnya yang berwarna solid, dengan kecantikan warna buah yang berwarna inilah membuat kita betah hanya untuk duduk memandangnya. Keindahannya memang setara batu akik Ruby merah yang berharga milyaran rupiah. selain itu pula dengan keistimewaan kulit buahnya menjadikan tanaman buah kelengkeng merah yang sulit dipalsukan. Bayangkan saja, bukan cuma kulit buahnya yang berwarna merah, tapi daunnya, pucuknya, batangnya bahkan sampai daleman bijinya pun berwarna merah.

Kelengkeng merah atau sering disebut kelengkeng Ruby Longan merupakan varietas tanaman buah kelengkeng varietas yang paling terbaru dan mutakhir dan masih satu turunan dengan kelengkeng Aroma Durian. Buah kelelngkeng merah memiliki ukuran buah berdiameter antara 1.5cm hingga 3cm. Selain memiliki kilut yang berwarna menggoda( eksotis) daging buahnya juga tebal, bahkan tingkat kemanisan mencapai level 21 briks. Lebih manis dibandingkan dengan lengkeng jenis King Long.

Kelengkeng merah bukanlah hasil persilangan, melainkan hasil dari mutasi gen. gen kelengkeng biasa yang berwarna cokelat mengalamai mutasi gen karena pengaruh radiasi sinar kosmik berupa electron, proton dan energy atom yang menyebabkna perubahan pada tanaman kelengkeng. Tidak hanya buahnya yang berwarna merah, daun, tangkai daun, dan bunga juga mengalami perubahan warna menjadi kemerahan.

Kelengkeng merah ini juga terkenal dengan kemampuanya beradaptasi di berbagai kondisi alam, kelengkeng merah mampu tumbuh subur di dataran tinggi maupun dataran rendah dengan tingkat keasaman tanah berkisar 5,5 – 5,6. Sedangkan iklim yang cocok untuk budidaya kelengkeng yakni tipe iklim B atau basah, iklim D atau sedang, dan. tipe C atau agak basah. Tanaman kelengkeng bisa tumbuh dengan baik di area yang terbuka.

Rasanya yang manis mencapai level 21 briks membuat kelengkeng merah ini menjadi primadona baru bagi para pecinta buah kelengkeng. Daun tanaman kelengkeng merah mengalami perubahan warna pada masa pertumbuhannya, saat daunnya masih muda berwarna cokelat kemerahan, kemudian menjadi hijau saat dewasa dan kembali berwarna cokelat kemerahan saat daun sudah tua.

Kelengkeng Ruby Longan merupakan salah satu jenis kelengkeng unggulan yang mampu tumbuh subur di dataran rendah maupun dataran tinggi. Lahan yang dibutuhkan untuk budidaya kelengkeng merah cukup tanah yang memiliki tekstur tanah halus dengan tingkat pH 5,5 – 5,6. Sedangkan iklim yang cocok untuk budidaya kelengkeng yakni tipe iklim B atau basah, iklim D atau sedang, dan. tipe C atau agak basah. Tanaman kelengkeng bisa tumbuh dengan baik di area yang terbuka.

Keunggulan Buah Kelengkeng Merah :

  • Buah Kelengkeng Merah memiliki rasa buah yang manis
  • Memiliki Warna kulit merah Solid ( warna eksotik)
  • Memiliki Daging buah yang tebal
  • Memiliki Rasa yang manis, mencapai level 21 briks

Dalam Proses pertumbuhan, Kelengkeng kelengkeng Ruby Longan Berbeda dengan kelengkeng jenis lainnya. Kulit buahnya berwarna merah solid. Daun mudanya berwana cokelat kemerahan, kemudian berubah menjadi hijau saat dewasa, dan kembali berwarna cokelat kemerahan saat daun tua. Batangnya pun berwana cokelat kemerahan. Kentungan lainnya adalah tanaman Buah Kelengkeng Merah ini dapat dibudidayakan di dalam pot (tabulampot) sebagai penghias rumah anda. bayangkan saja, menikmati pohon kelengkeng eksotik ini di halaman rumah, sungguh jadi pemandangan yang sangat meyenangkan bukan?!.Tunggu apalagi, buruan dapatkan bibit kelengkeng merah terbaik

Informasi Bibit Tanaman Kelengkeng Merah Ruby Longan :

  • Nama : Kelengkeng Merah
  • Nama Ilmiah : Dimocarpus longan
  • Daerah Asal : Asia Tenggara
  • Asal Bibit : Hasil okulasi
  • Ukuran bibit saat ini : 50cm – 70cm
  • Rekomendasi dataran : dataran rendah / ketinggian 700 m dpl
  • Iklim Tumbuh Optimal : Iklim Tropis/ suhu panas 30-35c
  • Kebutuhan Sinar Matahari : sepanjang hari
  • Masa Produktif : berbuah dalam 1 – 2 tahun
  • Buah bisa dimakan : dapat dimakan langsung.
  • Informasi lain : bibit sudah ditempel dan siap menunggu bibit berkembang dan berbuah

Jika dibudidayakan di dalam pot (Tabulampot) :

  • Rekomendasi Ukuran Pot : diameter lebih dari 60 cm ( ukuran besar)
  • Media Tanam : tanah dan humus
  • Penyiraman : Penyiraman sehari satu kali.
  • Tinggi Tanaman Akan Datang : tinggi lebih dari 5 meter, tetapi bisa di pendek kan dengan pemangkasan
  • Pemupukan : sebulan sekali dengan pupuk NPK Bunga, diteruskan dengan NPK Buah pada bulan berikutnya
  • Waktu Panen / Berbunga : 90 hari
  • Cara Perawatan : bersihkan gulam secara berkala
  • Tipe Pertumbuhan Tanaman : tumbuh tegak
  • Tajuk tegak dengan kanopi yang rapat dan tidak melebar.

Bibit Lengkeng Merah dapat ditanam di lahan maupun di dalam pot. Untuk penanaman kelengkeng merah di lahan hal yang perlu disiapkan adalah lubang tanam berukuran 60X60X60 cm dengan jarak antar lubang tanam 10X10 m. setelah membuat lubang tanam, isilah dengan campuran tanah dengan pupuk kandang dengan perbandingan 3:1, 3 bagian untuk tanah dan 1 bagian untuk pupuk kandang. Kemudian bibit tanaman kelengkeng merah bisa ditanam. Untuk pemupukan bisa dilakukan dengan menggunakan NPK bunga sebukan sekali dan diteruskan dengan NPK buah pada bulan berikutnya. Jangan lupa untuk disiram dengan air satu hari sekali pada awal pertumbuhan. Untuk masa berbuah, tanaman kelengkeng merah ini sudah mulai berbunga dan berbuah dalam waktu enam bulan. Untuk penanaman di dalam pot menggunakan pot berdiameter 60cm atau lebih dengan media tanam campuran tanah dan kompos, selanjutnya pemupukan dan penyiraman sama dengan cara perawatan di lahan. Untuk diketahui, penyiraman untuk tanaman di dalam pot harus dilakukan satu hari sekali untuk menjaga suplai air tanaman terjaga.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s