Sejarah Masuknya Pohon Kurma Di Indonesia

Mengetahui Tentang Asal Mula Pohon Kurma Di Indonesia

Deglet Nour , Malang

Apakah anda mengetahui bahwa hingga sekarang para ilmuan pertanian Indonesia  masih berselisih pendapat tentang sejarah atau asal muasal pohon kurma di Indonesia menjadi tanaman komersil bernilai jual sangat mahal terutama pada buahnya? Para ilmuan pertanian Indonesia juga mengatakan bahwa kurma tidak bisa berbuah di Indonesia namun fakta belakangan ini banyak pohon kurma berbuah di Indonesia, dan maraknya perkebunan kurma skala orchard di Indonesia.

Menurut Erdowardo Bakari, pakar tumbuhan palem – paleman asal Italia, yang dikutip oleh Dr. Ahmad Syauki Ibrahim dalam bukunya bertajuk Mausu’ah Al ‘I’jaz Al-Ilmi Fil Hadits An-Nabawi atau Ensiklopedia Mukjizat Ilmiah Hadits Nabi menjelaskan bahwa terdapat beberapa jenis tanaman kurma yang tidak bisa tumbuh dengan baik kecuali pada daerah subtropis yang mempunyai curah hujan yang sangat jarang.

Pohon kurma telah lama tumbuh subur yaitu sejak zaman dahulu kala bahkan sebelum manusia diciptakan. Jika anda mengenal kisah Nabi Adam saat beliau turun pertama kali ke bumi, beliau telah mendapati bahwa bumi ini dihuni oleh beragam jenis tanaman yang salah satunya adalah pohon kurma. Pada sebuah kuburan Mesir kuno di Kairo.

Ditemukan mumi yang terbungkus oleh tikar terbuat dari pelepah daun tanaman kurma yang dikeringkan. Ditemukan juga sebuah pohon kurma tua utuh di pinggir sebuah kuburan kuno di daerah Shakra Mesir dan kuburan itu telah ada sejak 3200 tahun sebelum masehi yang menjadi bukti nyata bahwa di daerah tersebut dulu pernah menjadi ibukota Al-Wadi Al-Jadidi.

Mesir dengan ditemukannya sisa – sisa pohon kurma dari zaman batu yang dulu dijadikan sebuah taman istana oleh ratu yang berkuasa.

Selanjutnya pohon kurma disebarluaskan ke Indonesia oleh pedagang besar dari Mesir dimana manfaat pohon kurma telah terkenal sejak jaman dahulu kala sebagai tanaman dengan buah multifungsi untuk kesehatan dan kecantikan tubuh seorang wanita.

Melongok ke masa lalu, dari berbagai penemuan yang bersifat artesar, di Mesir erat kaitannya dengan jenis pohon kurma di Indonesia, sama – sama menjadi bagian terpenting bagi kedua masyarakat penganut agama Muslim terbesar di dunia.

Ruthob

Nah buah kurma yang manis ini bagi kaum Muslim adalah salah satu buah yang disebutkan dalam Al quran bersama Tin, Zaitun, Anggur dan Pisang namun kedudukan buah kurma di kalangan muslim sangat istimewa karena kurma adalah buah kesukaan Nabi Muhamad serta  Nabi-nabi sebelumnya. Nah orang-orang Indonesia sejak zaman dahulu yang pergi haji atau umroh selalu membawa oelah-oleh buah kurma yang bijinya disebar sembarangan, karena berpikir biji kurma itu tidak akan tumbuh toh kalau tumbuh pun tidak akan berbuah. Dan faktanya memang biji kurma kebanyakan mengahsailkan pohon Jantan sehingga jarang yang berbuah.

kurma di surabaya

Namun  sejarah kurma berbuah di Indonesia dimulai tahun 2004 di Surabaya, Surabaya – Sebuah pohon kurma tumbuh kokoh di kebun belakang Pondok Pesantren Darussalam, Jalan Nginden II/7 Surabaya.

Sepintas, tak ada yang berbeda dari pohon yang merupakan ciri khas Timur Tengah tersebut. Namun bedanya, di pohon setinggi sekitar 3,5 meter itu muncul buah-buah warna hijau yang jumlahnya ratusan.

Ternyata, di pohon yang tumbuhnya tidak disengaja tersebut tumbuh buah kurma. Sebuah pemandangan yang hampir tidak lazim terjadi di Indonesia, mengingat pohon kurma tidak bisa berbuah di negeri ini.

“Kami juga terkejut saat melihat ada buah di pohon kurma. Padahal biasanya pohon kurma tidak bisa tumbuh buah dan hanya besar pohonnya saja. Ini sebuah anugerah Allah SWT,” ujar Ketua Yayasan Pondok Pesantren Darussalam, H. Mahsun Hadji, saat ditemui di kebunnya, Rabu.

Dijelaskan Mahsun, pohon kurma itu masih berusia tujuh tahun. Tumbuhnya pun tidak disengaja. Pohon itu tumbuh dari biji-biji yang dibuang pengasuh pondok pesantren setelah dimakannya.

“Kami meyakini kalau yang membuang biji di kebun itu KH Mas Abdul Muhith, pendiri sekaligus pemilik pondok pesantren. Biasa kan habis makan kurma, terus bijinya di buang di pekarangan belakang,” tutur dia.

KH Mas Abdul Muhith sendiri dikenal sebagai tokoh agama di Indonesia. Selama masa penjajahan, ia dikenal sebagai pejuang yang gigih. Kemudian pada masa Orde Lama, Orde Baru hingga era Reformasi, ia berjuang mensyiarkan agama Islam ke seluruh lapisan masyarakat.

Ini adalah pohon kurma di Surabaya Jatim, tepatnya di kebun belakang Pondok Pesantren Darussalam, Jalan Nginden II/7 Surabaya. Umur pohon ini 7 tahun pada tahun 2011. Fenomena pohon kurma bisa berbuah di Indonesia , walaupun umumnya pohon kurma maksimal hanya bisa tumbuh dan besar saja. Namun kenyataan pohon kurma bisa tumbuh dan berbuah di pondok Darusalam Surabaya. Buah pohon kurma ini bisa dimakan meskipun tidak dikawin intinya harus betina, namun rasanya aga kering dan kurang enak. Kalau menginginkan rasa enak harusnya dikawinkan antara pejantan dan betina. Fenomena buah kurma bisa berbuah tidak hanya di Surabaya, tetapi juga di Bogor, seperti di bawah ini.

Sedangkan pohon kurma ini letaknya di  Restoran Bukit Gumati milik Mulyatma Supardi, dua buah pohon kurma ini tumbuh subur dan berbuah. Menurut Beny (2011) bahwa pohon kurma memang dapat tumbuh di tanah Indonesia lebih baik dari pohon yang di Arab. Sejak itu  banyak laporan pohon kurma berbuah di Indonesia bahkan masuk  liputan TV Nasional. Contoh: Di Arab hasil panen buah kurma per pohon 120 kg sedang di Malaysia 200 s/d 300 kg., ini karena tanahnya subur. Pohon kurma ada 2 jenis – perempuan dan jantan. Semua pohon perempuan yang dapat berbuah tetapi buahnya tidak enak di makan ini karena tidak dikawin dengan serbuk/pollen dari pohon jantan. Jadi jangan salah paham mengenai buah yang enak sama yang yang tidak enak. Indonesia ketinggalan masalah tanaman kurma dengan Malaysia, Kamboja, Muangthai, apa lagi Australia. Sedangakn Menurut ahli pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB), DR Sobir (2011) bahwa pertumbuhan pohon kurma di kawasan Bogor.

Jonggol farm

Nah pada tahun 2011 Juga Pak Agus Jamil mulai mempopulerkan bahwa kurma bisa tumbuh dan berbuah dengan baik di Indonesi, beliau yang keliling seantero negara yang ditumbuhi kurma. Belia menemukan fakta bahwa kurma bisa berbuah dari suhu -5 C sampai 50 C dan dari ketinggian -400 m sampai 1500 m dpl. Kemudian di 2012 pak Muhaimin Iqbal owner Jonggol Farm mulai mendatangkan bibit kurma kultur jaringan dan dikebunkan di Jonggol Farm, karena melihat fakta kebun-kebun kurma di Thailand yang awalnya dari biji kemudian digantikan dengan bibit kultur jaringan yang lebih genjah, sudah pasti pohon betina dan produktifitasnya lebih tinggi, serta tingkat keberhasilanya sangat tinggi sehingga kemudian lahirlah istilah kurma Tropis.

Sejak tahun 2012 kurma menjadi buah bibir di Indonesia dan puncaknya di 2014  dengan liputan Majalah pertanian Trubus tentang kebun kurma Tropis di Thailand, seeprti viral apalagi di era media sosial maka muncullah group-group penggemar dan petani kurma seperti IDPA, Kurma Nusantara, Kurma Mania, Asosiasi Petani Kurma dan mulai mendatangkan dan mengebunkan kurma skala orchard.

petani kurma IDPA

Perkebuna kurma skala Orchard pun mulai digalakan di Indonesia yang pertama di Jonggol Farm, Kemudian Igrow di pandeglang seluas 5 hektar dengan 700 pohon kurma kultur jaringan, ada juga di Bangka Botanical garden di eks Tambang Timah, kemudian Haji Ruslan di pasuruan 4 hektar dengan konsep Agrowisatanya, di Kuansing Riau seluas 40 hektar, Aceh dan Jambi di Tanjung Jabung Timur.

kebun kurma pandeglang

Demam kurma melanda bangsa Indonesia, apalagi bangsa Indonesia mayoritas muslim….kelak akan menyusul kebun-kebun kurma di seantero Indonesia di kalimantan, sulwesi, banten, indramayu, jawa tengah, jawa timur, Nusa tenggara dan papua….pohon berkah ini akan menghiasi kekayaan hortikultura Indonesia seperti sawit yag dulunya asing sekarang mendominasi…..semoga pohon kurma pohon yang penuh keberkahan dan pohon vegetasi alam yang memberi banyak manfaat, apalagi di Era Global warming pohon yang mampu beradaptasi di cuaca panas ini  dan minim air subur dan menjadi ikon tanaman buah Indonesia. Semoga 4-5 tahun kedepan Indonesia swasembada kurma. Aamiin.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s