Pejantan Tangguh Kurma Jantan Penghasil Pollen Jantan. Banyak dicari!!!

cropped-kurma-kultur-jaringan-ok.jpg
Foto Siam Date Palm

Kurma kini menjadi primadona baru di Indonesia. Di negeri zamrud khatulistiwa itu kurma sudah mulai populer dan dikebunkan skala pribadi kecil maupun orchard.Banyak para penghobi dan penggila kurma ramai-ramai mendatangkan bibit kurma unggul kultur jaringan melalui DPD england ataupun melalau Thailand sendiri. Buah yang diberkahi kini menjadi buah bibir di dunia hortikultura Indonesia….unutk menuju skala orchard dan komersil butuh waktu, kita tertinggal 10-15 tahun dari Thailand dan Malaysia….lebih baik tertinggal dari pada tidak sama sekali.

kl-1-3
Foto di kebun mr Kolak Thailand

Ini adalah influence dari negeri tetangga Thailand yang sudah sukses mengebunkan kurma secara orchard dan komersil, padhal iklimya tropis dan ada mitos bahwa kurma tidak bisa berbuah di iklim tropis. Yang menarik, mereka memetik buah kerabat aren itu ketika pohon berumur 3 tahun. Pekebun tidak butuh bantuan alat apa pun untuk memetiknya sebab tinggi pohon hanya 1 meter (dihitung dari permukaan tanah ke titik tumbuh). Di setiap pohon bergelayut 5-10 tandan. Bobot buah per tandan 5-10 kg. Posisi ujung dompolan nyaris menyentuh tanah.

pohon-jantanSalah satu cara meningkatkan produksi dan kualitas kurma di Thailand adalah dengan penyerbukan buatan dari pollen bunga Jantan.  Tanpa penyerbukan polen jantan jangan harap kualitas buah kurma bisa besar dan rasanya manis. Sedikitnya, ada 4 teknik penyerbukan yang dipakai oleh pekebun di Thailand, apa saja? Nah di Indonesia mayoritas yang didatangkan adalah pohon betina…..pejantan tangguhnya mana?. tenang tidak usah khawatir banyak pohon jantan dari biji yang berbunga di seantero Indonesia.

Tingkatkan kualitas

Meski kebutuhan pohon jantan tidak sebanyak pohon-jantan-2betina, kehadirannya di kebun sangat penting. Menurut Syaiful kurma jantan berperan besar dalam meningkatkan kualitas buah. Tanpa bunga jantan, kurma betina hanya menghasilkan buah-buah berukuran kecil. Kurma memang bersifat partenokarpi—dapat berbuah meski tanpa pembuahan—sehingga tidak berbiji. Rasanya masam dan berukuran kecil.

Dengan menghadirkan kurma jantan untuk membuahi bunga betina, kualitas buah menjadi lebih baik karena lebih besar. Diduga biji kurma dalam daging buah tumbuh membesar dan mendesak daging buah sehingga ukuran buah jadi besar. “Ia berbeda dengan biji lengkeng yang semula ukuran besar, tetapi kemudian mengecil. Kalau biji kurma, semula ukurannya kecil, tetapi kemudian ikut membesar seiring membesarnya buah,” kata Syaiful (penggiat kurma di bekasi). Trubus Online.

Karena pentingnya kurma jantan, pembibit kultur jaringan seperti Datepalm Development (DPD) di Inggris juga menyediakan bibit kultur jaringan jantan. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi pada dunia kurma, terjadi pula perkembangan dalam penyediaan bibit pejantan sehingga perusahaan kultur jaringan kurma itu tidak lagi menyiapkan bibit kurma jantan.

pohon-jantan-3Dari penelitian Abdulbasit O. Ibrahimmenunjukkan, kurma jantan jenis ghannami akhdar mempunyai tingkat pembuahan yang sangat tinggi mencapai 90%. Direktur Jenderal Million Datepalm Plantation di Oman itu meneliti lima kurma jantan di Irak, yakni ghannami akdhar, ghannami ahmar, khukri wardi, khukri adi, khukrismasmi. Ia meneliti berbagai hal, di antaranya kandungan auksin dan giberelin dari jenis-jenis itu.Namun untuk di Indonesia varietas jantan Ghanami masih susah, sehingga para pekebun dan pehobies ambil pollen jantan dari pohon bibit biji.

kurma-banten-1Hasilnya varietas ghannami akhdar mengandung auksin 56,2 µg dan giberellin 37,9 µg per kg. Jenis khukrismasmi mengandung auksin dan giberellin terendah, yakni 39,6 µg dan 30,19 µg per kg. Daya tumbuh dan daya kecambah semua jenis kurma mencapai 90%. Penelitian Abdulbasit itu juga menunjukkan ghannami akhdar memiliki tingkat pembuahan paling tinggi, lebih dari 88—90%. Ia bisa diserbukkan ke semua jenis kurma betina dengan hasil 90% kompatibel. Menurut Syaiful sejak ditemukan potensi ghannami, pencarian varietas baru untuk kurma jantan mulai dihentikan karena hasilnya sangat bagus.
kurma-banten-2
Teknik I ala Pratin Apichaksanee di Nakhonratchasima
  • Potong bunga jantan yang telah masak, lalu masukkan ke dalam plastik.
  • Goyang-goyangkan bunga jantan agar serbuk sarinya jatuh ke plastik.
  • Pilih bunga betina yang telah masak lalu potong ujungnya sekitar 5-7 cm.
  • Ambil tepung serbuk sari dengan sedotan plastik.
  • Tiupkan tepung serbuk sari ke bunga betina.

Teknik II ala Anurak Boonlue di Kanchanaburi

  • Potong bunga jantan yang siap serbuk.
  • Pilih bunga betina yang telah masak lalu potong ujungnya sekitar 5-7 cm.
  • Gunting 2-3 malai bunga jantan.
  • Masukkan bunga jantan ke tengah bunga betina.
  • Ikat bunga betina.

Teknik III ala Cong Chai di Suphanburi

  • Potong bunga jantan yang telah masak lalu masukkan ke dalam kantong plastik.
  • Goyang-goyangkan bunga jantan agar serbuk sarinya jatuh ke plastik.
  • Bungkus bunga betina dengan plastik berisi tepung serbuk sari.
  • Goyang-goyangkan bunga betina agar tepung serbuk sari menempel di kepala putik.

Teknik IV ala Cong Chai di Suphanburi

  • Pilih bunga betina yang telah masak lalu potong ujungnya sekitar 5-7 cm.
  • Ambil bunga jantan yang telah masak lalu pukul-pukulkan ke bunga betina.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: