Gandaria Thailand atau disebut Mayong Chid

img-20170130-wa0009Gandaria (Bouea macrophylla Griffith) atau nama lokal lainnya jatake adalah tanaman yang berasal dari kepulauan Indonesia dan Malaysia. Tanaman ini tumbuh di daerah tropis, dan banyak dibudidayakan di Sumatera dan Thailand. Namun kini hanya menjadi kenangan di jawa sudah langka…tinggal nama sebuah wilayah di Jakarta gandaria utara dan gandaria selatan.

mayongchidTanaman berupa pohon dengan ketinggian hingga 27 m dengan tajuk rapat. Daunnya tunggal, berbentuk bundar telur-lonjong sampai bentuk lanset atau jorong. Waktu muda berwarna putih, kemudian berangsur ungu tua, lalu menjadi hijau tua. Perbungaannya malai, muncul di ketiak daun, Buahnya bertipe buah batu, berbentuk agak bulat, berdiameter 2,5-5 cm, berwarna kuning sampai jingga, daging buahnya mengeluarkan cairan kental; buahnya tidak berbulu, rasanya asam sampai manis, dengan bau yang khas agak mendekati bau terpentin. Keping biji berwarna lembayung.

img-20170130-wa0006Gandaria adalah tumbuhan tropik basah dan dapat tumbuh pada tanah yang ringan dan subur. Tumbuh liar di hutan dataran rendah di bawah 300 m dpl.

img-20170130-wa0011Perbedaan Mayongchid dengan gandaria lokal adalah di rasa dan tampilan buah yang sangat eksotik. mayongchid memiliki rasa yang manis agak sedikit asam, sedangkan gandaria lokal agak asam dan ada rasa pahit.

bibit-mayongchidGandaria cukup adaptip di indonesia, dulu kita banyak tumbuh hampir disetiap halaman namun sekarang langka, untuk info bibit bisa hubungi kami : 0823-1028-9784

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s