Cara Menanam Bawang Merah dalam Pot

Mencegah lebih baik dari pada menyesal ” harga bawang melambung Tinggi”, akhir-akhir ini kita dibuat heboh harga cabe yang meroket, sebentar lagi mendekati lebaran dan musim hujan harga bawang pun bisa melambung tinggi.

tanam-dari-biji
tanam-dari-biji

Cara menanam bawang merah dalam polybag atau pot sama saja dengan teknik tanam cabe dalam polybag atau tomat dan daun bawang. Dibutuhkan wadah, media tanam, memilih bibit, pemupukan, dan penyairaman. Adapun proses budidayanya lebih mirip dengan daun bawang dalam pot. Tujuan menanam bawang merah dalam pot atau polybag biasanya sebagai tanaman pekarangan untuk kebutuhan rumah tangga (pakai sendiri), bukan sebagai usaha komersil.

0fc21-siappindah-bmpMenanam dalam polybag atau pot, bisa secara hidroponik dan non hidroponik. Jika kita ingin melakukannya secara hidroponik maka dibutuhkan media tanam berupa benda padat yang dapat menyerap air seperti batu apung, sabut kelapa, serbuk gergaji atau bambu dan lain sebagainya. Sedangkan secara non hidroponik gunakan tanah humus dicampur pasir sebagai media tanam bawang merah.

Syarat wadah menanam bawang merah dalam polybag.

d89ac-polibag-bmp
Adapun syarat menanam dalam polybag adalah terkait ukuran dan jenis pot polybag yang digunakan. bawang merah termasuk tanaman monokotil berakar serabut. Satu rumpun bawang merah membutuhkan wadah dengan diameter minimal 10 cm untuk menampung keseluruhan akar. Kedalaman media tanam minimal 15 Cm. Artinya ukuran polybag untuk menanam bawang merah paling optimal adalah polybag 5 Kg. Wadah lain bisa juga digunakan seperti ember bekas, kaleng cat, atau panci bekas, dll.

b73ef-tt04Wadah sebaiknya dilobangi di bagian bawah agar tidak terjadi penggenangan air. Tanaman bwanga merah kurang baik bila sering terendam genangan air. Tingkat kebasahan yang diperlukan untuk menanam bawang merah hanya sekitar kecil dari 60%. Tandanya tanah terlihat lembab, tapi bila diangkat pot tidak meneteskan air.

Media tanam bawang merah dalam pot polybag.

09d49-tt08
Menanam dalam polybag non hidroponik menggunakan media tanam tanah humus dicampur batu kerikil dan pasir. Perbandignan tanah humus dengan pasir adalah 1 : 1. Bagi kita warga perkotaan mungkin akan kesulitan mendapatkan humus kualitas baik, namun tidak perlu khawatir saat ini penjual bunga juga sudah banyak yang menjual tanah humus hutan yang telah dicampur dengan pupuk kompos, harganya sekitar Rp. 10.000 / karung 20 Kg.

Memilih bibit bawang merah

tuk-tuk-500-3
Bibit Bawang merah dari biji

Sebaiknya gunakan bibit kualits baik, ciri bibit bawang merah dari biji yang baik bisa dilihat dipesan secara online, jadi gak repot pilih bibit. Karena tujuan kita bukan komersil, maka bisa juga menggunakan bawang sayur sebagai bibit, hasilnya juga tidak terlalu buruk. Jika kita menggunakan bawang merah dari dapur, maka pilih siung yang terlihat tua, kulitnya arinya kering sempurna dan mengkilap, tidak kisut, juga belum bertunas.

Cara menanam bawang merah dalam polybag:

30d12-tt03

  1. Campur tanah humus dengan pasir hingga merata
  2. Masukkan kedalam polybag / pot
  3. Siram dengan air hingga kebasahan 60%, ciri basah 60% tanah terlihat basah tapi bila pot diangkat tidak ada tetesan air.
  4. Taburkan biji bibit bawang merah ke media tanam kemudian tutup dengan sekam matang
  5. Tempatkan pot di tempat yang teduh tapi kena matahari pagi, hingga bawang merah tumbuh dan berdaun sepanjang 5 Cm. (jangan kena air hujan dulu, bisa busuk batang)
  6. Pemupukan pertama dilakukan pada minggu kedua, gunakan pupuk SP + KCL, 1/2 sendok SP dan 1/2 sendok makan KCL.
  7. Pemupukan selanjutnya dilakukan 2 kali setiap 3 minggu.
  8. Penyiraman tanaman bawang merah dilakukan setiap hari terutama bila musim kemarau. kalau musim hujan cukup 3 hari sekali
  9. Pengendalian hama secara manual tanpa pestisida.
  10. Panen bawang merah dalam pot bisa dilakukan di hari ke 70.
Bawang
Bawang merah

Itulah cara menanam bawang mudah secara ringkas dan mudah, bagi warga kota. Intinya silahkan coba saja dulu, nanti jika ketemu kendala anda akan memahami sendiri bagaimana sebenarnya cara menanam bawang merah dari biji yang baik khusunya skala kecil dalam polybag. Semoga bermanfat, dan bisa mengantispasi kalau harga bawang di pasar melambung tinggi.  Info: 0823-1028-9784.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s