Menanam Bawang Merah dari Biji di ketinggian 1000 M dan Keuntunganya

bunga-bawang-merahSeumur hidup baru pertama kali ini saya lihat bunga bawang merah , ujar Dewanti Rumpoko, istri walikota batu, Malang, jawa Timur. ia berkeunjung ke kebun bawang merah milik Luki Budiarti di kelurahan Sumber Brantas, kecamatan bumiaji kota batu yang berbunga serempak itu. luki menanam bawang merah dilahan 1000 m2 yang berketinggian 1400 mdpl.

dtaran-tinggiSelama ini lazimnya petani di dataran rendah yang mengebunkan bawang merah. Luki membiarkan bawang merah itu tumbuh hingga berbunga untuk menghasilkan bisi atau TSS (true seed of shallot). Pada umumnya petani menanam bawang merah dari umbi lapis . Badan penelitian dan pengembangan pertanian bekerja sama dengan balai penelitaian tanaman sayuran (balitsa) dan mitra dari gabungan kelompok tani ( gapoktan) Mitra Arjuna memproduksi beih bawang merah TSS.

Lebih hemat

Ir Sulusi Prabawati MS dari pusat penelitian dan pengembangan Hortikultura menuturkan kegiatan itu untuk uji coba dalam rangka memilih daerah yang secara agroklimat sesuai untuk pengembangan benih bawang merah. Kepala Balai Pengkajian teknologi Pertanian (BPTP) Jawa

Timur. Dr Ir Chendy Tafakrisnanto MP, menuturkan produksi benih bawang merah merupakan salah satu inovasi untuk memperbaiki budidaya.

Oleh karena itu usaha  pengembangan benih bawang merah adalah langkah maju. Kota batu sangat sesuai untuk lokasi pengembanganya. Menurut Ir Rini Rosliani MSi, peneliti bawang merah dari balai penelitian sayuran (balitsa), bawang merah hasil true seed of shallot (TSS) memiliki beragam keunggulan di antaranya tanaman lebih sehat, nisbah perbanyakan tinggi mencapai 1: 200 dan berdaya simpan lama yaitu lebih dari 2 tahun.

Menurut Rini para pekebun juga dapat menghemat biaya karena tidak perlu gudang penyimpanan yang luas serta transportasi khusus untuk mengangkut benih ke kebun. Rini menuturkan kebutuhan benih TSS hanya 6-7 kg benih perhektar dibanding dengan benih umbi yang 1-1,5 Ton perhektar.

Menurut Ir Paulina Evi Retnaning Prahrdini dari BPTP, pada setiap tanaman menghasilkan 4-13 tangkai bunga. pada bunga yang berukuran besar terdapat 300 kapsul biji yang berisi 3 biji perkapsul. Sementara pada bunga kecil terdpat 150 kapsul. Jika diambil paling minimal yaitu 4 tangkai bunga pertanaman dengan jumlah kapsul 150 perbunga, maka setiap tanaman menghasilkan 3,36 gram benih per tanaman. Jika lahan 1 hektar terdiri atas 1000 tanaman maka jumlah benih TSS yang dihasilkan mencapai 336 kg per hektar.

Adapun tahapan budidaya bawang merah dengan biji akan diulas di bawah ini :

  • Pengolahan Tanah. Adapun cara budidaya bawang merah menggunakan biji diawali dengan proses pengolahan tanah. Tanah harus bertekstur remah sehingga mendukung pertumbuhan umbi. Setelah itu, buat guludan-guludan dengan lebar 1 meter. Untuk panjang guludan 15 meter diberikan pupuk kandang sebanyak ± 50 kg, an dicampur dengan abu sekam. Bisa juga ditambahkan SP 36 dan Furadan jika tanah terdapat ulat tanah.
  • Persemaian. Lakukan persemaian benih bawang merah dengan membuat baris-baris di setiap guludan dengan jarak 10 cm. Benih disebar pada baris-baris guludan dengan kedalaman 1 cm. Lalu tutuplah dengan abu sekam atau pupuk kandang dengan takaran sedikit saja. Setelah itu, guludan ditutup dengan jerami, dan setelah itu baru lakukan penyiraman.
  • Dalam persemaian, harus ada naungan agar benih bawang tidak terkena matahari secara langsung.Selang 4 hari setelah tanam, jerami bisa dipindahkan. Setelah bibit berumur 25 hari, naungan bisa dilepas karena bibit sudah tahan terhadap sinar matahari.
  • Penanaman. Pada umur 40-45 hari bibit siap dipindahtanamkan. Sebaiknya penanaman dilakukan di lahan yang tergenang air agar bibit lebih cepat tumbuh. Jarak tanam bawang sebaiknya 5-10 cm.
  • Pemupukan. Untuk pemupukan, sebaiknya gunakan pupuk berimbang. Misalnya, pupuk NPK yang memenuhi prinsip 16-16-16. Untuk pupuk mikro bisa dicampur dengan pupuk makro asalkan dosis yang diberikan sesuai. Pemupukan dilakukan sebanyak 3-4 kali diawali pada saat umur 2-4 minggu setelah pindah tanam, dengan tenggang waktu 2-3 minggu selama penanaman. Pupuk yang digunakan sekitar 150-200 kg/ha.
  • Pengendalian Hama. Pemupukan yang terlalu rutin atau intensif akan mengakibatkan munculnya gulma yang akan mengganggu pertumbuhan tanaman bawang merah. Karena itu, perlu dilakukan pengendalian secara manual dengan pencabutan gulma disekitar tanaman. Jika perlu disemprotkan herbisida pada saat gula masih kecil.

Hama yang perlu mendapat perhatian banyak adalah ulat grayak dan penyakit bercak ungu serta bercak putih. Ulat grayak biasanya menyerang daun tanaman. Adapun cara pengendalian bias dilakukan secara mekanis. Saat muncul gejala gigitan pada daun bawang merah, segera lakukan pemot0ngan pada daun tersebut.

Jika diperlukan juga bisa menggunakan insektisida Biothion dan Crumble. Bercak putih dan ungu sangat membahayakan bawang merah karena akan mematikan tanaman dalam waktu singkat.

HARRY SURJANA/"PR" Pilih Benih TIGA petani memilih bawang merah untuk dijadikan benih di Desa Barisan Kec. Losari Kab. Cirebon, Rabu (22/3). Bawang yang terpilih untuk dijadikan benih akan digantung hingga kering sebelum ditanam dan sisanya akan dijual dengan harga Rp 7.000,00 hingga Rp 8.000,00 perkilogram.*

Pengendalian bisa mengunakan fungisida, misalnya Dithane M-45 dan Delsene.
produksi rata-rata bawang merah dari biji 20 ton perhektar dengan potensi hasil 25 ton perhektar selama 70 hari budidaya. ” penanamanya mudah dengan menyemai terlebih dahulu selam 40 hari lalu pindah ke lahan.

Kebutuhan benih untuk bawang Tuk tuk yang sebutanya mengacu pada lokasi pertama ujicoba di Sumatera Utara, hasil panen umbi lebih besar, bobotnya mencapai 20 gram perbuah, standar rata-rata bawang merah dari umbi 10-15 gram per buah.

Bawang merah biji tuk tuk juga bebas dari penyakit virus tular umbi yang sangat merugikan  dan menurunkan produktivitas. hal itu terjadi lantaran setiap kali penanaman digunakan biji baru.Berbeda bila memakai Umbi yang dapat menyimpan partikel virus di dalam jaringan benih umbi, calon benih pada penanaman selanjutnya….Nah itulah kelebihan bibit bawang dari biji.
Yuk tanam.

tuk-tuk-500-3

Sumber: Trubus Online edisi Des 2016

Info Bibit 0823-1028-9784 (hendra)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s