Potensi Cilegon Selatan Sebagai Sentra Produksi Buah Naga

buah-naga-berbunga-lagi-3Provinsi Banten  berdiri  berdasarkan Undang-Undang Nomor  23  Tahun  2000  tentang Pembentukan Provinsi Banten. Luas wilayah Provinsi Banten adalah  9.018,64 km² yang terdiri dari 4 (empat) Kabupaten, 4 (empat) Kota, 154 kecamatan, 1.504 desa/kelurahan dengan jumlah penduduk pada Tahun 2011 sebanyak 11.005.518 jiwa (BPS Banten, 2011).

Menjadikan Kota Serang sebagai pusat pemerintahan, secara administratif Provinsi Banten dibagi menjadi 4 wilayah kabupaten dan 4 kawasan kota, yaitu meliputi Kabupaten Tangerang, Kabupaten Serang, Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kota Tangerang, Kota Serang, Kota Cilegon, dan Kota Tangerang Selatan. Berada pada 8° di selatan garis katulistiwa, membuat Daerah Banten beriklim tropis dengan suhu udara rata-rata 28°C. Bagian selatan Banten merupakan daerah perbukitan landai, sementara bagian utara merupakan daerah dataran rendah atau pantai.

Melihat karakteristik daerah Banten yang cukup beragam, yakni terdiri dari wilayah perbukitan serta pantai, tidak heran bila banyak potensi bisnis daerah yang bisa dikembangkan di provinsi tersebut. Sebut saja seperti potensi pertanian, potensi peternakan, potensi kelautan dan perikanan, serta potensi pertambangan.

mendung-cikeraiSecara  geografis,  Provinsi  Banten  terletak  di  antara 5º7’50”-7º1’1″  LS dan 105º1’11”-106º7’12” BT.  Batas wilayah Provinsi Banten di sebelah Utara adalah Laut Jawa, sebelah Barat adalah Selat Sunda, sebelah Selatan adalah Samudera Hindia dan sebelah Timur berbatasan dengan Daerah Khusus Ibukota Jakarta dan Provinsi Jawa Barat. Hal ini membuat posisi Provinsi Banten sebagai daerah dengan potensi hasil pertanian dan  laut yang sangat besar.

buah-naga-merahCilegon kini tak hanya dikenal sebagai Kota baja, tetapi juga mendapat julukan baru Kota Naga Merah disebabkan di desa Cikerai, kecamatan Cibeber ada perkebunan Buah Naga Merah seluas 2 hektar yang juga dijadikan kawasan agrowisata waras farm  petik buah naga merah langsung dari kebun.

img_20161022_102812_3csAwalnya di 2008 lahan perkebunan naga ini adalah kawasan gersang dan tandus yang ditanami semak belukar saja, kemudian di kelola oleh ir Rasmidi Alumni Brawijaya yg pensiunan perekbunan bersama istrinya yang pensiunan krakatau steel…awalnya ditanami pohon albasia karena lahan yang tandus dan gersang semua pohon mati dikarena juga sulitnya air saat musim kemarau.Namun dengan kegigihan dan keuletan pasang ini mereka kemudian menggantinya di tahun 2012 dengan tanaman buah naga dan pepaya california dan ternyata tanaman ini mampu bertahan sampai sekarang dan hasil buah naga merahnya di tanah gersang yang cenderung berpasir ini memiki keunggulan buah besara dan sangat manis dengann sistem pertanian full organik begitu juga hasil pepaya californianya.

img_20161022_130352_1cs img_20161022_130518_1csWaras Farm sekarang menjadi tujuan agrowisata petik tanaman buah dan menyeduakan aneka bibit tanaman buah seperti mangga, jambu, srikaya jumbo, sirsak ratu, durian lokal banten si radio dll dan ternyata semua tanaman buah disini berbuah lebat dengan teknologi pertanian yang maju rata-rata bibit tanaman buah dari waras farm berbuah di umur 2-3 tahun.

Permintaan akan buah naga merah juga terus meningkat, dengan semakin banyaknya kunjungan pengunjung baik umum maupun anak-anak sekolah dari tingkat TK, SD hingga SMU dan bahkan sudah dikenal diluar Cilegon.Seperti kunjungan dari sekolah Depok di Jawa barat dan bekasi serta orang-orang umum dari Jakarta dan Tangerang, selain potensi bauh naga juga potensi panorama pegunungan yang sangat menarik, bahkan ada spot sun rise dipagi hari.

mentari-pagi-3Kota Cilegon secara geografis merupakan daerah yang tandus dan kering dengan iklim pantai namun ternyata memiliki potensi besar bagi peningkatan pengembangan produk pertanian khususnya buah naga dan pepaya california. sungguh sayang potensi ini habis oleh pertambangan pasir sehinngaa menimbulkan kerusakan alam, sehingga ditinggalkan penduduknya merantau ke kota menjadi buruh. SEbenarnya potensi pertanian dan perkebunan di cilegon selatan jika mau digarap dengan serius akan menghasilkan dan memberikan kehidupan yang layak bagi para petani, bahkan kami dari waras farm berjharap suatu saat Cilegon menajdi sentra produksi Buah Naga Merah, Kuning, orange juga potensi pengembangan kurma tropis yang sedang dirintis di waras farm dengan menanam kurma  kultur jaringan. Khusus untuk buah naga bisa discale up luas perkebunan buah naga di cilegon selatan atau di tanam di halaman instansi-instansi pemerintah dan instansi swasta atau kawasan industri yang luas di Cilegon, dengan sistem pertanian organik terpadu dengan peternakan baik kambing atau sapi.

img_20161022_164613_1csBuah naga organik kini telah masuk dijaringan ritel besar di jakarta atau membanjiri pasar jabodetabek, potensi ini sebenarnya bisa dikembangkan dengan menjadikan kawasan Cilegon dan banten sebagai sentra produksi buah naga organik karena keuntungan kedekatan jarak dari cilegon ke jakarta hanya 80 KM, selam ini kebutuhan bauh naga jabodetabek di pasok dari banyuwangi jawa timur yang berjarak hampir 900 KM, ada faktor keuntungan jika Cilegon bisa menjadi pemasok ke Jakarta.

sd-juara-cilegonBelum lagi kawasan wisata anyer dan carita yang di kunjungi wisatawan domestik dari jabodetanbek dengan adanya perkebunan buah naga akan menjadikan destinasi agrowisata baru di banten yang akhirnya akan lebih mendatangkan wisatawan domestik serta menggerakan perekonomian selatan cilegon.

img_20161022_164327_1csSehingga kota Cilegon selain dikenal sebagai kota industri bisa juga menjadi barometer perekembangan hortikultura di skala provinsi banten dan kemudian nasional.Tak hanya Buah naga, pepaya california, melon juga durian lokal banten si radioa sehingga menjadi komoditas hortikultura unggulan kota cilegon.

Bersama Wessal TV Saudi
Bersama Wessal TV Saudi

Salah satu jenis buah naga yang banyak dibudidayakan di waras farm adalah buah naga merah daging warna merah keunguan. Buah naga merah ini masih merupakan komoditas hortikultura yang prospektif dikembangkan karena budiddaya buah naga merah terbukti memberi keuntungan yang tinggi secar komersial. Namun waras farm tidak berhenti di buah naga merah saja, sekarang pun mulai dikembangkan buah naga kuning dan orange yang nilai ekonomisnya sangat tinggi dan saat ini masih dipenuhi dari import dan dalam jumlah terbatas kalau Cilegon bisa menjadi swasembada  buah naga merah, kuning, orange wahy not tentunya akan menguntungkan petani dan pekebun buah naga.

20150204_103615permintaan pasar dalam negeri terhadap buah naga dari tahun ke tahun semakin meningkat, seiring dengan pertambahan penduduk, peningkatan daya beli konsumen, serta berkembangnya kesadaran akan mengkonsumsi buah naga yang baik untuk kesehatan. Selain sebagai komoditi pertanian, kebun buah naga juga dapat dimanfaatkan sebagai agrowisata. para wisatawan yang datang ke anyer bisa juga mengunjungi kebun uah naga apalagi lokasi waras farm tidak jauh dari jalur lingkar selatan yang akses menuju Anyer, Carita.

img_20161023_121556_5cs

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s