Kelebihan Bibit Kurma Kultur Jaringan

buah-kurma-di-indonesia
kebun kurma tropis di thailand

Kurma (Phoenix dactylifera L.) merupakan satu dari tanaman buah tertua yang ditanam di daerah arid (kering) di Semenanjung Arab, Afrika Utara, dan Timur Tengah sejak 8000 tahun sebelum Masehi. Daerah asal kurma yang paling mungkin adalah di atau dekat Irak daerah yang dulu di kenal sebagai Babylonia pusat peradaban tertua, tetapi penyebarannya ke banyak negara sudah sejak zaman dahulu. Kurma adalah bahan pangan utama dan sumber penghasilan bagi penduduk lokal di Timur Tengah dan Afrika Utara, dan berperan besar dalam bidang ekonomi, kemasyarakatan,dan lingkungan.

lahan-kurmaKurma termasuk ke dalam keluarga tanaman Palmaceae (Barrow, 1998). Tanaman yang mempunyai nama latin Phoenix dactylifera ini dalam bahasa Arab disebut dengan Tamr. Phoenix (bahasa Yunani) yang artinya buah merah atau ungu dan “dactylifera” yang artinya “seperti jari” karena gerombol buahnya seperti jari manusia. Pohon kurma merupakan tanaman jenis dioecious, yaitu memiliki tanaman jantan dan betina yang hidup secara terpisah.

kurma biji _indramayu
kurma biji _indramayu

Kurma dapat diperbanyak dengan anakan dan biji. Perbanyakan dengan biji dapat terjadi bila biji dan kecambah secara konstan terjaga kelembapannya. Kelemahan perbanyakan dengan biji adalah tanaman baru berbuah setelah 7-10 tahun dan 70% dari kecambah yang tumbuh umumnya akan menjadi tumbuhan jantan.Oleh karena itu, perbanyakan yang paling baik dan banyak dilakukan adalah melalui pemindahan anakan/offshoot yang telah berumur 3-5 tahun. Anakan ini selanjutnya ditanam atau seringkali dijual. Pemindahan anakan harus dilakukan dengan hati-hati agar anakan tidak mati di tempat barunya.

Terobosan perbanyakan kurma melalui teknik kultur jaringan juga telah dilakukan di beberapa negara antara lain Irak, Saudi Arabia, dan Kalifornia. yaitu dari ujung tunas baik melalui embryogenesis atau organogenesis pertama kali dikembangkan tahun 1970 hingga 1980 an. Organogenesis dapat dicapai menggunakan tunas samping dan meristem apikal, sedangkan embryogenesis melalui kalus yang terbentuk dari tunas, daun muda, batang dan rachilla. Membutuhkan waktu 6 tahun untuk mencapai produksi melalui proses kultur jaringan.

laboratorium2bkultur2bjaringan2bbibit2bkurmaSaat ini Uni Emirat Arab (disingkat UEA) (bahasa Inggris: United Arab Emirates) dan Ingris memiliki fasilitas kultur jaringan tanaman kurma terbesar di dunia , lebih dari 350.000 tanaman kultur kurma ( tissue culture) diproduksi setiap tahunnya karena produksi offshoot tidak dapat memenuhi kebutuhan untuk pengadaan penanaman pohon-pohon di areal perkebunan baru skala luas.

slide7Di Asia tenggara perkebunan kurma telah menunjukkan geliatnya, Negara anggota ASEAN yang telah membudidayakan buah kurma secara besar-besaran adalah Thailand dan Malaysia. Iklim negeri tetangga tersebut sangat persis sekali dengan kondisi di tanah air kita bahkan kondisi tanah di negara kita lebih subur jika di bandingkan kedua negara tetangga tersebut, namun mereka sudah berhasil membudidyakanya kita tertinggal 10 tahun dari kedua negeri jiran ASEAN.

kurma-di-bangkaIndonesia telah ketinggalan 11 tahun dari Thailand dan sekitar 8 tahun dengan malaysia dalam hal budidaya kurma. Sejauh ini perkebunan kurma didalam negeri kita masih baru dimulai,adakebun di bangka botanical garden dan  kebun yang telah dirintis oleh jonggol farm milik Muhaimin Iskandar pemilik geraidinar.com berlokasi di daerah Bogor – Jawa Barat, dan itupun dalam hal Kultur Jaringan sepertinya masih melakukan penelitian lebih lanjut, belum maksimal berproduksi. Kita jangan malu untuk belajar dari Thailand dan Malaysia yang sudah sukses mengembangkan skala luas perkebunanya.

Kultur jaringan-2
Kultur jaringan-2

permintaan akan bibit kurma terus meningkat dari tahun ke tahun, pembukaan lahan-lahan baru perkebunan untuk budidaya tanaman yang masih kerabat sawit ini terus diperluas di beberapa negara penghasil utama. Bagi perkebunan kurma sekala komersial yang sudah berusia di atas 7-10 tahun mungkin tidak banyak membutuhkan atau bahkan tidak perlu membeli bibit-bibit varietas kurma yang telah dimiliki. Karena untuk memperluas perkebunan yang telah dikelola, cukup mengandalkan tunas-tunas atau offshoot yang dihasilkan dari tanaman induk telah berproduksi.

Tetapi, untuk membuka sebuah perkebunan kurma skala komersial yang masih baru dan belum pernah memiliki perkebunan sebelumnya, tentu membeli bibit unggul adalah sesuatu yang wajib dan harus, kalau mengandalkan bibit dari biji sangat tidak efketif selain susah menentukan bibit jantan dan betina juga usia berbuah sangat lama 7-10 tahun baru berbuah. Agar mendapat bibit kurma dengan tingkat produksi buah yang tinggi, serta standar varietas yang sesuai dengan permintaan pasar domestik dan internasional – maka pilihan yang tepat untuk saat ini adalah bibit kurma dengan metode kultur jaringan. Bibit kultur jaringan sudah terbukti mampu berprosuduksi buah di usia 3 tahun, waktu yang tidak terlalu lama menunggu. Dalam era milenium ini kecepatan sangat penting dalam hal produksi tanaman pangan.

 Laboratorium Bibit Kurma Kultur Jaringan Internasionaltissue-culturepermintaan akan bibit kurma terus meningkat dari tahun ke tahun, pembukaan lahan-lahan baru perkebunan untuk budidaya tanaman yang masih kerabat sawit ini terus diperluas di beberapa negara penghasil utama. Bagi perkebunan kurma sekala komersial yang sudah berusia di atas 7-10 tahun mungkin tidak banyak membutuhkan atau bahkan tidak perlu membeli bibit-bibit varietas kurma yang telah dimiliki. Karena untuk memperluas perkebunan yang telah dikelola, cukup mengandalkan tunas-tunas atau offshoot yang dihasilkan dari tanaman induk telah berproduksi.

 

Laboratorium Bibit Kurma Kultur Jaringan – (Img credit D.P.D Ltd)

lab-kultur-jaringanTetapi, untuk membuka sebuah perkebunan kurma skala komersial yang masih baru dan belum pernah memiliki perkebunan sebelumnya, tentu membeli bibit unggul adalah sesuatu yang wajib dan harus. Agar mendapat bibit kurma dengan tingkat produksi buah yang tinggi, serta standar varietas yang sesuai dengan permintaan pasar domestik dan internasional – maka pilihan yang tepat untuk saat ini adalah bibit kurma dengan metode kultur jaringan.

Teknologi Kultur Jaringan / Tissue Culture

kultur-jaringan-kurmaPengembangan bibit kurma metode Tissue Culture akan menghasilkan varietas yang seragam dalam  jumlah besar dengan waktu singkat, untuk memproduksi melibatkan teknologi dan peralatan mutakhir serta fasilitas yang lengkap. Teknologi kultur jaringan merupakan cara paling efektif memproduksi bibit secara massal, jika di indonesia sendiri sudah banyak laboratorium kultur jaringan, namun belum ada yang memproduksi bibit kurma. Proses produksi untuk menghasilkan bibit dengan jumlah besar, dalam waktu singkat di masing-masing laboratorium adalah berbeda kapasitas-nya, berdasarkan fasilitas dan besar kecilnya sebuah laboratorium itu sendiri.

 

Tenaga Ahli Laboratorium Pembibitan Kurma – (Img credit D.P.D Ltd)

ahli2bkultur2bjaringan2bkurma2bdpdSeperti contohnya, sebuah laboratorium pengembangan bibit kurma internasional D.P.D. Ltd. (Date Palm Developments) yang berpusat di Inggris, dengan melibatkan teknologi tinggi dan didukung fasilitas memadai, mampu memproduksi lebih dari 350.000 bibit kurma per tahun-nya. Artinya dalam satu bulan Laboratorium D.P.D tersebut mampu berproduksi lebih dari 29.000 bibit kurma setiap bulan, sungguh! jumlah yang cukup besar.

Indonesia Impor Bibit Kurma dari D.P.D

kuljarGeliat untuk membuka perkebunan kurma skala komersial di indonesia semakin terasa, Jonggol Farm merupakan awal perkebunan kurma di indonesia dengan impor bibit KULJAR (kultur Jaringan) dari D.P.D. Ltd, kurang lebih tiga tahun silam (saat artikel ini di tulis). Dan sejak 4 Oktober 2015 terbentuknya Asosiasi Kurma Indonesia hingga saat artikel ini ditulis lebih dari 2.654 orang anggota tergabung dalam Asosiasi – juga telah melakukan impor bibit kurma tissue culture secara berjamaah dari laboratorium D.P.D ltd. tersebut.Mereka mulai menanam kurma kultur jaringan secara kecil sebagai riset sebelum mengembangkan ke skala yang lebih luas di Indonesia, berjamaah belajar dan berbagi ilmu tentang perkurmaan.

Bahkan negara-negara penghasil kurma utama di berbagai belahan dunia , tak terkecuali para petani dan broker bibit kurma Thailand juga melakukan impor dari laboratorium  D.P.D. Ltd. (Date Palm Developments) di Inggris.

Daftar Laboratorium Penyedia Bibit Kurma Tissue Culture

Sebenarnya di beberapa negara sudah banyak laboratorium yang telah melakukan upaya untuk mengembangkan bibit kurma dengan teknologi  kultur jaringan, tetapi hingga saat ini (berdasarkan catatan F.A.O) – hanya beberapa laboratorium internasional yang telah dipercaya berhasil memproduksi bibit kurma kultur jaringan dengan standar dan kualitas baik.

Untuk mengetahui alamat dan kontak penyedia bibit kurma tissue culture skala internasional silakan lihat daftar di bawah:

D.P.D. Ltd. (Date Palm Developments)

Alamat: Ham Street, Baltonsborough, Glastonbury BA6 8QG, Inggris
Telepon: +44 1458 851000
website: www.date-palm.co.uk
FB: www.facebook.com/datepalmdevelopments

Al Wathba Marionnet L.L.C. Tissue Cultured Date Palms

Alamat: Abu Dhabi – Uni Emirat Arab
Telepon: +971 2 666 1522
website: www.awmpalms.com
FB: www.facebook.com/alwathba.marionnet

RAHAN MERISTEM

Alamat:  Propagation Nurseries, Kibbutz Rosh Hanikra, Western Galilee 22825, Israel
Tel: (+972) 4 985 7100
Fax: (+972) 4 982 4333
website: www.rahan.co.il/asg/item_1.html#E

UNITED ARAB EMIRATES UNIVERSITY – (D.P.D.R.U) Date Palm Development Research Unit Department

P.O. Box 81908-Al-Ain
Tel: (+9713) 8732334
Fax: (+9713) 7832472
website: www.uaeu.ac.ae/en/dvcrgs/research/researchcenters/dpdrud

Nah, demikian ulasan dan artikel tentang Kelebihan Bibit Kurma Kultur Jaringan, perusahaan yang manakah akan anda percaya untuk menyediakan bibit ??. Semoga bermanfaat dan Salam budidaya Organik, Jayalah Indonesia, Indonesia bisa menjadi lumbung pangan dunia.

Sumber : rhinbiotechnology, Bandung. Organikkilo, Jakarta, Indonesian date palm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s