Mengapa Jantung Pisang harus dipotong?

jantug-pisang-sipPisang salah satu jenis buah-buahan yang sangat terkenal dan memasyarakat, dari mulai anak balita sampai nenek-kakek pasti mengenal dan pernah merasakan lezatnya yang namanya pisang. Buah yang memiliki ciri khas bentuk yang agak lengkung ini memiliki kandungan vitamin yang sangat baik bagi tubuh manusia seperti vitamin A, B1, dan C, sedangkan kandungan  mineralnya kalium, chlor, natrium, magnesium, dan posfor, serta karbohidrat 25% yang mudah dicerna.

Namun pisang ini sering ditanam hanya sebagai tanaman pelengkap saja dan tidak jarang tanaman ini dibiarkan tumbuh begitu saja tanpa adanya perhatian khusus dari si pemilik, padahal kalau tanaman ini ditanam denagn perawatan yang maksimal hasilnya pun akan berbeda dibanding tanpa perawatan. Tidak sedikit para petani buah pisang yang memperoleh keuntungan yang cukup besar dari hasil budidaya pisangnya.
Kenapa budidaya pisang ini cukup menjanjikan?, karena pisang salah satu buah yang cukup banyak penggemarnya bahkan buah pisang masuk dalam daftar makanan 4 sehat 5 sempurna. Maka tidak heran apabila pada acara-acara tertentu pisang selalu hadir sebagai makanan penutup. Apalagi sekarang banyak olahan makanan ringan yang bahan dasarnya dari pisang ini.
Nah itulah beberapa alasan mengapa budidaya pisang sangat menjanjikan dari segi ekonomi. Bagi anda yang mau mencoba untuk budidaya pisang, dibawah i
ini ada langkah-langkahnya supaya hasil dari budidayanya menjadi maksimal.
Cara Merawat Tanaman Pisang
pohon-pisang
Ketika bunganya sudah muncul, harus diperhatikan dengan seksama. Sebab kadang-kadang bunga pisang diserang ulat-ulat kecil, yang mengakibatkan buah pisang menjadi tidak mulus kulitnya. Jika ada ulatnya, segeralah semprotkan insektisida. Seandainya ada pelepah daun yang menumpangi bakal buah, sebaiknya disingkirkan.
Lantas ketika jantung bunga sudah berada sekitar 25 cm dibawah buah terakhir, sebaiknya dipotong saja. Sebab jantung pisang ini kalau dibiarkan terus akan menghambat pertumbuhan buah.

 Bunga yang satu ini sering disepelekan bahkan dibuang karena dianggap mengganggu pertumbuhan buah pisang. Padahal meskipun remeh, jantung pisang ini punya sejumlah nutrisi yang bagus untuk meredam sejumlah penyakit.

jantungpisangSetiap pohon pisang hanya menghasilkan satu tandan buah pisang yang berasal dari satu jantung atau kelompok bunga pisang. Karena itulah, jantung pisang lebih sulit dicari di pasaran dibandingkan dengan buahnya.

Setelah pisang mulai berbuah, kelompok bunga yang ada di bagian bawah dikenal dengan nama jantung pisang akan tertinggal. Jantung pisang harus dipotong agar tidak menghambat pertumbuhan buah dan mencegah penyakit pada tanaman pisang. Karenanya jantung pisang sering dianggap limbah yang murah.

Meskipun remeh dan murah jantung pisang bernutrisi tinggi. Tiap 25 gram jantung pisang, mengandung 31 kkal kalori, 7.1 gram karbohidrat, 0.3 gram lemak, dan 1.2 gram protein. Selain itu, ada kandungan mineral (fosfor, kalsium, dan zat besi) serta vitamin (A, B1, dan C), dan serat pangan.

Jantung pisang baik dikonsumsi oleh orang yang sedang diet lemak karena rendah lemak dan memberi rasa kenyang lebih lama. Penderita diabetes juga bisa makan jantung pisang karena indeks glikemik (GI) nya rendah. Kandungan serat dalam jantung pisang dapat memperlancar pencernaan serta mengikat lemak dan kolesterol untuk dibuang bersama kotoran. Juga dapat mencegah penyakit jantung dan stroke karena dapat memperlancar sirkulasi darah dan bersifat antikoagulan (mencegah penggumpalan darah).

Tidak semua jenis pisang memiliki jantung yang enak dimakan. Jantung pisang ambon rasanya agak pahit karena memiliki kadar tannin tinggi. Oleh karena itu, gunakan jantung dari pisang jenis pisang siam, kepok, dan klutuk (batu) yang memiliki kadar protein lebih tinggi dari pisang lainnya. Protein menghasilkan rasa gurih yang dapat mengalahkan rasa pahit dari tannin. Untuk rasa yang paling enak, pilihlah jantung pisang batu.

Sebelum diolah, bersihkan jantung pisang. Kupas kelopak luar jantung pisang yang berwarna merah sampai tinggal bagian dalamnya yang berwarna putih kemerahan. Setelah itu, belah dua, potong memanjang, iris-iris, cuci bersih, lalu rebus.

Jantung enak dibakar. Bakar jantung pisang utuh sampai matang, kupas kulitnya, kemudian belah dua dan iris. Gunakan pisau yang telah diolesi minyak goreng karena jantung pisang agak bergetah.

Jantung pisang dapat dimakan sebagai lalap maupun dibuat menjadi berbagai jenis masakan. Seperti urap, pecel, gulai, lodeh, pepes, tumisan sampai dengan beragam bumbu.

Jantung pisang rebus rasanya tawar dan berair, maka jika dimakan sebagai lalap biasanya dicocol sambal. Karena berserat dan empuk, jantung pisang juga dapat menjadi alternatif pengganti daging bagi vegetarian. Produk olahan jantung pisang juga banyak. Miasalnya dendeng, bakso, abon, dan satai dan sudah dapat diperoleh di pasaran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s