Hai Pemuda-Pemudi Indonesia…! Jangan malu menjadi Petani…Peternak!!

petani muda
petani muda

Mengamati fenomena negeri agraris ini atau zambrud khatulistiwa sebenarnya miris melihat anak-anak muda bangsa sudah tidak menghargai budaya leluhurnya ribuan tahun lalu, yaitu bertani. Anak-anak muda lebih bercita-cita menjadi Dokter, Polisi, Pilot, PNS, Pegawai Bank dll. Mereka menganggap bahwa bertani adalah pekerjaan orang-orang kampung, kotor, miskin  yang tidak akan membuat mereka sukses. Termasuk ‘sebagian’ lulusan sekolah dan fakultas pertanian/peternakan tentunya, banyak mereka diantaranya yang bergelar sarjana pertanian/peternakan malah menekuni bidang lain, disekitar saya pribadi ada lulusan sekolah dan sarjana pertanian/peternakan yang menjadi medrep farmasi,  Karyawan Pabrik, atau malah menjadi pengangguran.

petani-keren
belajar jadi petani

Bahkan salah satu Universitas pertanian dan peternakan di plesetkan menjadi “Institut Perbankan Bogor atau Institut Pertambangan Bogor” karena banyak lulusanya lompat pagar keluar dari khittahnya.

Kalau kita serius bertani dengan ilmu maka bertani tentunya akan menghasilkan sebuah profesi sukses yang mengikuti kemajuan dunia global. Banyak lahan-lahan nganggur butuh sentuhan dan belaian tangan-tangan muda yang hangat untuk produktif. Kini tak asing lagi kalau petani yang biasa terjun langsung ke lahan pertanian yang berkutat dengan peluh dan tanah, akan tetapi mereka yang muda, lulusan s2 dalam maupun luar negeri, bergadget canggih, bermobil bagus dan mempunyai tempat tinggal yang sangat layak, jauh dari persepsi sebagian orang tentang petani. Petani yang dimaksud tentunya petani yang berpikir maju kedepan dan memegang konsep dan teknologi dalam menekuni pertaniannya, memiliki visi kedepan /visioner bukan sekedar bertani seperti kebanyakan lainnya.

petani rempah S2 dibawah 30 tahun
petani rempah S2 dibawah 30 tahun

Saya mengenal beliau semenjak 3 tahun lalu, belum apa-apa masih nol akan tetapi, bersama ikut Coaching dari Action Coach binaan WUBI = Wirausaha Bank Indonesia, beliau memiliki semangat dan tekad tinggi untuk bisa memajukan pertanian,  ilmu pertanian dan peternakannya diperoleh dari lapangan, kerja nyata. Bukan sekedar Slogan saja, background dia ilmu komputer Gunadarma . Saya juga mengenal peternak lele muda juara wirausaha muda mandiri…..mereka semua bisa sukses dari bertani dan beternak…..entry bariernya kuat karena belum banyak pemuda dan pemudi yang melirik sektor pertanian dan peternakan kebanyakan memilih menjadi eksmud.

 

kick Andy Heroes
kick Andy Heroes

Kini petani Modern ini sedang memiliki pertanian rempah dan empon-empon dilahan seluas 50 Ha, di Jonggol tanpa bantuan dana Bank atau sejenisnya. Salut untuk penerima penghargaan dari kemenpora pemuda pelopor pertanian Nasional juga Young heroes   kick Andy 2015 yang bisa mengubah lahan marginal menjadi lahan produktif.

Dody Domba
Dody Domba

Dan peternak muda Dody Domba yang omzetnya pertahun 1 M lebih lulusan universitas bergengsi di Depok. Dan masih banyak petani-petani muda lainya yang begitu lulus membuka lapangan pekerjaan mereka dicibir oleh koleganya, atau mungkin pacarnya…..tapi akhirnya yang mencibir menyesal…..

petani Thailand
petani Thailand

Trend pertanian di negara-negara seperti Thailand, Vietnam, Eropa dan Timur Tengah adalah yang muda lulusan S1 dan S2 bukan dari background pertanian tapi mereka bisa sukses jadi petani dan peternak……semoga banyak pemuda-pemudi Indonesia kembali bertani dan beternak atau kita terjajah import produk pertanian dan peternakan.

kerenSekiranya sahabat-sahabat muda lainnya terpacu dengan prestasi beliau-beliau, satu yang selalu diucapkan beliau, “Aku bangga menjadi seorang Petani” dan dengan kebanggaannya itulah energi besar diperolehnya untuk menjadi sosok petani sukses hingga sekarang.Tertarik untuk menekuni pertanian terpadu ala Beliau? Yuk kembali bertani….yang muda yang bertani. Petani Entrepreneur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s