Agribisnis Buah Naga Waras Farm, Cilegon

wisata buah naga
wisata buah naga

Kebun Buah Waras Farm seluas 2,5 hektar ini sekaligus dijadikan sebagai kebun agrowisata. Untuk pemasaran buah Naga, saat ini untuk memenuhi kebuthan wisata petik buah naga langsung di kebun. Permintaan buah Naga ini biasanya akan melonjak tajam menjelang bulan november-desember saat-saat sekolah akan liburan semester ganjil.

Sebagai gambaran saja, Buah Naga sudah bisa mulai berbuah pada umur 6-9 bulan setelah penanaman bibit. Dalam satu tahun, Buah Naga bisa berbuah terus-menerus selama delapan bulan, yakni dari bulan September hingga Mei.
Dalam kurun waktu produktif, setiap tiang (5-6 batang tanaman) mampu menghasilkan 150-200 kg buah.

wisata edukasi
wisata edukasi

Tanaman Hias -0Karakteristik Buah Naga yang mudah hidup di lahan kering dan berpasir ini, serta permintaan Buah Naga yang tinggi, membuat prospek budidaya Buah Naga ini semakin berkembang.

Buah naga atau dragon fruit memang belum lama dikenal, dibudidayakan, dan diusahakan di Indonesia. Tanaman dengan buahnya berwarna merah dan bersisik hijau ini merupakan pendatang baru bagi dunia pertanian di Indonesia dan merupakan salah satu peluang usaha yang menjanjikan dan pengembangan tanaman buah naga sangat bagus dibudidayakan didaerah tropis seperti di Indonesia.

agrowisata kebun buah naga
agrowisata kebun buah naga

Anda berencana untuk mengunjungi tempat wisata petik Buah Naga yang berada tidak terlalu jauh dari Kota Cilegon. Sudah hampir seminggu sebelumnya kami rencanakan untuk pergi kesana, tepatnya setelah Puji menunjukkan pada saya DP Android salah seorang temannya yang baru saja berwisata petik Buah Naga di Waras Farm. Wow Amazing di Cilegon ada  kebun buah naga yang menjadi destinasi wisata  unggulan di perbukitan Cilegon Selatan, kemana saja selama ini saya baru mengetahuinya.

Kulit dan buah nagaSebagai seorang pecinta dan pemburu Buah Naga sejati (halah lebay!) tidak mungkin saya tidak kepengen ikutan wisata petik juga. Jadilah saya meminta Puji untuk mengantar ke  lokasi dan semua informasi mengenai wisata petik Buah Naga tersebut. Ternyata tidak terlalu jauh dari Kota Cilegon, di pinggiran jalan desa Cikerai, Cibeber, Cilegon. Mudah ditemukan karena sudah ada koordinatnya di google Maps. Tempat ini juga sering buat edukasi wisata untuk anak-anak dari PAUD, TK, SD, SMP dan SMA, serukan kalau anak-anaka kita main di kebun…..sama seperti anak-anak pendiri raksasa IT dunia seperti Google, Apple, Yahoo dll
Time Line OkSetelah perjalanan kurang lebih 25 menit dari Cilegon Kota, sampailah kami di kebun wisata petik Buah Naga tersebut. Tidak perlu membayar Rp xxxx per orang untuk  masuk ke lokasi petik Buah Naga. Ternyata lokasi petik (kebun Buah Naga) menjadi satu dengan wisata kuliner pecel kembang turi. Lokasi petik Buah Naga berjarak beberapa  meter dari sana. Kami disambut hangat oleh pemiliknya. Di kebun tersebut dijual beberapa produk olahan Kebun , dan tentunya beberapa varietas Buah Naga segar. Kami diperbolehkan untuk mencicipi, aseeek! Maniiis. Merah menggoda.
Kulit NagaJust like on heaven. Dragon fruit heaven! Oh iya, ditempat ini akhirnya saya temui varietas Buah Naga Super Red. Baru kali ini saya tahu. Warna nya merah. Rasanya lebih asam dari Buah Naga Merah. Kandungan vitamin C nya lebih banyak. Enak bangeeeet…! Buah Naga Super Red ini nampaknya tidak akan kita jumpai di pasar karena hanya dijual disini.
makan disaungOh ya kalau kita laper setelah turun naik kebu naga juga bisa istirahat di saung sambil memesan nasi pecel madiun atau kalau hari sabtu atau minggu bisa pesan menu rawon dan soto kuning yang maknyuss, serta menikamti segarnya es jeruk nipis atau wedang beras kencur mix kunyit asam sambil  bersantai dan berwisata murah meriah bersama keluarga.gak usah khawatir dengan parkir disediakan parkiran luas yang mampu menampung 25 mobil dan sepeda motor.
Kunyit Asem mix beras kencur
Kunyit Asem mix beras kencur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s