Desa Wisata Cikerai, Cilegon

Keindahan Alam Cikerai, surga tersembunyi selatan Cilegon

cilegon di bawah ancaman Industri
Industri Cilegon

Kota Cilegon yang terletak di pesisir pantai utara Jawa dan pesisir selat Sunda terkenal sebagai kota yang gersang dan panas, suhu di pagi hari jam 9 saja sudah sangat panas apalagi di pukul 11.00 -15.00, maklum daerah pantai sangat menyengat bahkan di sekitar pelabuhan merak pernah mencapi 41° C sudah sama dengan suhu di padang pasir. Polusi, Kemacetan, Urbanisasi, angka kriminalitas yang tinggi nampaknya kini tidak hanya dimiliki Jakarta dan kota-kota besar lainnya seperti Cilegon yang terkenal sebagai kota Industri Baja dan Industri Kimia. Apa benar Cilegon terkenal karena gersang dan panasnya?

pelabuhan merak
pelabuhan merak

Kota ini terkenal bukan hanya dekat dengan pelabuhannya (Merak), Anyer dan Carita ataupun lokasinya yang dekat dengan Gunung yang melegenda letusannya itu (Krakatau), melainkan karena pesatnya pertumbuhan industri pabrik-pabrik petrochemical dan baja. Industri ini tidak hanya memberikan dampak positif berupa pemasukan ekonomi yang cukup besar tetapi juga memiliki dampak negatif bagi kelangsungan kota ini. Salah satunya adalah Pencemaran Udara akibat dari
Industri di Cilegon

waras farm view
ladang dan sawah di cikerai

Namun dibalik pesatnya Industri di kota Cilegon. Keindahan sawah mungkin semakin sulit ditemukan di banyak kota-kota besar di Indonesia termasuk cilegon. Sawah-sawah dan ladang mulai tertutup aspal, cluster-cluster perumahan atau pabrik-pabrik. Di Desa Cikerai, sawah dan ladang ditawarkan untuk bermain, melepas lelah dan belajar menghargai kerja keras juga ladang penggembalaan ternak warga. Karpet padi terasering yang membentang luas bisa anda lihat di sini. Mulai dari membajak sawah dengan bajak yang ditarik oleh kerbau, atau menanam padi sambil bermain lumpur.

sun rise in waras farm
sun rise in waras farm

Di pagi yang belum juga disinari mentari, para petani mulai meneteskan keringat mereka di sawah dan kebun-kebun ditemani kicauan burung-burung liar yang bernyanyi menyambut Golden Sunrise sinar matahari yang hangat. Angin mulai berhembus membuat padi-padi yang ditanam menari meliuk-liuk lembut selembut kasih petani kepada mereka. Hari mulai siang dan bajakpun mulai membalik tanah sawah yang nantinya menjadi tempat padi dan aneka tanaman tumbuh menghasilkan bulir padi sebagai sumber kehidupan. Keteguhan dan kerja keras para petani tergambar dalam kerut wajah mereka yang sesekali dihiasi senyum dan canda tawa diantara mereka.

view-waras-farm
view-waras-farm

Di desa ini anda tak hanya akan belajar tentang bagaimana bertani, tetapi dapat pula belajar memelihara ikan, memasak makanan tradisional, anda akan beragrowisata tentang tanaman buah dengan adanya kebun buah naga, pepaya calina, kebun sirsak madu dan srikaya jumbo juga aneka tanaman buah lainya. Menikmati petik buah di kebun melihat sunset ketika sore diantara perbukitan dan ujung barat pulau jawa yang kian pelan seiring perginya angin menghindari malam adalah keasyikan sendiri yang tidak ditemukan disetiap tempat.

petik langsung dari kebun
petik langsung dari kebun

Bagi wisatawan yang hanya ingin menikmati suasana pedesaan sambil menginap, anda akan mendapatkan penginapan yang sederhana di perumahan warga Mulai yang paling sederhana sampai yang mewah ada dua hotel yang tidak jauh dari Cikerai di Lingkar selatan Hotel Horison Forbis Cilegon dan Arisu Korea Hotel. Yang jelas, semua akan memberikan kenyamanan bagi anda yang ada ketika berkunjung. menikmati keindahan pegunungan surga tersembunyi di selatan Cilegon yang belum terusik ganasnya eksavator tambang pasir.

View dari Horison Forbis Cilegon
View dari Horison Forbis Cilegon

Sepulangnya dari dini, anda tak perlu khawatir anda bisa menenteng buah tangan buah naga, atau buah pepaya juga aneka bibit tanaman buah yang akan menghijaukan rumah anda. Pengelola telah menyediakan banyak bibit tanaman buah yang bisa anda pilih. Tetapi yang terpenting dari semua itu adalah bahwa anda akan pulang sebagai seorang yang bisa menghargai kerja keras, pulang dengan perasaan bahagia dan pikiran fresh ceria yang semakin kreatif. Selamat mencoba!

lesehan di saung
lesehan di saung

Sarana dan Prasarana yang Tersedia :

Saung-saung
Masjid
Bibit tanaman Buah
Parkir yang luas

Alamat dan Contact Person :

Tlp: 081314457361, 081911188430

( ir Rasmidi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s