Jalur Lingkar Selatan Cilegon, Jalan Pintas Menuju Anyer dan Carita

Tol Cilegon TimurGerbang Tol Cilegon Timur pada pengujung Desember 2015 menyambut tahun baru 2016 dipenuhi mobil yang mengantri keluar gerbang Tol dan langsung melaju ke Jalan Lingkar Selatan Kota Cilegon, Provinsi Banten. Tak pelak kemacetan panjang pun terjadi akibat antrian mobil yang rata-rata Plat B dan F . Setelah lepas gerbang Tol dan lewati perempatan lampu merah, masuklah ke jalana lebar Non Tol yaitu jalan lingkar selatan Cilegon. Tak terasa, mobil tiba di tujuan wisata unggulan Anyer, Carita di Kabupaten Serang, Banten.

JLSIntinya, seperti itulah nikmat berkendara lewat Jalan Lingkar Selatan. Jalan lebar, masing-masing arah terdiri atas dua jalur, bak meneruskan mengemudi di jalan bebas hambatan setelah keluar Jalan Tol Tangerang-Merak. Lebar jalan dua jalur itu sekitar 20 meter.Tidak ada cerita lagi kemacetan dan jalan berlubang ketika menuju anyer atau carita.

peta jalur lingkar selatanJalan Lingkar Selatan sepanjang 15,8 kilometer terbuat dari beton. Jalan itu terbentang dari pintu keluar Gerbang Tol Cilegon Timur hingga Kelurahan Kepuh, Kecamatan Ciwandan, Kawasan Industri Cilegon. Setelah Jalan Lingkar Selatan, jalur mulus masih menyambut hingga Anyer.

Jalan beton di sejumlah lokasi diselingi jalan beraspal. Dalam waktu 28 menit, dengan jarak sekitar 20 kilometer, mobil dari Gerbang Tol Cilegon Timur tiba di Anyer. Mulusnya infrastruktur di ruas itu terasa hingga Kabupaten Pandeglang, Banten.

Kawasan wisata Pantai Carita di Kabupaten Pandeglang yang berjarak 30 kilometer dari Anyer dapat ditempuh dalam waktu 45 menit menggunakan mobil. Di antara Anyer dan Carita, Pantai Karangbolong di Kabupaten Serang bisa menjadi pilihan lain.

Jalur lain ke Anyer yang dapat ditempuh adalah jalan lama yang biasa dipakai sebelum Jalan Lingkar Selatan dibangun. Namun, kendaraan yang lewat Tol Tangerang-Merak harus memutar. Mobil tak keluar di Gerbang Tol Cilegon Timur, tetapi melanjutkan perjalanan hingga Gerbang Tol Cilegon Barat.

Keluar di Gerbang Tol Cilegon Barat, kendaraan diarahkan ke Jalan Letnan Jenderal R Suprapto. Namun, perjalanan kerap terhambat karena banyak bus dan truk yang melaju pelan. Jalan hanya terdiri atas satu jalur untuk dua arah. Beberapa persimpangan juga membuat mobil sesekali berhenti.

view-waras-farm
view-waras-farm

Jarak dari Cilegon Timur hingga Anyer melalui jalan lama sekitar 26 kilometer. Karena itu, Jalan Lingkar Selatan adalah jalan pintas hanya 15,8 km. Infrastruktur yang lebar dan mulus juga membuat pengendara nyaman. Sebenarnya jika kita melalui Jalan lingkar Selatan Cilegon di KM 4 di bawah Sutet tegangan tinggi jika kita arhkan ke kiri naik ke arah perbukitan melewati kampung Bulakan dan SMUN 3 Cilegon kita akan mendapat kawasan Agrowisata Kebun Buah Naga “ Waras Farm “ kawasan agrowisata ini dibuat sejak tahun 2010 memanfaatkan lahan gersang padang ilalang bekas tambang pasir dan tambang batu bata di sebelah selatan jalan lingkar selatan cilegon dengan kontur perbukitan.

waras farm viewAnda pasti akan takjub dengan indahnya alamnya perbukitan yang hijau tersembunyi kebun buah naga dan buah-buajan lainya. Dan kawasan Agrowisata dan kuliner ini sudah menjadi destinasi wisata baru warga cilegon dan serang yang tidak kebagian tempat di anyer dan carita saat peak season seperti long weekend, Idul fitri, Natal dan Tahun Baru, warga cilegon dan serang mengunjungi kawasan agrowisata ini, sambil petik buah naga dan aneka buah lainya serta menikmati kuliner sego pecel gunung di saung-saung juga menikmati indahnya pegunungan waringin kurung, melepas penat dan lelah berwisata murah meriah bersama keluarga.

DSC03876Pembenahan infrastruktur di Anyer dan Carita kini sungguh pesat. Jalan berlubang besar yang menjadi kolam kecil seusai hujan di Desa Bulakan, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Banten, tahun 2014, sekarang sudah rata. Tahun lalu, jalan bopeng-bopeng di Carita sungguh menjengkelkan.

Perbaikan jalan ditambah peminta sumbangan dan giliran melintas yang masih terjadi hingga pertengahan 2015 membuat kesal pengendara. Kini, kekesalan lenyap berganti rasa nyaman memacu kendaraan.

horizon cilegonJalan mulus menggembirakan pelaku usaha. Hotel baru bermunculan. General Manager Aston Anyer Beach Hotel Doddy Fathurahman menyebutkan, pihaknya bersyukur dengan perbaikan infrastruktur dari Kota Cilegon menuju Anyer. “Pemerintah saat ini kelihatannya fokus pada infrastruktur. Dampaknya terhadap tamu positif,” ujarnya. Di jalur lingkar selatan juga muncul Hotel Horison Forbis Hotel dan Hotel Arisu Korea, jadi kalau anda tidak kebagian hotel di kawasan Anyer dan Carita anda bisa menginap di dua hotel ini, pemandangan dari kamr hotel sangat menakjubkan hamparan sawah dan pegunungan serta saat pagi anda bisa menikmati Sunrise di kawasa Agrowisata Waras Farm.

View dari Horison Forbis Cilegon
View dari Horison Forbis Cilegon

Aston Anyer Beach Hotel, Hotel Horison Forbis Cilegon dan Hotel Arisu Korea Cilegon mulai beroperasi pada awal 2015. Pembangunan hotel itu salah satunya memang berdasarkan pertimbangan gencarnya perbaikan jalan lingkar selatan. “Maka, kami berani masuk,” katanya.

Dua tahun sebelum pembangunan dilakukan pada awal 2014, investor memutuskan untuk mendirikan Aston Anyer Beach Hotel. “Waktu itu, perbaikan sudah dimulai. Tamu-tamu dulu sering mengeluhkan jalan rusak di Anyer. Sekarang, Anyer kembali menjadi tujuan unggulan,” ujar Doddy.

Uding Saprudin, Guest Relation Manajer Mutiara Carita Hotel and Cottages, mengatakan, jalan dari pusat Kota Cilegon menuju Carita cukup bagus. “Bagi tamu yang mau ke Carita, tak ada alasan untuk tidak berkunjung dengan variasi tujuan wisata dan tarif menginap,” katanya.

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Kota Cilegon Ridwan menjelaskan, gagasan membangun Jalan Lingkar Selatan sudah dicetuskan sejak kota itu dibentuk tahun 1999. Lahan sudah dibebaskan tahun 2003. Secara fisik, pembangunan Jalan Lingkar Selatan dimulai tahun 2006.

Biaya pembangunan berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Cilegon. Pembangunan dilaksanakan secara bertahap dengan anggaran tahun berjalan. Ridwan tak dapat menyebutkan total biaya pembangunan Jalan Lingkar Selatan karena alokasinya berbeda-beda setiap tahun.

“Ada yang Rp 5 miliar. Ada yang Rp 12 miliar. Anggaran tahun 2015 sebesar Rp 60 miliar. Kalau mandiri, berat buat kami,” ujar Ridwan.

Karena itu, Pemerintah Provinsi Banten membantu biaya pembangunan pada 2010-2011. Jalan masih terus disempurnakan hingga saat ini.

“Tetap bisa dilewati, tetapi masih ada perbaikan dan peninggian jembatan. Selain mengurai kemacetan, Jalan Lingkar Selatan juga menumbuhkan perekonomian,” katanya.

Restoran, hotel, dan pabrik baru bermunculan secara terintegrasi. Jalan membuka kawasan yang dulu hanya perbukitan.

Kembangkan pariwisata Banten

peta-banten_ist

Gubernur Banten Rano Karno menyambut baik pembangunan Jalan Lingkar Selatan. Menurut dia, jalan itu akan membuat industri pariwisata di Banten lebih berkembang. Ada Agrowisata, Pegunungan Mancak dengan Wisata Alam Rawa Danau sebuah kawah yang menjadi rawa-rawa. Dan pemandian Air Panas batu Kuwung. Namun infra struktur kesana harus diperbaiki dan diperlebar.

RAWA Danau merupakan danau cagar alam yang terletak di tiga wilayah kecamatan di Kabupaten Serang, terdiri atas Kecamatan Gunungsari, Mancak, dan Kecamatan Padarincang. Kawasan Rawa Danau mempunyai luas 3500 hektare, di bawah Gunung Tukung Gede yang luasnya mencapai 1700 hektare.

Rawa Danau ini merupakan danau hutan gambut yang masih alami. Seluruh permukaan danau tersebut ditutupi oleh vegetasi yang mengapung. 15 buah sungai kecil yang menjadi inlet danau tersebut merupakan aliran dari air pegunungan dengan satu buah outlet yang bernama sungai Cindana dengan aliran yang berbentuk air terjun yang dinamai Curug Betung dengan ketinggian 12 meter. Informasinya, Rawa Danau ini juga menjadi sumber mata air bagi perusahaan-perusahaan yang ada di Cilegon.

Air Panas Batu kuwung  adalah sebuah obyek wisata pemandian air panas dibawah kaki gunung karang yang berada sekitar 32 km arah selatan Kota Serang atau 35 Km dari kota Cilegon tepatnya di Desa Batu Kuwung, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang.

Tempat pemandian alamiah ini memiliki 2 kolam renang air dingin yang cukup besar, dan 1 kolam rendam air panas. Di sini, para wisatawan dapat menghabiskan liburan dengan berendam atau hanya sekedar duduk-duduk sambil merendam kaki dikolam air hangat.
Jika ingin lebih merealisasikan tubuh melalui uap air kolam lainnya yang bersuhu sekitar 98 derajat. Objek wisata aset pemerintah daerah ini kerap didatangi wisatawan karena dianggap mampu menjadi terapi pegobatan. Air panas di Batu Kuwung ini mengandung kadar yodium serta kalsium tanpa belerang, dan konon dapat menyembukan berbagai macam penyakit.

Rano juga menyoroti perbaikan jalan lama menuju Anyer hingga Carita dan Labuan mulai dari pusat Kota Cilegon. Ruas jalan itu adalah jalan nasional. “Syukurlah, ada dana dari APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) tahun 2015 sebesar Rp 618 miliar untuk jalan itu. Diperbaiki terus,” katanya.

Rano mengatakan, bersama Jalan Lingkar Selatan, ruas jalan itu menggerakkan industri pariwisata menjadi lebih bergairah. “Jalan Lingkar Selatan sendiri mendapatkan bantuan dana dari pemerintah pusat hampir Rp 70 miliar dan Pemprov Banten sekitar Rp 20 miliar,” ucap Rano.

Infrastruktur yang lebih bagus tentu diharapkan. Lebar jalan dari Kota Cilegon ke Pandeglang hanya 7 meter. Sebagai kawasan wisata, alangkah baiknya jika jalan diperlebar menjadi 14 meter. Namun, Rano memahami adanya skala prioritas dalam pembangunan infrastruktur.

“Itu jalan dari zaman Daendels (Gubernur Jenderal Hindia Belanda). Kalau dulu, cukup. Sekarang, bus-bus pariwisata yang besar sering lewat jalan itu,” katanya. (dwi bayu radius)

Sumber : http://print.kompas.com/baca/2016/02/04/Lingkar-Selatan-Cilegon-Jalan-Pintas-Menuju-Anyer

2 thoughts on “Jalur Lingkar Selatan Cilegon, Jalan Pintas Menuju Anyer dan Carita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s