Ada Jeruk, Buah Naga, Pepaya California dan Cabai di Agro Wisata Waras Farm, Cilegon

Korp Cilegon
Korp Cilegon

Ada Jeruk, Buah Naga, Pepaya Calina/California dan Tanaman Cabe di Agro Wisata waras farm, Cikerai, Cilegon

Cilegon– Waras Farm di sekitar Jalur Lingkar Selatan tepatnya di kelurahan Cikerai, Cibeber, Cilegon sudah menjadi destinasi wisata warga cilegon dan banten dijadikan sebagai tempat wisata pertanian (agro wisata).

petik buah naga
petik buah naga

Wisawatan yang berkunjung ke Cilegon tidak hanya ke Pantai Anyer, carita dan pulau merak, tetapi juga dapat singgah di agro wisata seluas kurang lebih 5 hektare.
Di areal waras farm sekitar 5 hektare sebagai lokasi penanaman aneka  jeruk, mangga, lengkeng, petai dan sebagian lainya ada ditanam cabai serta buah naga merah, dan pepaya calina/california. serta wisata kuliner sego pecel gunung dengan view perbukitan dan pegunungan waringin kurung. Di waras farm juga menjadi spot sunrise di pagi hari yang cukup indah tidak perlu jauh-jauh ke bali atau ke gunung bromo lihat sunrise muncul dari balik gunung pinang.

wisata edukasi
Untuk masuk ke tempat agro wisata waras farm, pengunjung tiak dipungut biaya alias gratis.

panen pepaya
panen pepaya


Ibu  Wali Kota Cilegon pernah berkunjung dan memberikan apresiasi kepada ir rasmidi yang telah mengembangkan lahan tandus tersebut menjadi tempat agro wisata.
Sehingga keberadaan agro wisata akan mendukung Cilegon menjadi destinasi wisata.
“Khususnya di bidang pariwisata bisa menjadi agro wisata (Agro Tourism) selain Pantai Merak dan  Anyer,  bersebelahan dengan kebun pepaya dan buah naga.


Emak-emak rempongMenurut ir rasmidi, Pemkot Cilegon bisa  bersinergi untuk mengarahkan wisatawan domestik maupun mancanegara untuk datang ke Cilegon, dukungan hotel dilingkar selatan juga ada hotel Horison dan salah satu Hotel korea .
Sementara itu owner waras farm  mengemukakan, waras farm bisa menjadi contoh bagi masyarakat di Cilegon.


SDN cilegon-1Karena areal yang dipergunakan waras farm untuk lahan pertanian maupun tempat peternakan ini merupakan areal tandus, dan banyak di selatan eks pertambangan batu bata dan pasir.

Lahan yang cocok buat kebun kurma
“Ini akan dapat menjadi contoh sukses bagi masyarakat di Cilegon Selatan, berkenan dengan perbaikan lingkungan. Yang dilakukan waras farm bukan hanya perbaikan lingkungannya saja, tetapi ada benefitnya,” jelas ir rasmidi  alumnus Brawijaya ini .Dikemukakan ir rasmidi, bahwa perbaikan lingkungan yang dulu cost center, dan sekarang jadi profit center.

 

Tumpang sari buha naga di lahan miring
Tumpang sari buha naga di lahan miring

Jadi menurut beliau jangan hanya menjadi cost center, bila jadi cost center maka siapa yang menjadi dinas sosial.
Bahkan kata rasmidi, bahwa lahan yang dikelola waras farm harus menjadi profit.
Ditambahkan ir Rasmidi, bahwa waras farm ini sudah menjadi dalah satu destinasi wisata di Kota CilegonWalaupun dengan kondisi sarana dan prasarana yang ada saat ini dibuat masih sederhana.”Waras farm dijadikan salah satu destinsi agro wisata di Kota Cilegon dan sudah menjadi salah satu ikon tempat wisata di Cilegon.

Mangga gajah di waras farm
Mangga gajah di waras farm

Dijelaskan ir rasmidi di areal waras farm  ini ada terdapat sayur-sayuran, buah-buahan. Adapun lahan yang dikelola seluas 5 hektare, untuk perkebunan buah naga  dan pepaya calina dan pembibitan tanaman buah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s