Buah Naga Tanaman Pembawa Rezeki

bunga NagaMenurut filsafat fengsui, pergantian dari musim hujan menuju musim kering melambangkan awal yang baru, sebuah simbol pertumbuhan, dan ekspansi seperti ketika pohon-pohon mulai tumbuh menyegarkan dengan daun-daunnya. Hadirnya aneka tanaman dengan warna hijau dan biru melambangkan jenis energi. Namun, selain membuat ruangan tertutup lebih menarik, tahukah Anda bahwa tanaman hias juga meningkatkan kualitas udara dalam ruangan?

Seperti juga sudah dijelaskan dalam Al quran 1400 tahun yang lalu di  surat Ibrahim ayat 31-40:

14:31. Katakanlah kepada hamba-hamba-Ku yang telah beriman: “Hendaklah mereka mendirikan salat, menafkahkan sebahagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka secara sembunyi atau pun terang-terangan sebelum datang hari (kiamat) yang pada hari itu tidak ada jual beli dan persahabatan.

14:32. Allah-lah yang telah menciptakan langit dan bumi dan menurunkan air hujan dari langit, kemudian Dia mengeluarkan dengan air hujan itu berbagai buah-buahan menjadi rezeki untukmu, dan Dia telah menundukkan bahtera bagimu supaya bahtera itu berlayar di lautan dengan kehendak-Nya, dan Dia telah menundukkan (pula) bagimu sungai-sungai.

14:33. Dan Dia telah menundukkan (pula) bagimu matahari dan bulan yang terus menerus beredar (dalam orbitnya); dan telah menundukkan bagimu malam dan siang.

14:34. Dan Dia telah memberikan kepadamu (keperluanmu) dari segala apa yang kamu mohonkan kepadanya. Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, tidaklah dapat kamu menghinggakannya. Sesungguhnya manusia itu, sangat lalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah).

14:35. Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berkata: “Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini (Mekah), negeri yang aman, dan jauhkanlah aku beserta anak cucuku daripada menyembah berhala-berhala.

14:36. Ya Tuhan-ku, sesungguhnya berhala-berhala itu telah menyesatkan kebanyakan daripada manusia, maka barang siapa yang mengikutiku, maka sesungguhnya orang itu termasuk golonganku, dan barang siapa yang mendurhakai aku, maka sesungguhnya Engkau, Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

14:37. Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, ya Tuhan kami (yang demikian itu) agar mereka mendirikan shalat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rezkilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur.

14:38. Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau mengetahui apa yang kami sembunyikan dan apa yang kami lahirkan; dan tidak ada sesuatu pun yang tersembunyi bagi Allah, baik yang ada di bumi maupun yang ada di langit.

14:39. Segala puji bagi Allah yang telah menganugerahkan kepadaku di hari tua (ku) Ismail dan Ishak. Sesungguhnya Tuhanku, benar-benar Maha Mendengar (memperkenankan) doa.

14:40. Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan salat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.

Type 45 OKAnjie Cho, pendiri Holistic Spaces dan Anjie Cho Architect di New York mengatakan, banyak tanaman hias mampu menghilangkan polutan berbahaya. Polutan berbahaya itu umumnya berasal dari bahan sintetis yang mudah ditemukan di gedung-gedung tinggi, furnitur, bahkan pakaian. Racun tersebut dapat menyebabkan buruknya kondisi kesehatan dan rendahnya produktivitas.

Bayangkan, rumah tanpa keberadaan tanaman, meski ada alat penyejuk udara, namu hawa dan nuansanya berbeda. Ayu Saraswati seorang ibu rumah tangga mengungkapkan, tanaman memang tidak bisa dilepaskan dari lingkungan rumah. Penghuni rumah di kawasan Selatan Cilegon ini mengatakan, ia sempat merasakan hunian tanpa tanaman atau minim tanaman.

“Rasanya panas juga gersang. Tinggal di rumah sangat tidak nyaman meskipun ada AC,” jelas wanita yang menjadi Ibu rumah tangga ini. Apalagi Cilegon terkenal sebagai kota industri baja dan dekat pantai.

Menurut Ayu, hal itu disebabkan ia dan keluarga termasuk penghuni awal kompleks perumahan tersebut. Ketika ditempati tanaman di sekitar rumah belum terlalu besar. Jumlah tanaman yang ada pun masih minim.

“Akhirnya saya dan suami saya mencari tanaman yang cepat besar. Sempat juga beli pohon yang sudah besar misalnya Pule Agar rindang dan rumha tidak terkesan gersang,” imbuhnya.

Seiring waktu berjalan, Ayu dan keluargapun menambah beberapa tanaman lain. Alasanya tidak hanya demi suasana rumah yang sejuk, namun juga estetika. Beberapa tanaman hias juga memenuhi teras rumah dan halaman belakang.

Bagi mereka yang tinggal di rumah pada umumnya tentu tidak terlalu memiliki masalah untuk menanam tumbuhan .Asal ada cukup lahan dan niat, tentu bukanlah hal yang sulit membuat rumah terasa rindang.

Beberapa tanaman hias , dipercaya akan memberikan efek positif bagi pemiliknya bila ditanam sesuai kondisi dan tempatnya, diantaranya adalah :

Annur-6

      1. Buah naga (Inggris: pitaya) adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengahdan Amerika Selatan namun sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia. Buah ini juga dapat ditemui di Okinawa, Israel, Australia utara dan Tiongkok selatan.Hylocereus hanya mekar pada malam hari.Pada tahun 1870 tanaman ini dibawa orang Perancis dari Guyana ke Vietnam sebagai tanaman hias. Oleh orang Vietnam dan orang Cina buahnya dianggap membawa berkah. Oleh sebab itu, buah ini selalu diletakkan di antara dua ekorpatung naga berwarna hijau di atas meja altar. Warna merah buah terlihat mencolok di antara warna naga-naga yang hijau. Dari kebiasaan inilah buah itu di kalangan orang Vietnam yang sangat terpengaruh budaya Cina dikenal sebagai thang loy (buah naga). Istilah Thang loy kemudian diterjemahkan di Eropa dan negara lain yang berbahasa Inggris sebagai dragon fruit (buah naga).Varietas Nama buah naga merujuk pada buah-buah yang dapat dimakan dari tumbuhan jenis:
        • Hylocereus undatus, yang buahnya berwarna merah dengan daging buah putih.
        • Hylocereus polyrhizus, yang buahnya berwarna merah muda dengan daging buah merah.
        • Selenicereus megalanthus dengan kulit buah kuning dan daging buah putih.
        • Hylocereus costaricensis, buah naga dengan warna buah yang sangat merah.Morfologi
      1. Pohon Buah Naga (Hylocereus dan Selenicereus): membawa kesenangan. suasana ceria, dan harmonis.
        Buah dari tanaman naga atau sering disebut dragon fruit memiliki banyak khasiat, seperti mengobati kanker, jantung dan memperlancar pencernaan. Tal heran bila banyak orang mengonsumsi buah naga untuk dijadikan makanan dan minuman. Tanaman naga tergolong keluarga kaktus. Batangnya memang kurang enak dipandang, tapi tanaman ini dipercaya mampu mendatangkan keceriaan bagi yang menanamnya. Lihat saja di negara Vietnam dan Thailand. Di sana buah ini sering ditaruh di atas meja sebagai simbol kesenangan bagi orang yang memandangnya. Dalam bahasa Inggris buah naga disebut pitaya.

Hylocereus undatus sedang berbuah.

Buah Naga Mekar dan Berbuah
Buah Naga Mekar dan Berbuah

Morfologi tanaman buah naga terdiri dari akar, batang, duri, bunga, dan buah. Akar buah naga hanyalah akar serabut yang berkembang dalam tanah pada batang atas sebagai akar gantung. Akar tumbuh di sepanjang batang pada bagian punggung sirip di sudut batang. Pada bagian duri, akan tumbuh bunga yang bentuknya mirip bungaWijayakusuma. Bunga yang tidak rontok berkembang menjadi buah. Buah naga bentuknya bulat agak lonjong seukuran dengan buah alpukat. Kulit buahnya berwarna merah menyala untuk jenis buah naga putih dan merah, berwarna merah gelap untuk buah naga hitam, dan berwarna kuning untuk buah naga kuning. Di sekujur kulit dipenuhi dengan jumbai-jumbai yang dianalogikan dengan sisik naga. Oleh sebab itu, buah ini disebut buah naga.

Batangnya berbentuk segitiga, durinya sangat pendek dan tidak mencolok, sehingga sering dianggap “kaktus tak berduri”. Bunganya mekar pada awal senja jika kuncup bunga sudah berukuran sekitar 30 cm. Mahkota bunga bagian luar yang berwarna krem, mekar sekitar pukul sembilan malam, lalu disusul mahkota bagian dalam yang putih bersih, meliputi sejumlah benang sari yang berwarna kuning. Bunga seperti corong itu akhirnya terbuka penuh pada tengah malam, karena itu buah naga dikenal sebagai night blooming cereus. Saat mekar penuh, buah naga menyebar bau yang harum. Aroma ini untuk memikat kelelawar, agar menyerbuki bunga buah naga.

Pembudidayaan buah naga

Batang bawah Naga merah
Batang bawah Naga merah

Pada umumnya, buah naga dibudidaya dengan cara stek atau penyemaian biji. Tanaman akan tumbuh subur jika media tanam porous (tidak becek), kaya akan unsur hara, berpasir, cukup sinar matahari dan bersuhu antara 38-40° C. Jika perawatan cukup baik, tanaman akan mulai berbuah pada umur 8-12 bulan. Buah naga sangat adaptif dibudidaya di berbagai daearah dengan ketinggian di 0-1200 m dpl. Hal terpenting adalah mendapatkan sinar matahari yang cukup merupakan syarat pertumbuhan buah naga merah.

Buah Naga merah
Buah Naga merah

Namun kini buah naga juga bisa dibudidayakan dalam pot diameter 60 cm, dengan media tanam pasir, pupuk kandang dan tanah dan di beri rambatan di tengah pot dan ban bekas sepeda motor. Dengan perawatan yang simple dan tidak ribet tanamna buah naga bisa berbuah walaupun dalam pot, dan jika ditaruh di depan rumah saat bunga mekar dan berbuah akan membuat decak kagum tamu yang berkunjung ke rumah kita. Syarat agar tanaman buah naga dalam pot berbuah adalah pemilihan batang bibit dari batang yang sudah pernah berbuah, terkena sinar matahari yang cukup dan kebutuhan nutrisi yang cukup.

Konsumsi

Kulit dan buah nagaBuah naga harus dibelah hingga daging buahnya terlihat ketika akan dikonsumsi. Tekstur buahnya sering disamakan denganbuah kiwi karena bijinya yang hitam dan renyah. Daging buahnya terasa agak manis ketika dimakan dan memiliki kandungankalori yang rendah. Biji buah naga memiliki rasa pedas serta kaya akan lipid[1] serta dimakan bersama dengan daging buahnya, namun bijinya harus dikunyah karena sulit dicerna oleh tubuh. Selain dimakan langsung, buah naga juga dapat diolah menjadi berbagai bentuk makanan dan minuman seperti sup, salad[2], keripik, agar-agar, jus buah[3], bubur mutiara[4], dan sebagainya.

 

Manfaat buah naga

Buah naga merah akhir akhir ini sering disorot sebagai salah satu buah yang memiliki banyak manfaat untuk membantu mengatasi dan membantu menyembuhkan berbagai penyakit. Mulai dari batang buah naga, daging buah naga, sampai dengan kulit buah naga juga memiliki banyak kandungan vitamin dan zat yang sangat bermanfaat. Dokter juga sangat merekomendasikan buah naga merah, sebagai buah konsumsi yang bisa di gunakan untuk terapi dalam penyembuhan suatu penyakit.

Berikut ini beberapa manfaat dari buah naga:

          • Buah naga merah membantu menyembuhkan penyakit kanker, kandungan vitamin kompleksnya, sudah direkomendasikan oleh dokter sebagai buah terapi penyembuhan kanker.
          • Mempercantik penampilan, dengan kandungan vitamin C nya yang tinggi, buah naga merah membantu menjaga kesehatan kulit, bahkan buah dan kulitnya juga bisa digunakan sebagai bahan lulur.
          • Karena rasa manis buah naga merah bukan berasal dari glukosa, maka buah naga merah juga bisa untuk membantu menyembuhkan penyakit diabetes.
          • Menjaga kesehatan dan stamina, dengan kandungan antioksidan dan vitaminnya.
          • Mencegah penyakit osteoporosis atau pengapuran tulang, karena buah naga merah mengandung banyak kalsium organik.
          • mengandung vitamin B3 yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dan untuk menyembuhkan penyakit batuk dan asma hingga dapat mengatasi tekanan darah tinggi.[5]

Penghasil Pundi-pundi Rupiah

panen pepaya dan buah naga

“Budidaya buah ini tidak terlalu sulit, lahan marginal pun tidak perlu subur, seperti yang dilakukan ir rasmidi dilahan bekas galian tambang pasir C.sembilan bulan sudah panen, harganya bagus “tutur kepada wartawan yang berbincang bincang denganya kemarin.Bahkan sekarang kebunya jadi kunjungan agrowisata anak-anak sekolah, komunitas sepeda cilegon, bahkan komunitas motor besar dan klub-klub mobil untuk berkunjung ke waras farm.

Buah naga dikembangkan melalui stek. Sebelum ditanam bibit buah naga dibibitkan di ploybag. Setelah bertunas baru ditanam dilahan. Untuk ukuran 1,5 borong miliknya ia menanam 1000 batang dilahan kurang lebih 1 hektar. Satu batang budidaya sampai panen membutuhkan biaya Rp 190 ribu rupiah.

“Sudah termasuk biaya pipa tempat media tanam, pemupukan dan perawatan,”jelasnya.

Sinaga Merah Dari Ujung KulonBuah naga baru bisa dipanen buahnya setelah berumur 9 bulan. Namun untuk menyiasati pemasaran pemanenan secara bertahap,sebulan bisa empat kali panen. Minggu pertama panen 100 kilogram jadi sebulan total panen 400 kilogram. Terus bergiliran panen bertahap apalagi tiap minggu ada saja kunjungan anak-anak sekolah dan komunitas.

Buah naga memang sangat dicari mayarakat disamping rasanya yang manis juga dipercaya masyarakat berkhasiat sebagai obat. Pemasaran tidak melalui pedagang, Ia menjual langsung buah di kebunya dengan konsep agrowisata sensasi memetik langsung. Harga buah naga 30 ribu per kilogram. Jadi total pendapatan per bulan mencapai 12 juta rupiah.

” Untuk pemasaran jangan takut,buah ini dicari masyarakat, sebentar aja di promosikan di media sosial ludes terjaul,”katanya.

Tidak cukup dengan pundi-pundi uang jutaan rupiah mengalir setiap bulan dari buah naga, disela-sela pohon buah naga ia menanam cabe rawit dan pepaya calina juga pembibitan aneka tanaman buah. Saat ini cabe buah  itu sudah bisa dipanen.

Pertumbuhan cabe dibawah buah naga tidak tergangu dan menghasilkan buah banyak. Satu minggu dari cabe saja ia mengantongi uang Rp 225 ribu per pekan. Jadi perbulan bisa Rp 900 ribu.

” Diselanya ada tanam cabe seperti ini tumpang sari namanya,”terang Pria yang juga pernah bekerja diperkebunan selama 20 tahun.

Ia berharap usaha yang digelutinya dicontoh petani lain di Cilegon,terutama pemilik lahan kosong bekas galian pasir ukuran sempit tidk masalah guna menambah pendapatan keluarga.Ia juga siap membagikan ilmu tentang budidaya buah naga kepada petani lain.

Petik Buah Naga
Petik Buah Naga

Waras farm juga melayani pembelian tanaman buah dan tanaman pelindung, juga menjual bibit buah naga yang dalam pot yang siap berbuah.

One thought on “Buah Naga Tanaman Pembawa Rezeki

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s