Manfaat Daun Dan Khasiat Pandan Wangi

pandanPernah dengar nama cocopandan? ya pasti semua tahu minuman yang tersaji dalam sirup dengan rasa cocopandan merupakan salah satu minuman favorit karena rasanya yang segar dan aromanya yang harum. Lalu apa hubungannya dengan pandan wangi?

Daun pandan rupanya juga tak hanya dijadikan sebagai bahan pewarna alami untuk bahan makanan ataupun bahan kain namun juga dapat diolah sebagai salah satu hidangan minuman yang cukup menyegarkan dan menyehatkan. Bagi para ibu rumah tangga jelas sangat akrab dengan daun yang satu ini karena aroma dari daun pandan ini sangat menggairahkan dan meningkatkan nafsu untuk memakan makan tersebut.

Resep-Kue-Ape-PandanPandan Wangi atau yang dalam bahasa latin bernama Pandanus amaryllifolius Roxb merupakan salah satu tanaman yang biasanya tumbuh di sekeliling rumah atau dipagar-pagar dengan kondisi tanah yang lembab. Terlepas dari hal diatas ternyata daun pandan juga memiliki khasiat dan manfaat tersendiri bagi kesehatan tubuh kita.

Sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan beberapa kandungan yang ada di daun pandan yang diunggah di situs wikipedia. Beberapa kandungan tersebut diantaranya senyawa alkaloida, saponin, flavonoida, tanin, polifenol, dan zat warna.

Daun Pandan

Alkaloida

Alkaloid adalah senyawa organik yang terdapat di alam bersifat basa atau alkali dan sifat basa ini disebabkan karena adanya atom N (Nitrogen) dalam molekul senyawa tersebut dalam struktur lingkar heterosiklik atau aromatis, dan dalam dosis kecil dapat memberikan efek farmakologis pada manusia dan hewan.

Saponin

Saponin merupakan senyawa dalam bentuk glikosida yang tersebar luas pada tumbuhan tingkat tinggi. Saponin membentuk larutan koloidal dalam air dan membentuk busa yang mantap jika dikocok dan tidak hilang dengan penambahan asam

Flavonoida

Flavonoid adalah suatu kelompok senyawa fenol yang terbesar yang ditemukan di alam dan terkandung pada tumbuhan, baik di daun, batang, buah maupun bunga. SENYAWA FLAVONOID merupakan senyawa metabolit sekunder yang terdapat pada tanaman hijau, kecuali alga.

Tanin

Tanin secara umum didefinisikan sebagai senyawa polifenol yang memiliki beratmolekul cukup tinggi (lebih dari 1000) dan dapat membentuk kompleks denganprotein.

Polifenol

Polifenol (polyphenol) merupakan senyawa kimia yang terkandung di dalam tumbuhan dan bersifat antioksidan kuat. Polifenol adalah kelompok antioksidan yang secara alami ada di dalam sayuran (brokoli, kol, seledri), buah-buahan(apel, delima, melon, ceri, pir, dan stroberi), kacang-kacangan (walnut, kedelai, kacang tanah), minyak zaitun, dan minuman (seperti teh, kopi, cokelat dan anggur merah/red wine). Polifenol umumnya banyak terkandung dalam kulit buah, sehingga ada benarnya kalau kita dihimbau untuk mengkonsumsi apel dan bit beserta kulitnya.

Dari hal diatas nampak jelas bahwa memang benar jika daun pandan memiliki khasiat dan manfaat yang besar bagi kesehatan.

Berikut beberapa Manfaat Daun Pandan Wangi Bagi Kesehatan beserta cara menggunakannya :

  • Obat alami penambah nafsu makan

Untuk membuat obat herbal penambah nafsu makan, sediakan 2 lembar daun tanaman pandan kemudian rebus dengan 2 gelas air putih sampai tersisa 1 gelas, tambahkan madu atau gula sebagai pemanis. Agar manfaat daun pandan diserap secara maksimal, minum ramuan tersebut secara teratur 2 kali sehari.

  • Menurunkan darah tinggi

Khasiat daun pandan wangi untuk menurunkan darah tinggi bisa anda peroleh dengan membuat ramuan alami 2 lembar daun tumbuhan pandan yang direbus memakai 2 gelas air. Minum setiap pagi dan sore hari supaya darah tinggi anda kembali normal.

  • Obat herbal rematik dan pegal linu

Sediakan 3 lembar daun pandan wangi lalu iris tipis-tipis, seduh dengan 1/2 gelas minyak kelapa yang sudah dipanasi. Kemudian aduk sampai daun menjadi layu dan tunggu hingga dingin. Campurkan ramuan tadi dengan minyak kayu putih secukupnya lalu oleskan pada bagian tubuh yang terkena rematik atau pun pegal linu.

  • Menenangkan rasa gelisah dan obat galau

Manfaat daun pandan wangi untuk kesehatan juga bisa digunakan untuk membuat ramuan tradisional penenang pikiran. Saat anda merasa gelisah, Siapkan 3 lembar daun ini kemudian cuci sampai bersih. Seduh dengan segelas air panas dan tambahkan 1 sendok teh madu manis, minum ramuan selagi hangat.

Dari berbagai sumber

One thought on “Manfaat Daun Dan Khasiat Pandan Wangi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s