Manfaat dan Khasiat Daun Anting-Anting Bagi Kesehatan

anting-anting
anting-anting

Apakah anda tahu tanaman anting-anting? Tanaman ini juga disebut tanaman akar kucing. Orang Sunda menyebutnya rumput kokosan. Tanaman ini tumbuh liar, dapat kita temukan di pinggir-pinggir jalan, samping rumah yang tidak dibeton yaa😦 atau lapangan berumput.

Manfaat tanaman anting-anting bagi kesehatan ternyata sangat banyak. Tanaman Anting-anting sendiri sangat mudah dijumpai di sekitar lingkungan rumah. Tanaman ini tumbuh secara liar dan memiliki nama latin Acalypha australis linn yang merupakan keluarga dari Euphorbiaceae. Di Cina tanaman ini disebut dengan nama Tie Xian.

Kebanyakan orang tidak mengetahui manfaat dari anting-anting, bahkan mereka beranggapan tanaman ini mengganggu karena mengotori lingkungan di sekitar rumah. Padahal seluruh bagian tanaman anting-anting ini dapat digunakan sebagai obat tradisional yang bisa dikonsumsi secara segar ataupun kering.

Khasiat anting-anting ini untuk kesehatan sangat banyak salah satunya adalah dipercaya memiliki efek Farmakologis yaitu antibiotik, peluruh seni, mampu menghentikan pendarahan, anti radang dan anstrigent.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Anting-Anting

Copy-of-Anting2Tanaman ini mengandung zat saponin dan tanin (Tersono, 2006). Pada penelitian yang dilakukan oleh Khairrunnisa pada tahun 2013 menyatakan bahwa tanaman anting-anting mengandung alkaloid, flavonoid, saponin, tanin dan steroid, kandungan zat-zat tersebutlah yang membuat tanaman anting-anting berpotensi sebagai tanaman herbal untuk mengobati asam urat.

Bagian dari tanaman ini yang dapat digunakan untuk mengobati asam urat adalah akarnya, cara mengolahnya adalah sebagai berikut :

Akar anting-anting

1. Ambil 30-60 gram akar kering anting-anting

2. Cuci hingga bersih

3. Rebus dengan 3 gelas air hingga menjadi ½ gelas air

4. Tunggu sampai dingin dan saring
5. Minum 3 kali sehari masing-masing ½ gelas

Berak darah, Mimisan dan Batuk

Anting-anting dapat mengobati berak darah, mimisan dan batuk. Untuk menerapkannya Anda siapkan 30-60 gram anting-anting kering. Kemudian direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Lalu dinginkan dan diminum 2 kali sehari sekali minum 1/2 gelas.

Disentri

Disentri juga bisa diobati dengan Anting-anting, caranya sama dengan cara mengobati berak darah, mimisan dan batuk. Hanya saja minum ramuan ini secara teratur 5-10 hari.

Diare dan Muntah Darah

Untuk mengobati diare dan muntah caranya sama yaitu dengan menyiapkan 30-60 gram anting-anting kering kemudian di rebus dengan 2 gelas air hingga tersisia 1 gelas saja. Lalu minum 2 kali sehari masing-masing 1/2 gelas

Pendarahan dan Luka Bakar

Untuk mengatasi pendarahan dan luka bakar cukup lumatkan anting-anting segar secukupnya lalu campur dengan gula pasir secukupnya. Kemudian tempelkan pada bagian yang luka.

Sumber: ILMCI.com, polahidupsehat.web.id

One thought on “Manfaat dan Khasiat Daun Anting-Anting Bagi Kesehatan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s