Pemangkasan, Cara Agar Srikaya Jumbo Berbuah Lebat

Srikaya-waras-farm-2Banyak dikalanngan pecinta tanaman buah terutama srikaya mengeluhkan kenapa tanamanya waktu dibeli bibit tanaman buah bisa berbuah, tetapi saat di tanam di rumah kok tidak bisa berbuah?Nah Apabila anda memiliki buah srikaya new varietas yang selalu tumbuh memanjang dan jarang sekali berbunga dan berbuah. Kalaupun bercabang, mungkin sedikit. Akibatnya bunga yang mestinya muncul di ujung cabang juga minim. Salah satu cara yang bisa ditempuh agar srikaya new varietas anda agar rajin berbunga dan berbuah adalah pemangkasan dan pemotongan cabang.

Berikut ini langkah-langkahnya:
  1. Bibit asal susuan dipelihara selama 1,5 tahun. Kemudian pangkas 2-3 daun yang ada di ujung cabang dan sisakan tangkai daun sepanjang 2-4 mm.
  2. Selang 6-10 hari tumbuh tunas baru dari bekas pangkasan yang disusul bakal bunga.
  3. Biarkan bunga membesar, lalu potong setengahnya ketika masih kuncup.
  4. Satu bulan kemudian muncul bakal buah. buah dipelihara dan diseleksi ketika sudah sebesar kelengkeng.
  5. Saat ukuran panjang 6 cm bungkus buah agar mulus. Buah dipanen 3 bulan sejak bunga muncul.

Perlu diingat sebaiknya pemangkasan dilakukan awal musim hujan karena peluang berbunga lebat lebih besar daripada saat pemangkasan di musim kemarau. Selain pemangkasan, ada juga faktor lain yang mempengaruhi produksi buah per pohon. faktor tersebut adalah waktu kematangan putik dan benang sari. Pada srikaya, putik matang lebih dulu daripada benang sari, oleh karena itu agar jumlah buah yang didapat lebih maksimal, penyerbukannya perlu dibantu.

Pemangkasan sebaiknya dilakukan pada tanaman minimal umur 1,5 tahun dari bibit asal susuan. Jika kurang dari itu, pasokan makanan untuk memproduksi dan membesarkan buah belum memadai. Akibatnya buah yang dihasilkan sedikit dan ukurannya kecil. Paling hanya 1-2 buah per pohon.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, pemangkasan mesti tepat. Untuk memacu munculnya tunas bunga, memotong 2-3 daun di ujung ranting dengan menyisakan sekitar 2-4 mm tangkai daun. Selang 3 hari tangkai daun yang tersisa menguning dan rontok. Nah, dari bekas tangkai daun itulah keluar tunas baru yang disusul bakal bunga. Setelah dipangkas, tanaman diberi pupuk NPK seimbang sebanyak 1 sendok makan. Fungsinya untuk merangsang tunas cepat muncul.

Srikaya dan Kutu Putih
Srikaya dan Kutu Putih

Selain pemangkasan, faktor yang mempengaruhi produksi buah per pohon adalah waktu kematangan putik dan benangsari. ‘Pada srikaya, putik matang lebih dulu dibandingkan benangsari,’. Makanya agar jumlah buah yang dihasilkan maksimal penyerbukan perlu dibantu. Cara yang lazim dilakukan dengan mengoleskan serbuksari dari satu bunga ke kepala putik di bunga lain menggunakan kuas. Supaya putik mudah diolesi, seludang bunga pembungkus putik dibuka lebih dulu.

Sebulan pascapemotongan bunga muncul bakal buah. Agar hara tercukupi nutrisi memberikan 1 sendok teh pupuk NPK seimbang 2 minggu sekali. Selain itu, jangan lupa kebutuhan air banyak saat berbunga dan berbuah. Jika kurang air, bunga rontok dan pentil buah berwarna hitam kemudian gugur. Oleh karena itu  setiap hari disiram hingga air keluar dari pot untuk tabulampot. ‘Itu tandanya penyiraman sudah merata.

Sementara new varietas yang ditanam di kebun dibuatkan gundukan mengelilingi batang dengan panjang jari-jari 0,5 m. Lalu di akhir gundukkan itu dibuat cekungan sedalam 5 cm. Nah, penyiraman dilakukan 3 hari sekali ke gundukan hingga air memenuhi cekungan.

Buah yang muncul kemudian diseleksi. Hanya buah yang terlihat simetris dan bulat yang dipertahankan. ‘Bila dalam satu cabang terdapat 2 buah berjarak kurang dari 20 cm, buang satu itu. Tujuannya agar ukuran buah maksimal dengan pasokan makanan cukup.

Srikaya Jumbo
Srikaya Jumbo

Agar penampilannya mulus dan terhindar hama, buah dibungkus sejak berukuran panjang 6 cm. Pembungkus sebaiknya transparan atau yang bisa meneruskan sinar sehingga buah masih mendapat cahaya matahari. Itu agar penampilan mulus, kuning, dan menarik.

Cabang yang ‘menggendong’ buah disangga agar tak patah. Maklum, bobot buah rata-rata 600 g. Dengan pemangkasan cabang dan pemotongan bunga. Silahkan dicoba dan dipraktekan semoga pohon srikaya anda bebruah lebat dan besar-besar. salam wong tani

sumber : Trubus, cara manfaat dll

2 thoughts on “Pemangkasan, Cara Agar Srikaya Jumbo Berbuah Lebat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s