Agar Tanaman Buah Mangga Cepat Berbuah

Mangga Chokanan Thailand
Mangga Chokanan Thailand
Okyong
Okyong

Setiap petani atau hobies yang suka menanam tanaman buah-buahan, pasti hal utama yang paling di tunggu-tunggu adalah hasil panennya yang melimpah dan hasil buahnya yang berkualitas. Apalagi bagi tanaman yang sebenarnya mudah dalam hal perawatannya, namun terkadang mengalami kesulitan dalam berbuah, karena perawatannya yang kurang sesuai, seperti pada tanaman buah mangga. Banyak orang mengeluh kok mangga saya susah berbuah atau lama berbuah. Tidak semua pohon mangga dapat menghasilkan buah dengan cepat dan dengan jumlah yang banyak. Namun tak usah khawatir sekarang ada beberapa cara untuk menghasilkan buah dengan cepat dan banyak. Tentunya harus ada perawatan yang tepat dan sesuai yang harus anda lakukan pada pohon mangga anda. Berikut ini ulasannya :

1. Kelembaban Tanah

Pastikan kelembaban tanah pada pohon mangga dalam tingkatan yang sedang  artinya tidak terlalu kering dan tidak terlalu basah. Bila kondisi tanah terlalu kering maka pohon mangga akan cepat memproduksi daun tetapi akan mudah juga daun tersebut berguguran. Jika terlalu basah maka pohon mangga akan cenderung banyak memproduksi daun. Pastikan saja kelembabannya dalam tingkat yang sedang.
2. Sirkulasi Udara

Pohon mangga suka dengan sirkulasi udara yang mengalir, leluasa. Jika tanaman disekitar pohon rapat maka akan menyebabkan pohon susah berbunga, oleh karena itu pohon mangga yang terlalu rapat akan kesulitan berbuah lebat.
3. Lakukan Pemangkasan

Lakukanlah pemangkasan pada dahan yang sekiranya tidak berguna, agar nutrisi yang ada dapat difokuskan untuk bunga bakal buah. Selain itu pemangkasan dapat menjadikan sirkulasi udara menjadi lebih leluasa mengalirkan udara pohon mangga.
4. Lakukan Pemupukan

Pemupukan bisa merangsang pertumbuhan bakal buah mangga. Lakukanlah pemupukan dengan memberikan unsur fosfor sebagai perangsang pembungaan dan kalium sebagai pengatur nutrisi sehingga bakalan buah tidak mudah rontok. Anda dapat bertanya pada toko yang menjual berbagai macan pupuk untuk tanaman.
5. Berantas Hama

Aneka Bibit Mangga
Aneka Bibit Mangga

Hama yang menempel pada pohon mangga biasanya terdapat pada dahan dan daunnya. Ada yang berwarna hitam legam dan menyebabkan keringnya daun mangga. Jika Anda menemukan hal seperti itu segera bersihkan hama tersebut, anda bisa menggunakan pestisida namun tidak direkomendasikan.

Nah ada banyak sekali ternyata yang menyebabkan terhambatnya pertumbuhan pohon mangga sehingga sulit untuk berbuah. Bagi Anda yang yang menjadi petani tanaman buah, sudah pasti menginginkan buanhya dapat berbuah dengan lebat bukan? Coba saja cara di atas diterapkan dalam lahan tanaman buah mangga anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s