Manfaat Kembang Turi Dalam Lalapan Pecel

Deskripsi Bunga Turi
20140428_091803Bunga Turi adalah bunga dari tanaman turi yang mempunyai nama latin Sesbania Grandiflora. Fungsi bunga turi pada masyarakat jawa digunakan sebagai tanaman pagar pembatas ladang atau sawah. Kegunaan bunga turi tidak hanya untuk tanaman pembatas saja namun juga digunakan sebagai sayuran. Olahan bunga turi biasanya berupa oseng bunga turi / tumis bunga turi kadang juga di masak sebagai keripik bunga turi yang banyak memiliki kandungan nutrisi dan kandungan gizi. Jenis bunga turi ada dua dibedakan menurut warna bunganya, ialah turi berbunga warna putih, disebut sebagai turi putih, turi berbunga merah violet disebut turi merah. Budidaya bunga turi yaitu dengan cara menyamai biji dari bunga turi.

Ciri-ciri Morfologi dan Anatomi Bunga Turi

Bunga Turi ini dapat ditemukan di bawah 1.200 m dpl. Pohon bunga turi ‘kurus’ berumur pendek, tinggi 5-12 m, ranting kerap kali menggantung. Kulit luar tanaman turi  berwarna kelabu hingga kecoklatan, tidak rata, dengan alur membujur dan melintang tidak beraturan, lapisan gabus mudah terkelupas. Di bagian dalam berair dan sedikit berlendir. Percabangan baru keluar setelah tinggi tanaman sekitar 5 m. Daun bunga turi majemuk yang letaknya tersebar, dengan daun penumpu yang panjangnya 0,5-1 cm. Panjang daun 20-30 cm, menyirip genap, dengan 20-40 pasang anak daun yang bertangkai pendek. Helaian anak daun berbentuk jorong memanjang, tepi rata, panjang 3-4 cm, lebar 0,8-1,5 cm. Bentuk bunga dan struktur bunga turi, bunganya besar dalam tandan yang keluar dari ketiak daun, letaknya menggantung dengan 2-4 bunga yang bertangkai, Bagian bunga turi kuncupnya berbentuk sabit, panjangnya 7-9 cm. Bila mekar, bunganya berbentuk kupu-kupu. Ada 2 varietas, yang berbunga putih dan berbunga merah. Buah bentuk polong yang menggantung, berbentuk pita dengan sekat antara, panjang 20-55 cm, lebar 7-8 mm. Biji 15-50, letak melintang di dalam polong.

Nama Daerah Bunga Turi :

kembang turi merah

Turi, toroy, (Jawa). turi (Sumatera). tuli, turi, turing, ulingalo,; suri, gongo gua, kaju jawa (Sulawesi). tuwi, palawu, kalala; gala-gala, tanumu, ghunga, ngganggala (Nusa tenggara)

Klasifikasi Bunga Turi

Kingdom     : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi          : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas           : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas    : Rosidae
Ordo            : Fabales
Famili          : Fabaceae (suku polong-polongan)
Genus          : Sesbania
Spesies        : Sesbania grandiflora Pers
Kandungan  Kimia Bunga Turi
Pecel Kembang Turi
  • Kulit batang tanaman turi mengandung: Tanin, egatin, zantoagetin, basorin, resin, calsium oksalat, sulfur, peroksidase, zat warna.
  • Daun tanaman turi mengandung: Saponin, tanin, glikoside, peroksidase, vitamin A dan B.
  • Bunga turi mengandung : Kalsium, zat besi, zat gula, vitamin A dan B

DSC03895

Berikut ini manfaat bunga turi untuk kesehatan dan pengobatan tradisional, disertai dengan cara membuat ramuannya.

1. Mengobati Sariawan
Untuk mengobati saiawan, ambillah kulit batang segar pohon bunga turi lalu diremas-remas dalam air. Kemudian airnya dipakai untuk berkumur. Bisa juga dengan merebus kulit batang pohon turi, lalu air rebusannya diminum.

2. Sakit Tenggorokan
Selain mengobati sariawan, bunga turi juga bisa dipakai untuk mengatasi sakit tenggorokan. Caranya, ambil segenggam daun turi lalu diremas-remas dalam air matang. Gunakan air tersebut untuk berkumur hingga ke tenggorokan.

3. Radang tenggorokan
Segenggam daun turi merah direbus dengan air bersih secukupnya. Setelah dingin, airnya disaring dan dipakai untuk kumur-kumur. Lakukan sebanyak 4 kali sehari.

4. Disentri dan berak darah
Kulit batang dari pohon turi yang bunganya merah sebesar ibu jari direbus dengan 2 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, airnya disaring lalu diminum. Lakukan 2 kali sehari.

5. Kuku Bengkak
Untuk mengobati kuku jari bengkak akibat tersandung atau terpukul. Daun secukupnya dicuci bersih lalu ditumbuk halus. Taruh diatas kuku yang sakit dan kulit sekitarnya, lalu dibalut. Ganti 2-3 kali sehari. Bekuan darah di bawah kuku akan hilang dan sakitnya akan berkurang.

6. Mengobati Keputihan
Keputihan merupakan penyakit wanita yang disebabkan oleh jamur Candida. Untuk mengatasinya, ambil segenggam daun turi putih dan kunyit sebesar ibu jari, dicuci bersih lalu digiling hingga halus. Tambahkan 3/4 cangkir air minum, diaduk merata lalu diperas dan disaring. Minum air ramuan tersebut sebanyak 2 kali sehari.

7. Mengobati Batuk
Ambil segenggam daun turi merah dan segenggam daun inggu. Cuci bersih dan ditumbuk hingga halus. Tambahkan perasan air jeruk nipis dan aduk hingga rata. Airnya diperas lalu diminum.

8. Batuk Berdahak
Selain daunnya, akar turi juga berkhasiat mengobati batuk berdahak. Caranya ambil satu ruas jari akar turi kemudian ditumbuk hingga halus. Tambahkan dengan 1/2 cangkir air matang dan 1 sendok makan madu. Aduk rata, kemudian diperas dan minum airnya.

9. Demam Nifas
Daun turi ditumbuk halus, kemudian tambahkan 3/4 cangkir air matang dan sedikit garam. Airnya disaring lalu diminum.

10. Hidung berair dan Sakit Kepala
Ambil satu genggam daun dan bunga turi kemudian ditumbuk hingga halus. Tambahkan setengah cangkir air matang, saring dan minum airnya.

11. Cacar air dan demam
Jika anak Anda mengalami demam karena cacar air, ambil kulit batang kembang turi sebesar ibu jari, kemudian direbus dengan air secukupnya. Setelah dingin airnya disaring, dan diminum.

12. Badan Pegal Linu
Ambil akar dari pohon turi berbunga yang merah secukupnya, digiling halus, tambahkan sedikit air sampai menjadi adonan seperti bubur. Gosokkan ramuan tersebut ke bagian badan yang sakit.

13. Menambah ASI
Bagi ibu menyusui yang susah keluar ASI atau keluarnya sedikit bisa diatasi dengan mengkonsumsi kembang turi. Caranya bisa menggunakan bunga turi putih atau daun turi muda yang dijadikan lalap lalu dimakan seperti makan lalapan biasa.

Selain berguna sebagai tanaman hias dan tanaman peneduh, ternyata pohon turi memiliki manfaat lain yaitu untuk pengobatan tradisional. Jadi, tidak salah jika Anda menanam kembang turi di halaman rumah.

2 thoughts on “Manfaat Kembang Turi Dalam Lalapan Pecel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s