Cara Menumbuhkan Daun Bawang Bekas Dapur Dengan Air

Daun bawang Hidroponik
Daun bawang Hidroponik

Bagaimana ya cara menyediakan daun bawang yang masih segar dan tidak harus beli di pasar?

Ada cara mudah dan sederhana menanam daun bawang di dalam rumah tanpa harus menghabiskan media tanah. Caranya adalah dengan memanfaatkan sebuah gelas atau botol minuman kemasan.

Langkah 1.

Pilih media yang tepat untuk menumbuhkan daun bawang secara hidroponik. Bisa gelas bekas atau tempat plastik bekas atau botol plastik bekas.

Pastikan kedalamannya setidaknya 15 cm.

Langkah 2.

Potong polystyrene foam untuk diletakkan di dalam media. Bisa juga memakai sabut kelapa atau spons.

Langkah 3.

Beri lubang foam/sponge untuk media menancapkan daun bawang

Langkah 4.

Beri pupuk khusus tanaman hidroponik agar terhindar dari aneka penyakit tanaman.Biarkan saja 3-4 minggu dan daun bawang Anda siap dipanen tanpa harus membeli terlebih dahulu di pasar.

Kendala yang pernah saya alami, adalah:
1. Menaruh bibit nya kurang dalam.
Ini bisa membuat bibit kekurangan nutrisi dan mati.
Akhirnya saya tanam ulang, kira2 dekat dengan dasar gelas plastik nya.
Sebelumnya dekat dengan permukaan Arang Sekam nya.

2. Cahaya, tempat yang saya pakai buat menaruh botol kurang cahaya nya,
sehingga tanaman Selada jadi KuTiLang, yaitu Kurus, Tinggi dan Langsing.
Tapi Daun nya tetep besar besar dan subur.

Proses mulai menaruh bibit sampai panen, membutuhkan kira kira 1,5 bulan.

Jika anda ingin membuat ini sebagai usaha, bisa anda bagi menjadi dua tahap:
1. Penyemaian.
2. Pembesaran.

Dan itu anda bikin rotasi, jadi saat anda mulai proses Pembesaran, maka anda juga lakukan Penyemaian,
Setelah yang di Pembesaran sudah panen, anda bisa langsung memindahkan yang ada di Penyemaian ke Pemindahan, dan seterusnya lakukan seperti itu.

Bahan bahan yang saya pakai:
1. Botol Pocari Sweat yang 2 Liter.
2. Gelas Plastik bekas, saya ambil bekas Aqua, Teh Gelas, Fruit Tea, etc
3. Arang Sekam, saya beli di toko bunga, satu bungkus ukuran bungkus beras 5kg harganya 5 ribu.
4. Pupuk Nutrisi AB Mix.
5. Kresek Hitam.

Alat alat:
1. Gunting.
2. Lakban.
3. Kresek Hitam.

Kresek Hitam bisa di ganti bahan lain, asalkan bisa mem blokir cahaya matahari agar tidak masuk mengenai Air Nutrisi, fungsinya agar di dalam botol tidak di tumbuhi lumut.
Air Nutrisi nya tidak hanya menyuburkan Tanaman yang kita tanam, tapi juga menyuburkan Lumut.

Botol sebaiknya cari yang besar, agar bisa menampung Air Nutrisi lebih banyak.
Dengan Air Nutrisi yang banyak, maka akan membuat kita bisa semakin lama jeda pengecekan Air Nutrisi nya.
Saya sendiri dengan Botol Pocari 2 Liter, itu saya isi hampir menyentuh permukaaan, kira kira saya isi 1,5 Liter Air Nutrisi.
Dengan Jumlah Air Nutrisi sebanyak itu, saya hanya perlu mengecek satu minggu sekali.

Kebutuhan Air Nutrisi paling banyak saat 2 minggu terakhir, dalam seminggu bisa menghabiskan 1,5 Liter Air Nutrisi.
Karena pada 2 minggu terakhir, Tanaman sudah mulai besar, dan itu butuh Nutrisi banyak.

Saya menanam di Empat Botol, dengan 2 Botol saya tanam 1,5 bulan yang lalu dan yang 2 Botol itu saya tanam dengan jeda 2 minggu-an.
Asalkan tanaman terkena sinar matahari dengan baik, maka tanaman akan tumbuh subur.

3 thoughts on “Cara Menumbuhkan Daun Bawang Bekas Dapur Dengan Air

Leave a Reply

