Fase Perubahan warna Jambu Jamaika

Jambu jamaika merah merona
Jambu jamaika merah merona

Siapa yang tidak tergiur akan nikmat dan segarnya jambu air?  Jenis jambu yang satu ini memang menggugah mata sebab warnanya merah hitam cerah. Tak hanya ini, jambu air juga merupakan salah satu buah pelepas dahaga yang sangat baik. Jambu air cukup mudah dijumpai di keseharian masyarakat. Sama seperti buah mangga, ia cenderung ditanam di pekarangan rumah warga. Jambu air ini tak hanya nikmat, ia juga memiliki sejumlah khasiat baik itu dalam hal kecantikan maupun kesehatan. Karena itu, konsumsi rutin jambu air adalah hal yang cerdas. Salah satu jenis jambu air yang wajib Anda tanam di pekarangan rumah Anda adalah jambu jamaika. Pernah mendengar nama jambu ini? Ia cukup populer berkat rasa dan ukuran buahnya yang wah. Biasa juga disebut sebagai jambu bola tau jambu darsono.

Bakal Bunga
Bakal Bunga

Seperti kita ketahui saat ini Jambu Jamaica telah menjadi salah satu jenis buah yang banyak dicari di berbagai swalayan dan dihargai dengan harga yang cukup tinggi Rp.15.000-Rp.20.000/kg, dengan isi /kg bisa 3-5buah, weeeeewww…… cukup jumbo. Jambu Jamaica dapat berbuah cepat, lebat dan manis, selain sebagai tanaman buah juga berfungsi sebagai tanaman pelindung. kamiWaras Farm, Cilegon” menjual bibit Jambu Jamaica dengan berbagai jenis ukuran, mulai dari ukuran 40cm-100cm bahkan kami menyediakan yang berukuran 2 meter dan sudah berkali-kali berbuah.

Sejak dirilis tahun 2000 Jambu Jamaika digadang-gadang sebagai Jambu Bol Jumbo yang manis.Buah jambu jamaica bisa dipanen dalam waktu relatif singkat kurang dari 2 tahun dari bibit okulasi atau cangkok, selain itu sama sekali tidak bergantung musim, sehingga jika dikembangkan menjadi tanaman industri perkebunan jelas sangat menguntungkan.

 Mengenal Jambu Jamaika

Bunga Jambu Jamaika
Bunga Jambu Jamaika

 

Jambu jamaika dalam bahasa inggris dikenal dengan nama Malay Apple. Nama ini melekat boleh jadi karena warnanya yang memang merah pekat. Jambu jamaika ini juga bagi sebagian orang dikenal dengan nama Jambu Darsono. Tak ada yang tahu alasan khusus di balik pemberian nama tersebut. Jambu jamaika ini bernama latin Syzygium malaccense yang secara harfiah bisa diartikan berasal dari malaka. Hal ini memang merujuk pada asalnya yang memang dari wilayah Melayu.

Bentuk jambu jamaika memang jumbo bila akan masak, tetapi ada sedikit yang harus diketahui bahwa walaupun jambu sudah berwarna merah belum tentu jambu sudah masak, karena memang jambu ini berwarna dasar merah saat mentah ataupun saat sudah masak, perbedaannya adalah jika mentah jambu cenderung berwarna merah muda dan jika masak jambu berwarna merah darah.

Fase perubahan warna jambu Jamaika

Banyak mungkin yang bertanya, mengapa jambu air yang satu ini diberi nama “jamaika”. Apa ia berasal dari jamaika? Tidak ada yang tahu pasti di mana jambu nikmat yang satu ini berasal. Nama jamaika mungkin melekat oleh karena warnanya yang merah hitam pekat. Pada saat buah jambu jamaika masih muda, warna kulit buahnya putih cerah kemudian berubah warna merah cerah dan pada saat ia matang, warna tersebut akan menjadi merah yang sangat pekat mendekati hitam. Buah jambu yang satu ini memiliki ukuran yang jumbo. Sepintas ia tampak seperti jambu jenis bol. Namun sebenarnya berbeda.

Soal rasa, jambu yang satu ini cukup nikmat dan tentunya manis. Dalam keadaan segar, daging buahnya terasa gurih saat digigit. Dagingnya juga jauh lebih padat dan lembut jika dibandingkan dengan jenis jambu air lainnya. Jambu ini masih langka di pasaran sebab memang yang membudidayakannya masih terbatas. Hal ini juga yang menjadikan harganya masih tinggi jika dibandingkan dengan jenis jambu air lainnya.

Jambu jamaika berbuah sepanjang tahun, anehnya pohon jambu jamaika akan terus berbuah jika memang musim hujan sedang berlangsung, jambu akan berkembang pesat jika hujan selalu turun, dan sebaliknya jika panas terus – menerus maka jambu sukar untuk berbuah. Maka jambu jamaika sangat cocok ditanam di daerah dengan curah hujan yang tinggi seperti Bogor. Namun bukan berarti di daerah lain tidak bisa, tetap saja bisa ditanami pohon jambu jamaika dan bisa berbuah kurang lebih setelah tiga tahun setelah menanam bibit jambu tersebut.

Tidak banyak orang yang menjual jambu jamaika, tetapi bila ingin merasakan enaknya jambu jamaika bisa saja langsung menanam bibit jambu tersebut. Harga bibit jambu jamaika sedikit mahal, bisa mencapai lima puluh ribu per batang. Tetapi tidak akan menyesal nantinya jika sudah memetik hasilnya karena buah akan berbuah sepanjang tahun dan pohonnya yang menjulang tinggi akan tampak membuat halaman rumah nampak asri dan sejuk.

Dengan bentuk yang super besar maka jambu jamaika pastinya tidak akan kalah bersaing bila dijual di pasaran. Tetapi sampai saat ini kebanyakan justru para penjual hanya berminat menjual bibitnya saja tetapi jarang yang menjual buah jambu jamaika. Mungkin disebabkan karena kurangnya pengetahuan akan jambu jamaika tersebut yang membuat para penjual tidak menjual buah dari jambu jamaika tersebut.

Ketika pertama kali menikmati enaknya buah jamaika pastinya akan ketagihan karena memang rasanya nikmat dan daging buahnya sangat manis mengandung banyak air yang juga dapat menghilangkan rasa haus kita. Buah jambu jamaika tidak seperti buah jambu lainnya, jambu jamaika tidak cocok bila dimakan dengan menggunakan sambal, tenggorokan akan terasa gatal bila jambu jamaika dimakan berbarengan dengan sambal atau bahasa kerennya di rujak.

Ketika kita akan memetik buah jamaika pastikan daging buah sudah tidak keras artinya buah sudah masak sehingga rasanya enak untuk dimakan. Dari banyak pengalaman orang yang baru pertama kali memetik dan tidak tahu menau tentang jambu jamaika, mereka langsung memetik tanpa melihat aspek – aspek tersebut, sehingga besar kemungkinan yang mereka petik adalah buah jamaika yang masih mentah. Maka mereka pun merasa tertipu oleh bentuk dan warna buah jamaika.

Ingin rasanya berbagi enaknya rasa buah jambu jamaika, tetapi lihat dan pelajarilah dulu bentuk dan struktur buah agar nantinya tidak salah memilih jambu jamaika yang benar – benar masak. Rasanya yang lezat pasti akan menimbulkan rasa ketagihan. Tetapi bukan ketagihan karena obat terlarang, itu karena jambu jamaika yang super besar dan super enak.

Manfaat Jambu Jamaika

Jambu Jamaika

Secara umum, jambu jamaika ini mengandung sejumlah komponen senyawa yang sama seperti jambu air pada umumnya yakni vitamin c, vitamin A, air, thiamin, riboflavin, serat, karbohidrat, kalsium, dan masih banyak lagi lainnya. Oleh kerena itu, secara umum manfaat yang diperoleh jika kita mengkonsumsi jambu jamaika ini kurang lebih sama dengan manfaat jambu air lainnya. Adapun sederet manfaat yang bisa Anda dapatkan jika rutin mengkonsumsi jambu jamaika ini antara lain kulit yang cerah dan segar, pencernaan yang lebih baik, mata yang lebih cerah, buang air kecil jadi lebih lancar dan masih banyak lagi lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s