Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan

Sawo kecik enakBila ditanya, apakah anda kenal dengan buah sawo. Mungkin, jawaban sama. Kenal, Baunya, harum. Rasanya, manis. Dapat tumbuh, dimana saja. Termasuk, dihalaman dan belakang rumah. Apa lagi, dipelihara dalam satu kawasan, kebun Sawo. Bila dikonsumsi, ada banyak manfaatnya. Sebab, banyak mengandung Nutrisi dan daunanya, dapat pula jadi penyembuh penyakit Diabetes.Bagi, penyandang Penyakit DIABETES. Rebusan dari Daun Sawo, dan atau Daun Sawo Duren. Bisa dan dapat digunakan untuk menyembuhkan, penyakit Rematik dan DIABETES, alias Gula atau Kencing MANIS.

sawo kecikDalam bahasa lain, Sawo dikenal dengan nama Achras Sapotalilla, Shikoo dan atau Sapota. Katanya, buah Sawo  memiliki kandungan banyak zat dan memiliki aroma yang harum dan rasanya manis, harganya tidak mahal, serta mudah diperoleh dipasar, dan berbuah sepanjang musim.Buah sawo memiliki kandungan mineral yang cukup baik.  Sawo, katanya. Merupakan sumber kalium yang banyak. Hampir, 193Mg/100 Gram. Dari Buah Sawo, juga mengandung Kadar Natrium yang rendah, hanya 12 Mg/100 Gram.Bila dibandingkan, dengan kandungan  Kalium dan natrium, hanya mencapai 16 : 1, sehingga  Buah sawo sangat baik Jantung dan Pembulu Darah.

Buah Sawo / Sappodilla / Saoh (Bahasa Sambas, Kal-Bar) merupakan buah yang memiliki daging berwarna orange dan bercita rasa manis dan terasa agak sepat / kelat. Buah sawo umumnya tumbuh di daerah tropis yang tidak jauh dari daerah pantai.

Buah ini mengandung sejumlah nutrisi yang sengat baik untuk pencernaan, mata, penuaan dan mampu mencegah berbagai jenis kanker. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat yang terkandung dalam buah sawo.

Berikut Kandungan & Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan :

Sawo manis

Kesehatan mata

Sawo sangat bermanfaat untuk Kesehatan Mata. Hal terkait dengan kandungan vitamin A yang sangat kuat dalam bauh sawo. Vitamin A memelihara kesehatan mata dan melindungi dari kerusakan retina. Vitamin C juga sangat bermanfaat untuk mata. Vitamin C merupakan antioksidan kuat , melindungi kerusakan retina mata dari radikal bebas .

Sistem Kekebalan Tubuh

Sawo merupakan sumber yang kaya vitamin C. 100g Sawo mengandung 14,7 mg yang setara dengan 24,5% dari kebutuhan harian orang dewasa. Vitamin C merupakan antioksidan kuat, yang efektif untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Sawo juga mengandung tannin yang memiliki peran sebagai antivirus dan antibakteri. Jadi makan sawo dapat meningkatkan kekebalan untuk melawan pilek dan flu . Hal ini juga efektif untuk melindungi tubuh dari infeksi.

Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Buah Sawo kaya akan serat larut (100g sawo mengandung 5.3g serat) . Serat larut yang diperlukan untuk memperbaiki pencernaan . Hal ini sangat dianjurkan untuk mencegah dan menyembuhkan sembelit . Juga itu sangat efektif untuk melindungi dari infeksi di saluran pencernaan.

Mencegah Kanker

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa Sawo kaya akan antioksidan Vitamin C dan Vitamin A. Hal ini sangat bermanfaat untuk melindungi kerusakan sel dari radikal bebas. Radikal bebas aktif menghancurkan sel normal untuk mengubah fungsi mereka . Tapi antioksidan dari Vitamin C dan Vitamin A menetralkan radikal bebas untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.
Kaya serat dan antioksidan melindungi dari tubuh dari kanker usus besar dan rongga mulut. Juga sangat bermanfaat untuk melindungi dari jenis kanker lainnya.

Penuaan

Penuaan adalah masalah umum yang terjadi dan menyebar dengan sangat cepat pada seluruh system organ tubuh. Hal ini karena radikal bebas yang dihasilkan akibat stres oksidatif. Radikal bebas dapat merusak sel-sel kulit, karena itulah degenerasi kulit terjadi yang menyebabkan keriput. Tetapi telah terbukti bahwa antioksidan membantu melawan penuaan. Sehingga sawo dapat membantu untuk melawan penuaan dini dengan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Mencegah Anemia

Manfaat Buah Sawo yang merupakan sumber yang kaya akan nutrisi, memiliki kandungan seperti ; zat besi, fosfor, folat, dan lain-lain. Nutrisi ini terbukti bermanfaat dalam memproduksi sel darah baru. Dengan meningkatnya produksi sel darah baru maka Anda dapat terlindung dari Anemia.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s