Mangga Irwin Yang Cantik Mempesona

Salah satu varietas mangga introduksi dari Australia yang selain memiliki tampilan menarik tetapi juga memiliki rasa ‘ramai’ adalah Mangga Irwin.

Irwin di Waras farm
Irwin di Waras farm

Seperti halnya mangga Yuwen, mangga Irwin memiliki tampilan warna merah yang menarik pada buahnya, warna merah sedikit ungu  pada buah mangga ini muncul disebabkan adanya hormon antosianin. Hormon antosianin berasal dari glukosa yang diubah oleh sinar matahari bergelombang pendek-100-200 mµ. Pada mangga irwin antosianin berkumpul di pangkal buah dekat tangkai sama seperti mangga gedong gincu. Pigmen karotenoid yang tersebar merata di kulit buah memberi latar warna kuning. Sementara klorofil pemberi warna hijau hanya tersisa sedikit terletak di ujung buah.

Si irwin yang cantik
Si irwin yang cantik

Mangga Irwin  dapat mencapai ukuran yang cukup besar mencapai berat 500 gr perbuahnya ini,  memiliki tekstur daging padat agak berair dengan serat cukup halus dan mengandung sedikit tepung. Rasa manis berkat kadar gula 12-15º briks memenuhi rongga mulut. Itu diakhiri sensasi asam yang menyergap bagian samping belakang lidah. Jika di panen matang, kualitas buah justru menurun, daging buah yang teksturnya padat, agak berair mempunya serat cukup halus, berasa sedikit bertepung tanda kandungan pati lumayan tinggi, jadi panenlah mangga saat belum amsak betul di pohon untuk mendapatkan rasa yang prima.

Selain merupakan varietas mangga yang difavoritkan untuk tabulampot karena kecantikan buahnya ini, mangga Irwin sudah dikebunkan di  Cilegon, Majalengka, Karawang, Bekasi dan Situbondo dengan musim panen Oktober sampai Januari.

Si Ungu “IRWIN”……..rasanya kok nggak aneh ya, kalo tetangga Anda iri banget melihat kecantikkannya saat berbuah, dimana warna kulit buahnya yg ungu bergantungan bak bunga saja, atau begitu bandelnya mangga yg satu ini, terbukti tahan serangan hama pengerek batang sekalipun …..dan yg penting lagi, inilah mangga dng rasa yg paling RAME! Bayangkan begitu lembutnya ketika kita kunyah pelan2 tanpa …terganggu bijinya yg kecil, begitu juicy, dengan serat2nya yg halus dan kandungan tepungnya yang sedikit mengingatkan kita pada mangga Indramayu.

Itu baru sebagian dari sekian banyak jenis varietas buah mangga, berbagai jenis buah mangga tersebut memiliki ciri khas dan rasa tersendiri, tekstuur buahnya juga berbeda-beda. Bagi para penikmat buah mangga, mangga-mangga tersebut bisa menjadi pelampiasan untuk menikmati buah mangga. Mangga mempunyai viamin C yang tinggi dan bagus buat pencernakan karena kaya serat. kalau mau melihat koleski buah mangga kami silahkan datang ke waras farm, Cikerai, Cilegon.

9 thoughts on “Mangga Irwin Yang Cantik Mempesona

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s