Berburu Sunrise di Cilegon

Sunrise di Waras Farm

Anda yang suka MTB (Mountain Bike) atau Traveller alam pedesaan, jangan hanya menjajal track yang ditawarkan Puncak dan Gunung Gede-Pangrango di Bogor saja. Banten juga punya track MTB yang menantang di Gunung Waringin Kurung loh. Jadi gak usah jauh-jauh dengan panoramanya sungguh indah! gak kalah dengan Puncak Bogor. Anda juga bisa menikmati sunrise pagi muncul dari balik gunung pinang, sekaligus  mempromosikan wisata Banten ke Dunia.

Jalur MTB 3 lingkar selatan Cilegon

Jadi beberapa waktu lalu, saya dan beberapa orang teman menjelajahi Track MTB jalur 3 banten. Wah, selama beberapa tahun mengenal tinggal di Pondok Cilegon Indah Provinsi Banten, khususnya cilegon saya baru tau kalau selain pantai, Banten juga punya salah satu objek wisata yang tak kalah cantik, pemandangan dari atas gunung! Ya jalan yang menanjak dan berliku menjadi tantangan tersendiri bagi para MTB Riders.

Gowes bareng

Ya, gunung yang berada di wilayah Cikerai, Cibeber, Cilegon ini menawarkan lingkungan alam yang masih alami, sejuk dan pemandangan yang tentunya indah. Gunung waringin kurung ini dapat dibilang masih mempunyai udara yang segar tanpa polusi. Sayang di daerah bulakan beberapa bukit dipangkas untu tambang pasir dan galian tanah untuk industri batu bata.

Maklum saja, Provinsi Banten memang terkenal dengan kawasan industri yang notabene tak bisa dijauhkan dengan imej debu dan polusi udara. Nah, perjalanan menuju Cikerai, Cibeber, Waringin Kurung sendiri membutuhkan perjuangan yang sedikit menantang selama kurang lebih 1 jam dari kota Cilegon.

pagi di waras farm

Bayangkan saja, di awal perjalanan kami harus mendaki jalanan yang cukup terjal. Untungnya, jalan menuju puncak waringin kurung yang kami lalui terbilang sudah cukup bagus beraspal halus. Oh iya, gunung ini cocok juga buat dijadikan track para penggemar MTB (Mountain Bike) lho.

Perjalanan yang cukup melelahkan itu nyatanya terbayar sudah begitu kami bahkan baru mencapai setengah perjalanan. Keindahan alam menghiasi sepanjang perjalanan kami siang hari itu. Dari atas gunung, saya bisa melihat pemandangan yang sungguh menakjubkan.

Single Track

Walaupun agak sedikit ngeri, mengingat di kanan-kiri jalan adalah jurang yang bisa dikatakan cukup tinggi. Subhanallah! Pemandangan dari atas sana sungguh sangat menakjubkan. Ke sebelah kiri kita bisa melihat laut gunung waringin kurung. Sedangkan ke sebelah kanan kita bisa melihat pemandangan hutan dan kebun rakyat dengan pohon tangkil dan rambutan serta kelapa di sekitarnya.

Hijaunya Waringin Kurung

Setelah puas menikmati pemandangan alam dari atas Gunung waringin kurung. Kami akhirnya memutuskan untuk turun dan pulang. Sebenarnya kalau kita teruskan ke atas kita akan sampai ke mancak Tapi ternyata perjuangan belum selesai.

Ceritanya kami tersesat! Setelah perjalanan pergi yang menghabiskan waktu hampir dua jam itu, saat perjalanan pulang lkayuhan kami mulai goyah, kelelahan. Sialnya lagi, persediaan air minum saat itu sama sekali tak bersisa. Lengkap sudah.

Komunitas Sepeda

Akhirnya setelah mengarungi kebun kacang, padang ilalang dan jalanan licin nan berliku. Kami mulai menuruni bukit dengan menyusuri semak belukar menuju areal persawahan. Sebetulnya itu bukan jalan pintas yang seharusnya kami lalui untuk pulang. Tapi apa daya mau tidak mau jalanan itu yang harus kami tempuh untuk sampai dengan cepat dan selamat.

santap pecel dulu

Akhirnya kami sampai di jalanan yang kami lalui saat kami sedang lelah mengayuh sepeda disisi sebelah kanan kami lihat hijuanya pepohonan dan aneka bibit tanaman yang anehnya lagi di sini banyak sekali tanaman buah naga di pot-pot, dengan tulisan gerbang Waras Farm. Loh keteika kami berangkat tidak begitu memperhatikan ternyata di atas gunung ada penjual bibit tanaman dan ternyata ada juga saung-saung untuk istirahat beratapkan jerami dengan konsep lesehan akhirnya kedahagaan kami terbalas sudah dengan menikmati seporsi pecel kembang turi dan segelas teh hangat ataupun esteh dengan udara yang semilir dan pemandanagn gung waringin kurung yang baru kami taklukan.

Spot untuk melihat sunrise

Menurut pemilik dan manager farm Bapak rasmidi dari lokasi ini kalau pagi kita juga bis menikmati indahnya sun rise dan sun set loh, wah kapan-kapan bisa nginep nih kata pak rasmidi kalau mau nginep juga bisa jadi pagi-pagi sekitar jam 5 bisa berburu sunrise muncul dari pegunungan pinang. Wah minggu depan kayaknya harus nggowes sabtu sore nginep di waras farm paginya menikmati indahnya sunrise muncul dari balik gunung pinang di kejauhan. Wow Amazing menikmati karuni kebesaran Tuhan Yang Maha Kuasa…gak perlu jauh-jauh ke Bali atau Bromo kalau mau berburu sun rise.