Cara Manual Penyerbukan Buah Naga

Simbiosis mutualismeBanyak pecinta tanaman buah terutama buah naga pemula sering mengajukan pertanyaan,  buah naga saya sudah berbunga tapi kok rontok gak jadi buah apa penyebabnya? tanaman buah naga bila kita tanam dan sudah berbunga terus rontok  sebabnya adalah tidak terjadinya  pernyerbukan sehingga bunga rontok dan gagal menjadi bakal buah. Penyerbukan buah naga itu sendiri ada 2 bisa secara alami dibantu serangga atau dengan cara manual dibantu manusia. Coba anda perhatikan apakah saat buah naga berbunga dan mekar ada kumbang atau lebah di bunga pohon buah naga anda? kalau ada bersyukur anda tidak perlu melakukan penyerbukan manual.  kalau tidak ada berarti anda harus membantu penyerbukanya secara manual, bagaimana caranya yuk kita lihat bersama.

Tanaman Buah Naga Milik Ibu Yunita Dewi yg selalu rontok.
Tanaman Buah Naga Milik Ibu Yunita Dewi yg selalu rontok.

Tetapi perlu diketahui, pada tanaman buah naga juga ada bunga rusak/atau gagal yang memang harus dibuang karena tidak mungkin untuk dilakukan penyerbukan. seperti gambar dibawah ini, bunga yang terhitung rusak atau gagal dari pertama tumbuh kuncup sudah berwarna kuning dan layu (tidak terlihat segar), bunga-bunga seperti ini wajib segera dibuang.Dan berikut ini bagian-bagian bunga buah naga baik mahkota bunga, benang sari dan putik bisa dilihat pada foto dibawah ini, foto ini saya ambil tidak dalam kondisi mekar sempurna karena keterbatasan waktu saya, lain kali akan saya perbaiki, tapi sudah cukup untuk menjelaskan bagian-bagian tersebut :

bagian bunga buah naga putik benang sari

Proses penyerbukan pada bunga buah naga, intinya sama dengan bunga tanaman lain yaitu mempertemukan serbuk sari dan putik. Pada gambar, benang sari bentuknya seperti benang-benang yang jumlahnya banyak melingkari putik yang tumbuh memanjang, dan pada ujungnya terdapat serbuk sari, serbuk sari inilah yang harus dioleskan pada putik (saya beri lingkaran ungu). Anda bisa mengambil serbuk sari dengan merontokkan dengan kuas kecil pada wadah atau bisa menggunakan kertas minyak (licin dan supaya serbuk sari terlihat jelas), kemudian oleskan pada putiknya dengan kuas tersebut. Jika anda menggunakan tangan, anda tinggal memindahkan serbuk sari dan dioleskan pada putiknya juga. Saya rasa, pengertiannya sederhana dan cukup mudah dipahami pasti anda bisa melakukan penyerbukan sendiri.

Beberapa hal yang perlu anda ketahui adalah :

 

Jeruk dan Buah Naga
Jeruk dan Buah Naga
  1. Waktu terbaik untuk melakukan penyerbukan adalah ketika mahkota bunga sudah mekar sempurna. Penyerbukan sebelum bunga mekar kurang bagus hasilnya, lebih baik dilakukan saat bunga sudah mekar beberapa waktu ( kuntum bungan mulai menutup ) hasilnya lebih bagus daripada diserbukkan sebelum bunga mekar sempurna.
  2. Hati-hati saat mengoleskan serbuk sari pada putik, jangan sampai tangkai putik patah akibat gerakan yang terlalu keras. Ini akan menyebabkan gagalnya penyerbukan.
  3. Bagi anda pemula, sebaiknya menggunakan kuas bersih dan kering untuk mengoleskan serbuk sari ke putik. Meskipun bisa dilakukan dengan jari tangan, tetapi tangan yang berkeringat, basah, atau tidak bersih bisa mengakibatkan gagalnya penyerbukan.
  4. Untuk kuntum bunga yang menghadap keatas, setelah anda melakukan penyerbukan sebaiknya di beri kerodong untuk mencegah terkena air hujan langsung, meskipun banyak juga yang tidak dikerodong,penyerbukan tetap berhasil.
  5. Serbuk sari bisa digunakan untuk di oleskan pada putik bunga lain, biasanya dilakukan untuk penyilangan dua jenis buah naga.
    Akhirnya kami ucapkan selamat mencoba , semoga buah naga yang anda miliki bisa berbuah dan bisa memetik hasilnya seperti di kebun kami bisa petik buah naga, bahkan sudah menjadi tujuan Agrowisata anak-anak sekolah, masyarakat umum memetik buah naga saat matang itu seru, sekalian selfie loh dan di upload ke media sosial.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s