Agro Wisata Buah Naga Cilegon

petik buah naga
petik buah naga

Agrowisata kebun buah di kota Cilegon sepertinya belum banyak, selama ini orang Cilegon pergi  ke puncak Bogor. Padahal di Cilegon sendiri memiliki potensi  Agrowisata buah naga. Kebun buah naga Waras  Farm ini terletak di pinggiran Cilegon tepatnya di kelurahan Cikerai, Cibeber setelah SMUN 3 Cilegon, berbatasan dengan kabupaten Serang  dengan luas tanah sekitar 2,5 hektar. Dengan kontur perbukitan Para pengunjung bisa menikmati segarnya buah naga yang langsung di petik dari pohonnya. Juga bisa menikmati Indahnya pemandangan  pegugunungan waringin kurung dari saung-saung di waras farm.

This slideshow requires JavaScript.

Buah naga banyak disukai Orang Indonesia, asalnya buah nga ini dari meksiko di Asia tenggar Vietnam lah yang pertama kali mengembangkanya, permintaan buah naga setiap tahun meningkat terus . Sebab selain rasanya yang enak juga bisa menstabilkan gula darah, serta meningkatkan stamina tubuh. Kecuali itu juga bisa untuk memulihkan kinerja saraf jantung. Pengelola kebun agrowisata bernama “ Waras Farm ” itu adalah ir Rasmid, alumnus pertanian dari Universitas Brawijaya, malang yang sudah lama menetap di cilegon karena sang istri bekerja di salah satu pabrik di kawasan Industri Cilegon.

Dahulu, kebun ini hanyalah semak belukar yang berada di dekat pegunungan waringin kurung, kondisi tanahnya yang tandus dan gersang, sehingga tanamanpun susah untuk tumbuh. Namun semak belukar ini berubah ketika digunakan sebagai tempat untuk membudidayakan aneka bibit tanaman buah dan  buah naga. Perlu teknik khusus di tanah gersang dan berpasir agar tumbuhan bisa hidup, Kerja keras ir Rasmidi ahli ilmu pertanahan  dan tanaman serta pengalaman  mengelola perkebuna selam 20 tahun yang dibantu oleh pak Tomy, berhasil  menghijaukan  serta membudidayakan buah naga pada tahun 2010. Tidak hanya buah naga saja disini juga ada mangga, jeruk, pepaya california dan lain-lain lahan yang dulunya gersang dan panas kini pun hijau dan adem semilir angin perbukitan membuat kita betah berlama-lama di saung menikmati keindahan alam dan aneka buah.

Akses jalur lingkar selatan dan menuju ke atas arah mancak, setelah SMUN 3 cilegon anda akan menjumpai kawasan yang hijau dengan gerbang bertuliskan waras faram lain dari pada yang lain, didalamnya berjajar aneka bibit tanaman buah dan tanaman buah naga dalam pot-pot besar yang sedang berbunga ataupun berbuah. Setelah kita masuk ke dalamnya kita akan menjumpai saung-saung untuk menikmati kuliner khas pecel gunung dengan bunga turinya dan bila kita melihat ke bawah saung karena konturnya perbukitan di bawah lembah dengan latar belakang gunung waringin kurung banyak berjajar tanaman buah naga dan pepaya california, saat musim berbuah  buah naga yang merah seakan menggoda kita untuk memetiknya dan menikmatinya. Hmm bagaikan oase di tengah padang pasir ….kota cilegon yang panas namun di sudut pinggirnya menawarkan kehijaun alam pegunungan dan aneka tanaman buah yang bisa kita nikmati tanpa harus jauh-jauh pergi ke puncak, Bogor.

menikmati kuliner
menikmati kuliner

Sinaga-Merah-Dari-Ujung-Kulon

kebun buah naga
kebun buah naga

Pupuk Kandang

Mendung

Bagai Pinang dibelah dua

makan di saung

Saung Ngariung-1

Tanah Tandus dan gersang
Tanah Tandus dan gersang
SMP Al Mannar Depok
SMP Al Mannar Depok
Rombongan Al Mannar Depok
Rombongan Al Mannar Depok
Menjadi pemandu Agrowisata
Menjadi pemandu Agrowisata
SD Insantama serang
SD Insantama serang
Komunitas Sepeda menjadikan Waras Farm jalur singgah
Komunitas Sepeda menjadikan Waras Farm jalur singgah
Ibu-ibu Korpri Cilegon
Ibu-ibu Korpri Cilegon

Sudah banyak pelancong yang berkunjung ke tempat ini mualai dari komunitas sepeda gunung cilegon, komunitas motor besar serang, sekolah-sekolah dari TK-SMA bahkan dari luar cilegon juga pribadi-pribadi yang mencari koleksi aneka bibit tanaman buah serta ingin menikmati petik langsung buah naga. saat ini waras farm sedang menambah koleksi kebuh  buah naganya karena antusiasme pengunjung yang datang saat panen raya tiba sementara jumlah tanaman buah naga masih dibilang kurang memenuhi pengunjung yang datang ingin memetiknya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s