Resep Oseng-oseng Kembang Duren (Cengkaruk)

Cengkaruk
Cengkaruk

Siapa sih yang tak kenal buah durian? Walaupuntidak semua orang suka mengonsumsinya, hampir semua orang mengenal buah yang beraroma tajam ini. Buktinya buah ini menjadi buah favorit di supermarket kota-kota besar dan jadi rebutan walau harganya mahal, bahkan saat musim durian di pinggir-pingir jalan banyak penjual durian kagetan memenuhi sisi jalan.Ternyata, bukan cuma buahnya saja yang bisa dikonsumsi, bunganya pun yang rontok tidak menjadi buah ternyata bisa diolah menjadi masakan yang lezat, seperti Tumis Kembang Durian atau Oseng-osen Kembang Duren yang akan saya bagikan resepnya berikut ini.

Cara membuat Tumis Kembang Durian cukup mudah. Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan juga sederhana.  Yang bikin istimewa adalah ini pengalaman pertama saya mengolah kembang durian menjadi masakan, dibantu istri tercinta akhirnya terlaksana juga masak kembang duren. Hasilnya sangat memuaskan dan saya suka rasanya. Agak sedikit crunchy dan pedas. Cocok untuk menu makan siang.  Saya hampir menghabiskannya sendirian, hihihi..

Durian Runtuh
Durian Runtuh

Masih soal kembang duren, saya juga baru tahu kalau ternyata kembang duren bisa dimasak. Konon, dari cerita-cerita yang saya dapat dari hasil searching di Google, kembang duren paling enak jika ditumis. Bukan cuma paling enak, tapi juga paling simpel karena cukup dioseng-oseng saja.

Bumbunya pun sederhana, cuma bumbu-bumbu dasar seperti garam dan bawang merah-bawang putih yang setiap dapur pasti kita punya stoknya dan murah meriah harganya.

cengkaruk
cengkaruk

Karena penasaran, sayapun mencari resepnya. Untung saja saya hidup di era internet dimana informasi lebih mudah. Kebetulan di kebun ada pohon durian tua yang sedang berbunga dan bunganya rontok jatuh ketanah rasanya kok penasaran karena orang-orang tua dahulu cerita bahawa kembang duren itu enak dijadikan lauk dengan rasa pedas plus kerupuk….maknyusss.akhirnya pagi-pagi bersama putri saya blusukan ke kebon dan mendapatkan satu piring kembang duren yang rontok yang siap dijadikan masakan yang super lezat.

Tumis/Oseng-oseng Kembang Durian

Bumbu-Tumis-Durian
Bumbu-Tumis-Durian

Bahan-bahan :

250 gram kembang durian, ambil kelopak dan benang sarinya saja.
100 gram teri medan, digoreng garing. bisa diganti dengan tempe atau tahu sesuai selera anda
4 buah bawang merah, bisa juga diganti dengan bawang bomabi
3 siung bawang putih
1 buah cabai merah besar
10 buah cabe rawit merah
10 buah cabe rawit hijau
1 buah tomat
2 cm lengkuas, memarkan
1 lembar daun salam
1 lembar daun jeruk
1 cangkir air
2 sdm minyak goreng untuk menumis

 

Cara memasak:

masak-bunga-durian
masak-bunga-durian

1. Cuci bunga durian dan rebus sampai matang kemudian tiriskan

iris dan haluskan semua bumbu
iris dan haluskan semua bumbu

2. Iris halus semua bumbu kecuali daun salam, daun jeruk dan laos. Panaskan minyak goreng, tumis semua bumbu hingga harum.

tumis-diwajan
3. Masukkan teri goreng dan kembang durian, aduk rata.

matang deh
matang deh

4. Tambahkan air, aduk sebentar hingga bumbu meresap.

siap disantap
siap disantap

5. Sajikan bersama nasi hangat.

Khasiat Kembang Durian

Sampai sekarang belum ada penelitian ilmiah mengenai khasiat kembang durian. Namun, menurut orang tua kami yang memperkenalkan resep ini, kembang durian berguna untuk pencernaan. Kembang durian bisa melancarkan buang air besar. Kalo dipikir-pikir benar juga sih, pengalaman saya, setelah memakan tumis kembang durian, bab selalu lancar tidak ada masalah.

Selamat mencoba

One thought on “Resep Oseng-oseng Kembang Duren (Cengkaruk)

  1. Ini makanan jadul. Sewaktu kecil (thn 80an) saya suka makan tumis kembang duren. Cari kembang durennya selepas subuh (klo sudah kesiangan ga akan dapat karena kalah cepat dgn tetangga).
    Yang dimasak yg putik sari nya (panjang seperti bunga pisang) dan kelopak berwarna putih (bukan kelopak yg berwarna coklat seperti di foto bapak).
    Kepala putik yg terdapat di putik sari dibuang (menggunakan jari telunjuk dan jempol). Bersama kelopaknya dicuci bersih. Terus direbus. Setelah beberapa saat tiriskan kemudian jemur 1 jam.
    Baru dimasak (tumis) dengan campuran oncom.
    Dimakan bersama nasi putih panas… Nikmat…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s