Cara Membasmi Hama Kutu Putih di Tanaman Buah

Srikaya dan Kutu Putih
Srikaya dan Kutu Putih

Kutu kebul (bemisia tabaci) atau dipanggil juga kutu putih, secara internasional dikenal dengan silverleaf whitefly, merupakan salah satu dari lalat putih yang saat ini termasuk hama penting pertanian budidaya. Kutu kebul diklasifikasikan ke dalam keluarga Aleyrodidae, sub-urutan besar serangga, Homoptera.

Morfologi & Siklus Hidup

kutu putih
kutu putih

Kutu kebul dewasa memiliki panjang tubuh sampai 0.8mm dan berwarna putih salju, yang disebabkan oleh sekresi lilin di sayap dan tubuhnya. Selama makan atau beristirahat kutu kebul dewasa menutupi tubuhnya dengan sayap. Ketika menyimpan telur, betina akan meletakkan telur 50 hingga 400 butir dengan ukuran mulai dari 0.10mm sampai 0.25mm di bagian bawah daun.

Tanaman anda terserang hama kutu putih ? tidak usah bingung. Berikut ada cara sederhana tetapi cukup manjur untuk membasminya. Cukup dengan ramuan sederhana campuran air, sabun colek, minyak tanah, dan pestisida.

SABUN DETERGEN BUBUKCaranya : Ambil sabun colek satu sendok makan lalu larutkan dalam kaleng susu bekas ukuran 900 gram. Gunakan air bersih sebanyak setengah kaleng susu tersebut.
Tambahkan minyak tanah (kerosene) sebanyak seperempat dari kaleng tersebut. Perbandingan air dan minyak tanah adalah 2:1

Tambahkan pestisida, kalau tidak punya bisa diganti dengan cairan pembunuh serangga atau nyamuk, cukup 2 sendok makan saja. Campur dan aduk ramuan tadi hingga membentuk emulsi dan sabun tidak menggumpal dan berbusa lagi. Hasil akhirnya kurang lebih seperti air sisa cucian beras. atau anda bisa juga mencoba cara ini:

1. ambil serai dengan berat 1 kg, blender atau haluskan dengan menggunakan alat semacamnya
2. rebus dengan air sebanyak3 liter
3 jika sudah kira banyak larutan serai yang keluar, bisa lansung diangkat, kemudian diamkan
4. masukkan air rebusan tadi dalam spray (penyemprot) tangan, tambahkan sabun diterjen1/3 sendok teh kocok dan semprotkan

pestisida-organikMasukkan cairan kedalam botol sprayer plastik (bisa dibeli di supermarket). Selanjutnya, tinggal semprotkan ke tanaman yang diserang kutu putih. Terutama bagian bawah daun dimana hama kutu putih berkumpul. Jangan lupa, gulma sekitar tanaman harus disemprot juga agar menghindari serangan hama tersebut di kemudian hari.

semprot kutu putih
semprot kutu putih

Pengendalian

Karena kutu kebul sangat merusak, para ilmuwan berusaha mencari berbagai cara untuk memerangi hama ini.

Sebagian besar alat kontrol yang telah dibuat mempengaruhi tanaman dan sifat-sifat tanah pada tingkat minimal. Para ilmuwan saat ini berfokus pada penargetan kutu kebul melalui mekanisme yang aman yang tidak menimbulkan polusi atau kontaminasi (seperti insektisida kimia). Hal ini penting untuk dapat mengurangi jumlah B. tabaci individu yang hinggap pada tanaman untuk mengurangi kerusakan tanaman seperti yang disebabkan oleh transmisi virus. Hama ini dapat terhalang dengan mengurangi pengendapan, penurunan oviposisi, dan mereda pengembangan populasinya.

Beberapa kontrol utama yang bisa membantu antara lain:

  • Penggunaan musuh alami seperti empat spesies Eretmocerus (Eretmocerus sp, Eretmocerus Mundus, Eretmocerus hayati, dan Eretmocerus emiratus)
  • Pemanfaatan tanaman perangkap
  • Pelepasan pengatur pertumbuhan serangga
  • Pelaksanaan Light-Emitting Diode Dilengkapi CC perangkap (LED-CC).
  • Penerapan insektisida organik

 Semoga artikel ini bermanfaat. terimakasih sudah berkunjung ke blog kami.

3 thoughts on “Cara Membasmi Hama Kutu Putih di Tanaman Buah

  1. numpang tanya ini, di artikel ini dibahas tentang bagaimana membasmi hama kutu putih sangat bermanfaat bagi kebanyakan petani. Saya adalah seorang kakao, saya melakukan pemberantasan berbagai hama kakao dgn cara memelihara semut hitam, dan pengembang biakan semut hitam saya harus memelihara kutu putih dipohon kakao saya yg berfungsi sebagai makanan dan sangat disukai oleh semut hitam. Saya ingin bertanya, bagaimana cara memelihara/mmbudidayakan kutu putih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s