Manfaat Tomat, Timun Dan Bawang Merah Dalam Sate Kambing

Sate Idul Kurban
Sate Idul Kurban

Hari Raya Idul Adha 1435 Hijriyah sudah tiba ratusan kambing dan sapi untuk di-kurban-kan pun sudah dipotong dan dibagikan daging kepada dhuafa dan masyarakat. Selain ibadah haji di Tanah Suci, menyate daging hasil kurban menjadi tradisi di bumi pertiwi. Sate, sepertinya sudah menjadi satu bagian yang tak terlupakan dalam setiap perayaan Idul Adha atau Idul Qurban disetiap tahunnya. Walaupun Sate bukanlah makanan yang khas dan ada saat lebaran haji saja, namun rasanya tetap beda ketika disajikan dalam salah satu hari besar umat Islam seperti sekarang ini.

Anda salah satu pecinta makanan panggang atau bakar seperti sate, ayam panggang, ikan bakar dll ? Hati-hati bahaya yang mengintai dari makanan tersebut. Fakta penelitian yang beredar menyatakan Arang untuk memanggang daging dapat menempatkan Anda pada risiko untuk terkena kanker. Hiii… tentu anda tidak ingin terkena penyakit mematikan ini khan?

Arang untuk memanggang berbahaya untuk kesehatan Anda, jika dilakukan secara berlebihan. Pembakaran arang atau kayu apapun dapat menyebabkan pembentukan hidrokarbon dan partikel jelaga yang berbahaya untuk kesehatan Anda dan juga mencemari udara.

Ada dua jenis senyawa karsinogenik dibentuk dengan arang untuk memanggang daging

* Hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH) dan

* Amina heterosiklik (HCA).

lalapan
lalapan

Tapi anda tidak usah khawatir karena dalam bumbu sate sudah ada penangkalnya berupa sayur-sayuran seperti Tomat, Timun dan bawang Merah. jadi kalau makan-makanan yang dibakar atau di panggang ketiga sayuran ini wajib hadir menemani sajian sate atau panggangan anda. Sahabat pecinta  berkebun tahukah anda pasti setiap membeli ayam bakar, kakap bakar, sate kambing dan makanan serba bakaran kenapa anda selalu disertai dengan lalapan ??? nah mungkin diantara anda ada yang belum mengerti mengapa selalu disertai lalapan setiap membeli makanan bakaran, malah kadang ada yang tidak dimakan atau hanya dibuang begitu saja, sayang sekalai. Pada kesempatan kali ini kita mencoba mengulas mengenai fungsi lalapan sebagai tambahan pada makanan bakaran.

Mungkin lezatnya makanan bakaran membuat kita lupa betapa pentingnya lalapan sehingga kadang hanya dibuang begitu saja. Namun sebelumnya apakah lalapan itu? Lalapan yaitu berbagai jenis sayuran mentah yang disajikan untuk menemani makanan yang dibakar yang biasanya terdiri dari kubis, mentimun, bawang merah, kemangi dan tomat. Pasti anda tahu betapa banyak efek buruknya dibanding manfaat baiknya makanan yang dibakar, salah satunya yang paling berbahaya yaitu adalah dapat memicu terjadinya berbagai macam kanker. Hal tersebut dikarenakan makanan yang dibakar adalah makanan yang dipanggang diatas bara api yang menghasilkan asap yang menempel pada makanan padahal kita ketahui asap yang menempel tersebut adalah hasil pembakaran yang tidak sempurna. Bayangkan saja jika masuk ketubuh kita apalagi bagi anda yang sering menyantap makanan yang dibakar.

Nah kembali pada kenapa pada makanan yang dibakar kenapa selalu disertai dengan lalapan ? seberapa pentingkah lalapan ini? Jawabannya adalah sangat penting. Kenapa?? Karena lalapan yang terdiri dari bermacam-macam jenis sayuran memiliki fungsi masing-masing yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Tomat

Buah Tomat
Buah Tomat

Mengapa kita perlu mengkonsumsi tomat?

Berbagai penggunaan tomat tersebut dalam kehidupan sehari-hari akan sangat turut membantu kesehatan tubuh kita, ada banyak sekali manfaat dan kegunaan tomat bagi kesehatan, namun pada kesempatan ini hanya akan disampaikan beberpa khasiat dan manfaat bush tomat bagi kesehatan tubuh manusia, yaitu antara lain:
Menghindari dan mencegah stroke
Stroke merupakan penyakit yang mematikan, oleh sebab itu tindakan pencegahan adalah merupakan hal yang paling utama sebelum terjadinya penyakit. Di dalam otak ditemukan zat nutrisi antioksidan yang disebut Lycopene. Hasil dari sebuah studi penelitian yang dipublikasikan dalam sebuah jurnal Neurology menunjukkan bahwa pada pria yang kandungan kadar lycopene tertinggi dalam darah mempunyai risiko 59 persen lebih rendah untuk terserang stroke yang disebabkan karena adanya gumpalan darah, dan 55 persen memiliki resiko yang lebih rendah untuk mengalami stroke jenis apapun, jika dibandingkan dengan pria yang memiliki tingkat kadar lycopene terendah.
Menjaga dan mencegah kanker prostat
Berdasarkan hasil dari sebuah studi penelitian yang bertema tentang pencegahan kanker menunjukkan bahwa tomat dan kedelai mungkin lebih efektif dalam membantu mencegah kanker prostat bila dimakan secara bersama-sama daripada ketika baik dimakan sendiri-sendiri. Para ilmuwan di University of Illinois di Urbana menguji pada hewan ternak tikus untuk mengetahui dan meneliti perkembangan kanker. Pada akhir dari penelitian tersebut, setengah tikus yang di beri makan tomat dan kedelai tidak memiliki lesi kanker di prostat, sedangkan tikus yang tidak makan kedelai dan tomat semuanya menderita dan berkembang kanker prostat.
Mempertahankan otot dan Kesehatan Jantung
Selain dengan olahraga untuk mempertahankan daya tahan dan kekuatan otot tubuh, maka sebagai pelengkak guna menjaga dan mempertahankan kesehatan otot, anda dapat menggunakan buah tomat. Sebuah tomat besar dapat memenuhi sekitar sembilan persen dari kebutuhan kalium harian pada tubuh manusia. Hal ini hampir sama jika anda mengkonsumsi pisang dengan ukuran sedang. (hampir sama dengan pisang menengah).
Kubis
kubis

kubis diketahui memiliki kandungan flavonoid yang cukup tinggi yaitu berfungsi sebagai antioksidan atau sebagai penangkal radikal bebas sehingga dapat meminimalisir radikal-radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Mentimun

 

timun
timun

mentimun merupakan sayur yang memiliki kadar air yang sangat tinggi, nah fungsi mentimun berkaitan dengan makanan bakaran yaitu selain sebagai antioksidan mentimun juga dapat sebagai antihipertensi yaitu dapat menurunkan tekanan darah.

Daun kemangi

kemangi
kemangi

daun kemangi memiliki fungsi sebagai antibakteri, fungsi daun kemangi berkaitan dengan makanan bakaran yaitu sebagai penghilang bau mulut karena daya antibakteri pada daun kemangi dapat mengurangi bau mulut yang diakibatkan oleh bakteri yang bersarang di mulut.

Bawang merah

bawang merah
bawang merah

bawang merah mungkin hanya ditemukan saat kita membeli sate kambing dan sate ayam, fungsi bawang merah ini adalah sebagai penangkal racun dan sebagai antihipertensi, karena konsumsi sate kambing dapat menyebabkan tensi darah menjadi naik sehingga diberi lalapan bawang merah untuk mengurangi efek samping tersebut.
Nah semoga artikel bermanfaat mengenai fungsi lalapan sebagai pelengkap pada makanan bakaran ini dapat bermanfaat bagi anda. Jangan lupa like dan share ke teman-teman, saudara maupun keluarga anda agar lebih bermanfaat, semoga banyak saudara-saudara kita mengerti akan pentingnya makanan yang seimbang dan tidak membuang lalapan. Sebelumnya terima kasih telah mengunjungi blog ini. salam sehat selalu🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s