Olahan Nugget Dari Buah Apel

buah apelBuah apel biasanya menjadi pilihan sebagian besar orang untuk dijadikan buah tangan untuk keluarga atau diolah menjadi camilan keripik buah. Namun, jika Anda tahu buah yang satu ini dapat Anda olah dengan berbagai macam jenis. Anda tentu penasaran? Yuk simak bareng!Biasanya Anda lebih memilih membuang buah apel yang sudah terlalu lama diam di dalam kulkas. Perlu Anda tahu, bahwa buah apel yang Anda diamkan dapat dikreasikan sebagai hidangan yang sangat enak. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Saus
Selain dibuat camilan keripik, apel juga dapat Anda jadikan sebagai olahan saus untuk teman camilan. Selain enak, saus apel juga tidak memerlukan waktu yang lama dalam membuatnya.

2. Panggang
Perlu Anda tahu, apel juga dapat Anda panggang utuh. Namun, apel panggang ini dapat Anda tambahkan dengan berbagai bahan lain, seperti gula merah, maple syrup, oatmeal, ataupun kacang-kacangan hingga berubah menjadi sedikit melunak.

3. Karamel
Jika Anda ingin berkreasi dengan menu hidangan klasik, Anda dapat menggunakan buah apel sebagai tambahannya. Tumis buah apel dengan bentuk dadu dan beri beberapa sayuran lain, seperti kubis ataupun kacang-kacangan dan caramel bawang. Dengan begitu, menu klasik Anda akan semakin menarik perhatian.

4. Kue
Saat membuat kue, Anda tentu selalu menggunakan tepung sebagai bahan utama. Namun, buah apel juga dapat Anda jadikan bahan utama saat membuat kue. Seperti, apple pie. Anda dapat menambahkan beberpa buah apel untuk dijadikan muffin ataupun pancake yang enak.

5. Apel Kering
Gunakan microwave sebagai alat utama untuk membuat keripik apel.

6. Nugget Apel

Anda sudah kenal chicken nugget? Produk ini merupakan salah satu makanan beku yang populer di Indonesia. Selama lima tahun terakhir ini, pertumbuhan permintaan makanan beku semakin meningkat seiring naiknya pendapatan masyarakat Indonesia dan keinginan untuk memenuhi kebutuhannya secara praktis.

Makanan beku atau frozen food saat ini sudah menjadi suatu tren dalam masyarakat perkotaan di Indonesia. Hal ini karena masyarakat perlu makanan olahan yang praktis, aman dikonsumsi, dan mengandung nilai gizi tinggi, selain itu juga sudah semakin banyak jenis dan variasi produk makanan beku yang sehat sehingga masyarakat semakin tertarik dengan produk ini.Berikut adalah olahan nugget  yang dapat Anda buat dari buah apel, tentu anda penasaran bukan? olahan nugget dari buah apel. Yuk kita simak saja pembuatanya.

Bahan-bahan:

Bahan-bahan

  • 1.      Apel malang  atau sesuai pilihan anda
  • 2.      bumbu berupa bawang putih, bawang merah, garam, dan merica
  • 3.      Roti tawar
  • 4.      Tepung terigu dan telur
  • 5.      Tepung panir
  • 6.      Creamy cake

 

Bagaimana Cara Buatnya???

apel banyak

  • 1.      Apel malang dicuci, dikupas kulitnya, kemudian diparut.

putih dan merah

  • 2.     Setelah itu, mempersiapkan bumbu berupa bawang putih, bawang merah, garam, dan merica yang dihaluskan.

roti tawar

  • 3.      Roti tawar diremas-remas hingga halus, kemudian dicampurkan dengan apel malang yang sudah dihaluskan.

adonan nugget

  • 4.      Mencampur adonan roti tawar dan apel malang,  tepung beras, kuning telur, dan bumbu-bumbu. Mengaduk hingga bercamnpur rata dan memiliki rasa yang pas.

Tuang dalam Cetakan

  • 5.      Adonan dituang dalam cetakan, dikukus sampai matang lalu diangkat dan didinginkan

oleskan tepung panir

  • 6.      Adonan dicelupkan dalam putih telur kemudian digulingkan pada tepung panir dan dikemas.
Nugget Apel
Nugget Apel
packing nugget buah
packing nugget buah

 

Selamat mencoba bagi bunda sekalian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s