Makanlah Anggur Dengan Kulit Dan Bijinya

makan_anggur_jangan_buang_bijinyaTak kenal, maka tak sayang. Ungkapan itu pas menggambarkan keberadaan biji anggur. Bukan apa-apa bila memakan anggur seringkali biji dan kulit anggur kita buang. Padahal biji anggur memiliki banyak khasiat. Beragam riset memperlihatkan biji anggur mengandung lemak, karbohidrat, protein dan senyawa polifenol. Senyawa polifenol tersebut memiliki turunan berupa asam galat, catechin, epicatechin, gallocatechin, epigallocatechin, epicatechin, dan proanthocyanidins.Yang disebut terakhir bahkan memiliki sifat antioksidannya luar biasa. Kekuatannya mencapai 20 kali dan 50 lebih besar daripada vitamin E dan vitamin C.

Anggur Musuh Berat Sel Kanker

Manfaat-Buah-AnggurBuah anggur telah dikonsumsi sejak zaman pra sejarah. Buah ini juga ditanam sejak 5000 SM. Ada beragam warna anggur yaitu merah, ungu, hijau dan kuning. Buah anggur terkenal kaya antioksidan, didalamnya mengandung vitamin C, provitamin A, vitamin B1, B2, serat dan kadar air tinggi, mineral besi, fosfor, kalsium, kalium dan lainnya. Jika kurang suka buah jeruk, buah anggur bisa menjadi subtitusi karena kaya vitamin C.
Anggur dipakai sebagai terapi kesehatan karena mengandung magnesium tinggi yang merupakan elemen penting untuk pergerakan feses yang baik. Seorang ahli menyebutkan, manfaat anggur lainnya yaitu mampu membersihkan toksin – toksin didalam hati, membantu memperbaiki fungsi ginjal, pembentukan sel darah, antivirus dan antikanker, mencegah kerusakan gigi, dan menurunkan kadar kolesterol. Anggur bersifat basa sehingga dapat menetralkan darah yang terlalu asam dan berefek merugikan tubuh.
Anggur berkhasiat menghilangkan rasa capek dan bermanfaat bagi penderita anemia. Anggur mempunyai banyak sekali manfaat antara lain :

  1. Banyak kandungan zat besi dan gula didalam buah anggur yang berupaya melancarkan aliran darah dan obat penderita liver, ginjal dan sistem pencernaan.
  2. Anggur merangsang berfungsi ginjal dan membantu mengeluarkan ampas – ampas tubuh melalui urin.
  3. Menurunkan tekanan darah. Para penderita ulcer perut, migrain, radang sendi, radang usus kecil, rematik dan keracunan disarankan minum jus anggur.
  4. Menguatkan organ jantung, bermanfaat dalam menyembuhkan bronchitis dan batuk, serta meningkatkan kecantikan kulit karena anggur membersihkan darah.
  5. Meningkatkan pengeluaran air susu. Sejumlah unsur kimia yang terdapat dalam anggur dapat mengurangi kanker kulit.
  6. Mengandung enzim yang bersifat tonik penggiat fungsi empedu.
  7. Mempunyai kandungan gizi, vitamin dan bahan – bahan metalik, gula dan air.
  8. Mencegah kanker karena dapat menghentikan penyebaran dari sel – sel kanker.

Buah anggur yang diteliti, ternyata dapat melawan enzim yang mengatur gen dalam sel dan berfungsi untuk pertumbuhan dan reproduksi dari sel. Dengan menghambat enzim, dapat membunuh sel kanker sehingga pertumbuhan sel kanker dapat dihambat. Berikut fakta biji anggur.

1. Kandungan gizi anggur terbanyak berasal dari biji dan kulit anggur. Riset membuktikan biji anggur sumber fitokimia, sedangkan kulit anggur sumber antosianin.

2. biji anggur memiliki senyawa pycnogenol yang bisa mencegah serangan jantung melalui mekanisme perbaikan struktur pembuluh darah dengan membuatnya lentur. Nah pembuluh darah rapuh rentan mengalami sumbatan lemak dan kolesterol sehingga berujung kepada penyempitan pembuluh darah. Dosis konsumsi anggur (berikut bijinya) agar jantung sehat sebanyak 12—16 buah setiap 3—4 hari sekali.

3. Proanthocyanidins dalam biji anggur dapat memperbaiki elastisitas dan fleksibilitas kulit. Fungsi lainnya adalah melindungi tubuh dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

4. Ekstrak biji anggur mampu membunuh sel kanker di leher dan kepala melalui mekanisme apoptosis yang menyebabkan sel-kanker melakukan program bunuh diri dengan sendirinya. Itulah hasil riset Rajesh Agarwal dari University of Colorado Cancer Center dan profesor di Skaggs School of Pharmaceutical Sciences yang dipublikasikan dalam Journal Carcinogenesis.

Menurut The George Mateljan Foundation, anggur memiliki nilai gizi yang sangat luar biasa. Tiap 100 gram anggur paling tidak mengandung 25 komponen gizi yang dibutuhkan tubuh. Kandungan mineral dalam anggur yang bermanfaat bagi tubuh antara lain mangan. Zat itu sangat diperlukan tubuh dalam sintesis energi sehingga dapat membantu menjaga kestabilan gula darah. Mangan juga diperlukan tubuh untuk metabolisme lemak serta pembentukan jaringan ikat dan tulang.

Untuk lebih jelasnya mengenai khasiat buah anggur untuk kesehatan, silahkan baca penjelasan berikut ini:

1. Menghilangkan kerutan wajah
Minyak biji anggur dapat menjadi solusi, caranya, dengan mengoleskannya di area wajah yang mulai berkerut sebelum tidur. Minyak biji anggur kaya akan antioksidan dan asam lemak esensial yang dapat membuat wajah Anda tampak awet muda.

2. Memutihkan gigi
Buah anggur yang sudah matang dapat dijadikan sebagai salah satu menu kudapan bagi Anda yang ingin memutihkan gigi. Asam malat yang terdapat di dalam buah anggur, secara alami akan menghapus noda pada gigi, serta mengatasi perubahan warna pada gigi.

3. Mempercantik kuku
Anggur juga memiliki manfaat untuk mempercantik kuku Anda. ‘Scrub’ anggur yang kaya akan antioksidan dapat melembutkan kutikula dan menghilangkan bintil kuku yang mengganggu.

Campurkan 10 anggur merah dengan dua sendok makan gula pasir ke dalam ‘food processor’. Gunakan campuran itu untuk memijat kuku-kuku Anda. Setelah selesai, bersihkan campuran tersebut dengan menggunakan handuk basah.

4. Mencegah katarak
Anggur mengandung flavonoid yang kaya antioksidan, yang dapat mengurangi dan melawan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas seperti katarak.

5. Mengatasi Susah Tidur
Anggur adalah satu-satunya buah yang mengandung melatonin, hormon yang mengatasi masalah kesulitan tidur. Jadi makan anggur setelah makan malam agar Anda mampu tidur lebih nyenyak.

6. Mengatasi Kelelahan
Jus anggur mengandung energi instan. Jus anggur yang kaya akan zat besi dapat mengurangi kelelahan.

7. Mengurangi Resiko Penyakit jantung
Tingkat oksida nitrat dalam darah akan meningkat ketika Anda mengkonsumsi buah anggur, yang bermanfaat untuk mencegah pembekuan dan mengurangi resiko penyakit jantung. Antioksidannya juga dapat menghentikan oksidasi kolesterol LDL yang menghambat pembuluh darah.

8. Melancarkan Pencernaan
Bila Anda menderita gangguan pencernaan, ada baiknya Anda mengonsumsi anggur. Anggur juga baik untuk mengatasi masalah perut lainnya.

9. Obat Migran (Sakit Kepala Sebelah)
Minum jus anggur murni tanpa campuran air di setiap pagi dapat menyembuhkan penyakit migran.

10. Mengatasi Gangguan ginjal
Anggur dapat membantu menyingkirkan asam pada ginjal yang dapat mengurangi gangguan pada tekanan ginjal.

11. Obat Asma
Anggur memiliki kekuatan assimilatory yang dapat meningkatkan kadar air dalam paru-paru. Sehingga sangat baik dikonsumsi bagi penderita asma untuk dapat mengurangi masalah sesak nafas tersebut.

12. Antibakteri
Anggur merah memiliki kandungan antibakterial dan antivirus yang kuat, sehingga dapat melindungi tubuh dari infeksi.

13. Mecegah penyakit Alzheimer
Penelitian menunjukan bahwa anggur dapat meningkatkan kesehatan otak dan menghindari dari penyakit Alzheimer. Sebab, di dalam anggur mengandung resveratol, yakni sebuah polifenol yang mengurangi tingkat amyloidal beta peptides pada penderita Alzheimer.

14. Mencegah Kanker payudara
Penelitian juga menunjukan bahwa jus anggur yang berwarna ungu membantu dalam mencegah kanker payudara yang secara signifikan mengurangi massa tumor pada payudara

15. Mengobati Sembelit
Anggur mengandung asam organik, gula, selulosa yang dikenal sebagai pencahar. Sehingga, anggur sangat baik dikonsumsi untuk mengatasi sembelit.

26ekstrak-biji-anggur-si-mungil-yang-bermanfaat-besar-mencegah-penuaan-diniEkstrak Biji Anggur Ampuh Perangi Penuaan
Biji – biji anggur pun berlimpah khasiat. Mineral mikro yang banyak terdapat dalam biji anggur merah adalah seng dan mangan. Kedua mineral mikro untuk menjaga libido seks pria, menjaga kesuburan pria. Manfaat lain seng dan mangan bagi kesehatan pria adalah mencegah bagi kesehatan membantu mengatasi peradangan prostat.
Banyak dijual suplemen ekstrak biji anggur merah, yang diklaim bisa mengerem laju penuaan, mencegah penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis) termasuk mencegah stroke dan serangan jantung. Selain itu, dapat merangsang pembentukan jaringan kolagen yang menggantikan kulit tua atau rusak. Biji anggur menjanjikan kemampuan lebih baik dalam meredam penuaan dan menggiatkan peremajaan sel.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s