Cara Membuat Bibit Buah Naga Mandiri

Petik Buah Naga
Petik Buah Naga

Buah naga memang sedang menjadi primadona tanaman gurun dari meksiko yang mampu bertahan hidup di areal kering ini menjadi buah bibir petani buah di seantero Indonesia. Perawatan yang mudah dan harga yang laris manis membuat banyak petani membudidayakan baik skala kecil maupun skala besar. Nah bagi anda hobies tanaman, buah naga juga bisa anda tanam di lingkungan atau pekarangan rumah bahkan di pot atau Tambulampot, dengan masa produksi bisa 7-10 tahun. Sedang di alam terbuka sampai 20 tahun dengan masa berbuah Oktober- April.

Tanaman buah naga sangat genjah di umur 8-9 bulan sudah bisa mulai berbuah loh jadi gak perlu lama-lama menunggu sampai berbuah, dipasaran supermarket juga cukup laris buah naga seperti buah naga merah dan super red, sekarang juga ada varian baru buan naga orange dan buah naga kuning, kedua jenis ini masih cukup langka karena pertumbuhanya agak lama sekitas 2 tahun untuk sampai bisa berbuah.

Bibit Buah Naga-1Nah Kali ini Waras Farm akan share artikel tentang langkah-langkah pengadaan bibit buah naga untuk menjawab beberapa pertanyaan yang masuk ke blog yang rata-rata masih bingung dengan cara membuat bibit buah naga dan perawatanya. Pengadaan bibit buah naga sebenarnya sudah banyak ditulis sebelumnya, gak percaya coba klik di paman google J ada ribuan artikel membahasnya tapi mungkin kurang mudah dipahami karena tidak banyak memakai gambar dan kali ini waras farm akan menjelaskan step by step bagaimana membuat bibit buah naga dilengkapi dengan gambar sehingga mudah dipahami bagi yang awam. Yuk dimulai siapkan alat-alatnya seperti gunting khusus, polybag, fungisida dan campuran tanah dan pupuk kandang.

Berikut ini langkah-langkahnya :

 

1.Pertama-tama kita siapkan sulur cabang yang akan dipotong untuk dijadikan bibit, yang akan menghasilkan sulur / cabang yang siap dipotong-potong seperti gambar dibawah ini, jangan lupa motongya pakai gunting pemotong jangan pakai pisau akan susah nantinya :

tumpukan-sulur

2. Langkah berikutnya adalah memotong cabang untuk dijadikan bibit, untuk ukuran terserah anda saja. Anda bisa memotong sepanjang 30 cm, 50 cm, 75 cm atau 1 meter. Bahkan untuk bibit buah naga orange yang masih langka belum banyak stok bisa memotong hanya sepanjang 10-15 cm untuk bibit seperti gambar paling atas. Bagi anda yang belum berpengalaman, tandai potongan bawah dengan potongan miring/runcing untuk membedakan agar tidak terbalik waktu menanam seperti pada gambar dibawah ini :

Bibit-Buah-naga

3. Setelah itu bibit di angin-anginkan supaya luka bekas potongan mengering, anda bisa memberikan fungisida untuk mencegah jamur dengan cara dioleskan atau direndam. Setelah luka potongan mengering, bibit-bibit tersebut langsung ditanama dimedia tanam yang sudah disiapkan. Anda bisa menggunakan pot kecil, polybag atau di petak tanam langsung ditanah seperti gambar dibawah ini, ingat penyiraman bibit jangan terlalu sering 3 hari sekali saja, kalau sering di siram air bibit bisa busuk :

Bibit Buah Naga 0 edit

tanam-di-tanah

4. Bagi anda yang ingin lebih cepat tanaman buah naga anda berbuah, anda bisa mempersingkat waktu. Anda bisa langsung menanam cabang panjang tanpa dipotong-potong dulu seperti gambar dibawah ini, pilihlah dari batang/cabang yang sudah tua ditandai kayu keras di tengan sulur dan sudah pernah berbuah:

Sudah-berbuah

Sinaga-Merah-Dari-Ujung-Kulon

Super Red Lek Rasmidi

Perawatan bibit buah naga juga tidak terlalu sulit, anda hanya perlu memperhatikan bibit buah naga tidak kelebihan air, tidak kekurangan sinar matahari, dan berikan pupuk kandang ayam dalam tahap pembesaran bibit. Selamat mencoba, kalau mau beli yang sudah jadi silahkan hubungi kami di bawah ini:

Waras Farm. Jl. Lebak Kayang KP perigi Cikerai, Cibeber, Cilegon

081314457361, 081911188430 Ir. rasmidi Email: warasfarm@gmail.com

5 thoughts on “Cara Membuat Bibit Buah Naga Mandiri

  1. Rian

    Maaf mau tanya apa bener bibit buah naga harus dari batang yg sudah pernah berbuah, soalnya ada yg bilang 8-9 bln udah bisa berbuah tapi punya saya udah hampir 2thn belum pernah berbuah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s