Sensasi memetik buah Naga di kebun, bukan sekedar liburan biasa

Buah Naga Mekar dan Berbuah
Buah Naga Mekar dan Berbuah

Cilegon – Wisata agro menjadi pilihan menarik untuk menghabiskan masa liburan sekolah atau akhir tahun, apalagi bagi mereka yang sudah jenuh dengan wisata dalam kota. Suguhan wahana permainan dari mall ke mall, yang tidak memberi banyak pilihan, apalagi liburan bersama keluarga.

Malang dan Bandung sejak lama sudah membuka wisata agronya, apel dan buah naga menjadi penariknya. Wisatawan yang berkunjung ke sana bisa memetik langsung buah dari pohonnya. Bukan hanya memetik, pengunjung juga diterangkan bagaimana memilih buah naga atau pepaya yang bagus. Tak hanya pepaya, tapi jambu bol/jamaika, jeruk , dan buah lainya. Tentu ini suatu wisata yang menarik dan tak terlupakan. Wisata agro tersebut memberi sensasi yang tidak bisa ditemukan di mall-mall.

Menikmati masa pensiun
Menikmati masa pensiun

Bagaimana dengan Cilegon? kota yang terkenal dengan julukan kota baja/industri. Jika anda ingin merasakan sensasi wisata agro seperti di dua kota dingin tersebut. Cilegon juga punya wisata agro buah naga di Cikerai, Cibeber yaitu Waras Farm. Di sana anda akan menemui kebun-kebun buah naga dan pepaya yang menghampar dengan rapi, serta aneka tanaman buah.

SD Insantama-3Selain bisa langsung merasakan segarnya jus buah naga atau coktail pepaya, wisatawan bisa juga memetik langsung dari pohonnya.”Kalau mau memetik langsung dari sensasinya lain, juga bisa sambil berfoto ujar ir Rasmidi alumnus Brawijaya Malang ini juga salah satu pemilik kebun buah naga Waras faram.

Korpri Cilegon-1“Sabtu dan Minggu banyak rombongan wisatawan yang datang ke sini,” imbuh ir Rasmidi. Anyer dan carita bukan satu-satunya obyek wisata yang ada di Cilegon. Dari Jalur lingkar selatan menuju Anyer bila kita hamparka mata akan terbentang pemandangan pegunungan , pemandangannya yang relatif masih hijau dan segar. Arahkan di KM 4,5 ke arah selatan naik ke atas jalan menuju mancak.Di sepanjang jalan anda akan melihat pemukiman penduduk dan sawah serta tegalan, masih alami, termasuk wisata agro buah naga dan kebun pepaya yang menarik.

Naga MerahDi Minggu siang lalu, kebun buah naga milik yang dikelola ir rasmidi dikunjungi rombongan wisatawan asing maupun domestik. Kedatangan mereka sengaja ingin melihat kebun buah naga dan pepaya dari dekat, selain ingin merasakan langsung buah naga di warung pecel gunung yang berbentuk saung-saung yang berdekatan dengan kebun buah naga.

Sepuluh orang wisatawan dari Korea satu-persatu menuruni mobil yang mereka tumpangi di pelataran parkir waras farm, mereka adalah expatriat yang bekerja di Kratau Posco. Meskipun cuaca siang itu kurang bersahabat, ekspresi wisatawan berwajah oriental itu tampak sumringah ketika melemparkan pandangannya kearah perkebunan buah naga dan pepaya california. Kebun seluas 3,5 hektar yang berbukit itu berlatar belakang gunung waringin kurung. “Wah..bagus sekali pemandangannya,” ucap, salah satu rombongan wisatawan negeri ginseng itu yang sudah fasih berbahasa Indonesia.

Mereka tidak menyia-nyiakan kesempatan itu untuk berfoto ria dengan latar belakang kebun buah naga dan pegunungan hijau itu sembari memesan minumans dan buah naga serta menikmati pecel gunung kembang turi. Rupanya mereka juga ingin makan buah naga dan pepaya yang segar dan mengupasnya sendiri. Mereka juga menikmati pedasnya salad ala Indonesia.

makan di saung“Mereka ke sini juga ingin tahu bagaimana cara menanam buah naga di Indonesia karena di negara mereka tidak ada,” mereka tahu keberadaan waras farm dari rekan-rekan mereka di Kratau Posco asli orang Indonesia. Wisatawan yang rata-rata sudah berusia lanjut itu tampak menikmati sekali panoramanya dari lesehan saung yang unik sambil menikmati minuman dan buah naga. Saung itu memang didesain tanpa sekat sehingga tamu yang duduk lesehan bisa menikmati langsung pemandangan kebun buah naga yang hijau dan panorama gunung waringin kurung. Serasa di negeri mereka tapi beda iklimnya Tropis.

panen pepaya dan buah nagaBuah naga berbuah di bulan Agustus-Maret dan dipercaya mempunyai banyak khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan manusia diantaranya sebagai penyeimbang kadar gula darah, pelindung kesehatan mulut, pencegah kanker usus, mengurangi kolesterol, pencegah pendarahan dan mengobati keluhan keputihan.

Sementara itu, satu rombongan keluarga dari Bandung langsung menyantap menu makan siangnya berupa sego pecel kembang turi. Tak lupa mereka pesan minuman.”Kami sengaja datang ke sini setelah penasaran dengan berita facebook dan berita-berita di internet. Ternyata panoramana di sini lebih indah dari berita di fb dan internet itu,” ungkapnya.

Kadang datang juga rombongan anak-anak sekolah dari TK, SD, SMP dan SMA bersama guru pendamping datang untuk belajar seluk beluk tanaman buah dan tabulampot, tak lupa juga mereka berfoto-foto dengan tanaman buah.

SMP Al Mannar Depok
SMP Al Mannar Depok

Tak berselang lama, Dua buah bus pariwasata juga datang ke perkebunan buah pepaya dan naga ini. Puluhan anak-anak smp di dalamnya langsung turun menuju saung utama. Mereka tak langsung memesan makan dan minum dulu, tapi langsung mengeluarkan kamera masing-masing mengabadikan panorama yang mungkin bagi mereka baru. Gerimis yang turun tidak menghalangi mereka untuk berfoto ria dengan latar belakang kebun buah naga dan panorama gunung yang biru.

peran guruWisata agro buah naga dan pepaya california memang termasuk baru di Cilegon. Meskipun terbilang relatif baru dibanding wisata pantai Anyer dan Carita, wisata agro buah naga sudah banyak dikunjungi wisatawan. Baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara ( korea dan china, itu juga expatriat yang ada di cilegon).

Gendong Naga sabet jerukKebun buah naga dan pepaya yang ada di wilayah ini seluas 2 hektar, dikelola oleh ir rasmidi dan istrinya. Meskipun terbilang baru, buah naga super reds cikerai sudah disukai beberapa orang di sejumlah kota di Cilegon.”Kami khusus menjual buah naga dan pepaya california bagi pengunjung yang datang ke waras farm, ujar pak rasmidi.

Buah naga yang awalnya diimport dari Luar ini, rupanya berkembang bagus di cilegon dengan iklim pantainya. Petani  disini bisa panen dua sampai empat kali sebulan. Bahkan musim berbuah bisa sampai bulan mei sebuah potensi yang menjanjikan. Petani buah naga bukannya tidak mendapat kendala dalam merawat buah yang buruk rupa namun menawan setelah dibelah itu.

Komunitas Sepeda
Komunitas Sepeda

Perkebunan buah naga bukan satu-satunya objek wisata di lahan yang dikelola ir rasmidi, di lembahnya ada pepaya california.”Ke depannya saya ingin membuat wisata agro terpadu, di mana pengunjung selain bisa menikmati buah naga dll dan panoramanya, mereka juga bisa menikmati tanaman obat dan sayur-mayur “Pokoknya something different, jangan biasa-biasa aja, ke depan perlu dikembangkan potensi lainya yang unik dan punya atracting factor yang seru”pungkasnya. Markibun

Bagai Pinang dibelah dua

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s