Fungsi Saung di Tengah Sawah dan perkembanganya

Ngaso di Gubuk sawah-2Sudah lama rasanya aku tidak lagi merasakan suasana pedesaan yang tenang, jauh dari hiruk pikuknya kota besar. Jauh lebih lama lagi sejak terakhir kali aku berkesempatan bersantap siang di sebuah saung yang terletak di tengah sawah sambil memandang birunya langit dengan horison yang dipagari deretan pegunungan dan bukannya deretan gedung. Terbayang kan nikmatnya bersantap bersama di suatu ruangan yang sejuk karena semilirnya angin, dan bukan karena AC? Musik yang terdengar sayup-sayup juga bukan iringan musik cadas ataupun pop, melainkan lantunan gamelan atau degung yang ditingkah tulat tulit suara suling. Aaaahhh . . . asyik sekali rasanya membayangkan suasana begitu.

Kata ini sekarang bermunculan di banyak tempat, ada juga yang menyebut Gazebo, dulu kata Saung akrab bersanding dengan sawah, kebun , tegalan atau belakang rumah. Tidak istimewa karena konotasinya kampung dan Ndeso. paling tidak itu yang ada dibenak saya dulu. Lalu..  bagaimana Saung Versi Modern? yoo dilanjut..

Cilegon-13Minggu kemarin saya melihatlihat beberapa Spanduk iklan di internet Sego Pecel Waras Farm, lokasinya di Cikerai, Cilegon menyediakan berbagai macam makanan khas makanan Jawa Timur. Saya datangi alamatnya, ternyata sebuah rumah makan yang cukup wah, bernuansa alam pedesaan, makan secara lesehan dibeberapa saung di atas hamparan perkebunan yang memang disediakan untuk itu. .. nyamaaan. hingga kepikiran untuk nulis artikel ini lagi.

Oh ya Saung adalah sebuah kata dalam bahasa sunda yang artinya rumah atau gubug kecil.. biasanya kata saung digunakan untuk menyebut sebuah gubug kecil yang ada di luar rumah seperti di sawah, ladang, kebun atau dimana saja pokoknya terpisah dari bangunan rumah.  Sebagai ilustrasi kalau disekitar rumah ada gubug kecil yang dipakai untuk nyimpan binatang piaraan, perabotan, kayu bakar dsb.. maka gubug itu biasa disebut Saung.

santap pecel duluFungsi Saung sekarang bergeser dan lebih luas sebagai tempat istirahat, berteduh, makan-makan atau kegiatan lain seperti tempat ngobrol, ngelink dan loby, bisnis, pertemuan berbagai link masyarakat, dll bahkan di hotel pun ada fasilitas saung.. banyak ide/gagasan bahkan kesepakatan besar lahir dari gubuk bernama Saung ini. Saung telah jadi trademark untuk berbagai macam nama tempat, kegiatan dan keperluan lainnya. Lahirlah istilah Saung Meeting, Saung belajar, Saung PAUD, Saung Seni, Saung makan,dsb.Di dunia mayapun bertebaran situs, web atau blog yang pakai nama Saung. Tercatat ada Saung Tani, Saung Resto, Saung Domba, Saung Talaga, Saung Angklung dll.

Dalam pencariannya Google berhasil mengeluarkan angka 7.950.000 kata Saung saat posting ini dibuat.. entah nambah berapa lagi ketika anda membacanya. Dari keyword kata Saung Makan ternyata Saung Talaga dan Pondok Citra Saung Lesehan ada dihalaman pertama nomor 1 dan 2 sementara Saung Lesehan urutan ke 1. SERP yang bagus. pikirku… Ini screenshotnya

Liburan singkat ke akhir pekan mengunjungi tempat-tempat bernuansa alam kini semakin digemari keluarga yang tinggal di perkotaan. Berbagai pilihan lokasi yang dekat dengan Jakarta bisa travelers pilih. Salah satunya yang bisa anda kunjungi akhir pekan ini adalah Desa Sawah atau Kebun Sawah .Ada apa saja disana yah? Mari kita telusuri.

Cilegon-14Udara sejuk pedesaan dan suasana persawahan dengan latar belakang pemandangan Gunung Waringin Kurung akan menyambut anda saat menapaki tempat ini. Waras Farm di desa Cikerai Cibeber, Cilegon anda akan dibuat menyatu kembali ke alam dengan menyantap hidangan di saung makan tengah perkebunan sambil ditemani suara gemericik pepohonan saling beradu dan sepoi-sepoi semilirnya angin.Waras Farm yang dulunya lahan gersang ini memang berkonsep Restoran dan Farm di tengah sawah. Restoran yang menyatu dengan perkebunan yang nyaman pun menjadi daya tarik utama pengunjung betah berlama-lama di tempat ini.

makan di saungSambil asik menikmati santapan kuliner sego pecel, pisang goreng dan bersantai bersama keluarga, pengunjung juga dapat menikmati indahnya pemandangan alam Cikerai.

Nah, bila travelers berminat menghabiskan akhir pekan untuk sekedar berkunjung sehari, anda bisa melakukan pemesanan saung makan sebelumnya, terutama di hari libur. Karena di saung bisa langsung melihat perkebunan pepaya california dan buah naga serta aneka bibit tanaman buah yang bisa anda beli untuk dibawa pulang.

pemandangan bukitYuk ajak keluarga berwisata edukasi/agrowisata seru di Waras Farm ini yang berada kurang lebih 8 km dari pintu tol Clegon Timur  menuju arah Cikerai-Mancak. Sekira 3,5 km dari Jalan Lingkar Selatan, belok kiri, terus saja sampai ketemu SMUN 3 Cilegon naik ke atas setelah 500 M anda akan menjumpai Waras Farm di sisi kiri. Jangan lupa membawa pakaian ganti ya!

Waras Farm

Alamat              : Jl. Lebak Kayang Kampung Perigi Cikerai, Cibeber, Cilegon Banten Indonesia

Telepon            : 081314457361, 081911188430

Jam buka         : Senin-Minggu : 08:00 – 19:00 wib

2 thoughts on “Fungsi Saung di Tengah Sawah dan perkembanganya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s