Agro Wisata Cikerai: Pilihan Tepat Mengisi Waktu Libur Bersama Keluarga

panen buah naga
panen buah naga

Wisata Cikerai Waras Farm, merupakan wisata alam yang akan memanjakan siapapun yang datang ke sana. Cikerai sendiri merupakan sebuah kawasan yang memiliki panorama alam pegunungan dengan udara yang sejuk dan jauh dari kebisingan kota Cilegon. Meskipun letaknya hanya Dua Setengah jam jika ditempuh dari Jakarta atau Setengah jam dari Cilegon ataupun Serang, tetapi Cikerai merupakan daerah perbukitan dan pegunungan yang aman dan nyaman untuk digunakan bermain dan berekreasi. Bahkan merupakan Jalur Track MTB ( Mountain Bike) Gate 4 Cikerai-Pegunungan Waringin Kurung.

Industri batu bata cilegon
Industri batu bata cilegon

Wisata Cikerai menawarkan berbagai tempat asri yang bisa Anda nikmati dalam waktu senggang ataupun liburan Anda, diantaranya ada Waras Farm ( Kawasan Perkebunan Pepaya California, Buah Naga dan Sentra pembibitan Tanaman Buah), MTB Track gate 4, Wisata Sosial anda bisa melihat kehidupan social para pembuat batu-bata merah karena di sini lah sentra pembuatan batu-bata di Cilegon yang diekspor keluar kota seperti Jakarta, Serang, Tangerang dll. Anda juga bisa melajutkan perjalanan ke atas untuk menikmati keindahan kawasan mancak dengan danaunya atau menikmati durian lokal. Ketika Anda di sini Anda akan benar-benar merasa tenang dan nyaman.

panen pepaya dan buah naga
panen pepaya calina dan buah naga

Wisata Cikerai: Asri dan Nyaman

– Waras Farm

Lahan yang luas dan pemandangan yang menawan membuat tempat ini biasanya digunakan sebagai tempat Agrowisata anak-anak Sekolah mengenal Tanaman. Akan tetapi, tak jarang pula tempat ini digunakan untuk mengadakan pertemuan-pertemuan atau arisan keluarga. Pada pukul 09.00 samai 17.00 WIB, di sini juga bias menikmati kuliner khas jawa timur sego pecel kembang turi di saung-saung dengan pemandangan pegunungan dan hijaunya kebun yang luas.

Gendong Naga sabet jeruk
Gendong Naga..metik Pomelo Bali

– MTB Trek

Tempat ini merupakan wahana petualangan untuk melatih mental dan kemandirian bagi yang memainkannya. Akan ada banyak petualangan dimulai dari menyusuri semak, jalan menanjak, melewati kubangan air, tanah yang becek dan lainnya. Sehingga tidak salah sebagai gate 4 MTB Track Cilegon dengan pemandangan yang indah dikenal juga sebagai jalur sego pecel di kalangan MTB mania.

waras farm sego pecel
Start Ngegowes

Pecel Kembang Turi

Setelah lelah nggowes bisa mampir ke saung sego pecel sambil beristirahat bisa menikmati kuliner sego pecel madiun dengan kembang turi/bunga turinya dan menikmati santapan buah seperti pepaya calina, buah naga, jeruk, mangga, klengkeng, sawo, alpukat dll ditemani segarnya orange juice/ es jeruk diambil dari kebun sendiri.

santap pecel dulu
santap pecel dulu

Mancak

Melewati jalan pedesaan yang tidak terlalu besar. Merasakan sensasi naik turun jalan serta dikelilingi oleh paparan hijau padi yang mulai menguning sebagian. Sampai tibalah kami di Wisata Lembah Bukit Hijau – Mancak- Anyer-Banten.

pertanian banten kidul
Pertanian Banten Kidul

Rawadano atau Cagar alam Rawa Danau terletak di kabupaten Serang, dan berjarak 101 km dari Jakarta. Kawasan ini merupakan kawasan yang didominasi rawa-rawa, juga terdapat sebuah danau. Luas kawasan ini sekitar 2.500 ha yang ditumbuhi oleh berbagai jenis pohon. merupakan kawasan cagar alam yang ditetapkan berdasarkan Goverment Besluit (GB) nomor 60 stnl. 683 tanggal 16 November 1921. Secara administrasi pemerintahan, Cagar Alam Rawa Danau termasuk dalam tiga kecamatan , yaitu : Kecamatan Padarincang, Kecamatan Pabuaran dan Kecamatan Mancak, Kabupaten Serang.

Pulau ini menjadi tempat bersarang bagi aneka jenis binatang reptil, seperti ular dan buaya. Tidak kurang dari 250 jenis burung bermukim di kawasan ini. Kita dapat mencapai lokasi ini melalui tiga jalur, yaitu; Jakarta-Cilegon-Anyer-Rawaadano, Jakarta-Serang-Padarincang-Rawadano, dan Jakarta-Serang-Anyer-Cinangka-Padarincang-Rawadano.

rawa danau
rawa danau
view waras farm
view waras farm
Sunrise di waras Farm
Sunrise di waras Farm

Itulah tempat-tempat yang bisa Anda temui jika Anda berkunjung ke Cikerai, Cilegon. Tempat ini memang tempat wisata yang masih tersembunyi masih kalah tenar dengan pantai Anyer dan Carita. Jika Anda merupakan orang yang sangat bosan dengan hiruk pikuk kota, juga termasuk orang yang sering merindukan kebersamaan keluarga tidak ada salahnya Anda wisata cikerai untuk menjernihkan fisik dan mental Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s