Memanfaatkan Kulit Telur sebagai Pupuk Organik Alami

Kulit Telor-1Kebanyakan orang pasti tidak tahu bahwa ketika anda sedang memasak di dapur dengan segala bahan masakan yang tersedia, pasti tidak luput dari telur. telur merupakan hidangn lauk yang wajib tersedia di meja makan dengan harga yang relative murah sehingga banyak orang yang dapat menjangkau harganya tersebut mulai dari kalangan bawah sampai dengan kalangan atas, banyak zat protein dalam kandungan telur yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh sehingga telurpun tidak luput  sebagai hidangan wajib dalam keluarga.

Apa yang anda lakukan dengan cangkang atau kulit telur yang selama ini dapatkan setelah mengambil isinya? Dibuang atau dimanfaatkan menjadi sesuatu? Mungkin untuk sebagian orang kulit atau cangkang telur hanya merupakan sampah yang tidak berguna dan sebaiknya cepat cepat dibuang sebelum menghasilan bau atau aroma amis dari sisa –sisa cairan telur.

Kulit Telor-3Tapi, tahukan anda, cangkang telur yang selama ini dianggap sebelah oleh sebagian orang dapat dimanfaatkan dan menghasilkan pundi-pundi uang atau juga dimanfaatkan untuk kebutuhan pribadi. Selain dapat digunakan atau dimanfaatkan menjadi bahan kerajinan tangan atau hasil karya seni, cangkang telur juga dapat digunakan sebagai bahan tambahan atau pupuk organik.

Pada tulisan sebelumnya sudah banyak bahan-bahan diseitar kita yang dapat dimanfaatkan sebagai pupuk alami untuk tumbuhan di pekarangan rumah anda. Dan sebagai tambahan referensi, anda juga dapat memanfaatkan cangkang telur sebagai pupuk organik pada tanaman di pekarangan rumah anda. Tahukah anda, berdasarkan beberapa penelitian sebelumnya didapatkan hasil bahwa cangkang telur yang telah kering memiliki beberapa kandungan makro dan mikro yang baik untuk kesuburan tanaman, diantaranya kalsium karbonat, fosfor, magnesium, natrium, kalium, seng, mangan, besi dan tembaga, dimana kandungan kalsium merupakan kandungan tebesar di antara unsur lainnya. Dan kandungan kalsium yang cukup besar tersebut berpotensi untuk dimanfaatkan sebagai pupuk organik bagi tanaman.

Cara Membuat Pupuk Organik dari Cangkang Telur

Nah, sekarang bagaimana caranya agar cangakang telur tersebut dapat dimanfaatkan? Gampang, beriut tips pemanfaatan cangkang telur sebagai pupuk organik tumbuhan:

Kulit Telor-2

1. Cangkang telur yang tidak digunakan lagi dijadikan satu di suatu wadah atau tampah.

2. Keringan cangkang telur dengan cara dijemur, pastikan cangkang telur benar-benar dalam kondisi kering agar lebih mudah untuk diproses dalam tahapan berikutnya. Jika anda memilii oven, cangkang telur juga dapat di oven agar didapatkan hasil kering yang merata dan baik.

3. Cangkang telur yang telah kering tadi, anda hancurkan, semakin hancur maka semakin baik.

4. Setelah dihancurkan, kulit telur sudah dapat langsung digunakan, baik sebagai campuran media tanah  atau sebagai taburan di sekitar tumbuhan pot.

Kulit Telor-4Itu tadi sedikit tips memanfaatkan cangkang telur sebagai pupuk organik alami untuk tumbuhan di pekarang rumah anda. Nah, mulai saat ini jangan buru-buru untuk membuang barang-barang bekas yang ada di rumah anda, mana tahu masih bisa diolah dengan mudah dan menjadikan suatu karya yang dapat menjadi salah satu penghasilan atau paling tidak bermanfaat untuk anda sendiri.

Selamat mencoba.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s