Mengajak Anak-anak untuk Berkebun di Hari Minggu

berkebun bersama keluarga
berkebun bersama keluarga

Kepadatan aktivitas orang-orang dikota-kota besar yang seakan tak ada hentinya membuat Anda semakin jarang berkumpul bersama keluarga. Tak perlu pergi ke tempat wisata, di rumah pun Anda bisa melakukan family time dengan baik. Sisihkan waktu Anda pada hari minggu untuk berkumpul bersama keluarga.wisata Edukasi-1Berkebun menjadi salah satu hal yang paling menyenangkan saat family time. Berkebun bisa memiliki banyak manfaat untuk anak Anda. Banyak hal yang bisa dipelajari oleh anak kecil maupun anak usia remaja dengan berkebun. Contohnya saja, berkebun bisa mengajarkan mereka tentang musim dan lingkungan. Selain itu, mereka juga sadar akan pentingnya tumbuhan hijau bagi kehidupan manusia. Dilansir dari familytime.co.uk, penelitian yang dilakukan oleh RHS menunjukkan bahwa anak-anak yang sering berkebun bisa tampil lebih baik saat di sekolah. Mereka akan lebih tangguh dan siap untuk mempelajari sesuatu.

Nah, kira-kira tumbuhan apa ya yang bisa ditanam saat berkebun?
Saat berkebun, sangat penting untuk memilih jenis tumbuhan supaya anak tidak cepat bosan.

Bunga matahari
Anda bisa memilih tanaman dengan biji yang besar seperti bunga matahari. Bunga matahari lebih cepat tumbuh dan pasti si kecil sangat senang melihat keindahan bunga matahari saat bunganya sudah tumbuh.

Sayuran
Menanam sayur-sayuran sangatlah menyenangkan. Tidak hanya melihat tanaman tumbuh, Anda dan si anak juga bisa mengonsumsi sayur sebagai makanan sehari-hari. Cobalah mencari tahu sayuran apa yang menjadi favorit anak. Anda bisa menanam jenis sayuran tersebut Ladies. Anda juga bisa mencoba menanam lobak, selada, atau buncis. Jenis sayuran bisa tumbuh hanya dalam 2 sampai 8 minggu. Selain senang, anak pun sehat ya.

Tanaman Buah

peran guruYa tanaman buah pasti disukai oleh anak-anak, anda bisa memilih  tanaman buah yang cepat pertumbuhanya seperti pepaya  yang relatif cepat besardna cepat berbuah sepeti pepaya california.jenis pepeaya ini memiliki ukuran lebih pendek dari pepaya biasanya dan umur 7 bulan sudah bisa dipetik buahnya, asyik kan memetik hasil kebun sendiri.

Tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar
Menanam tumbuhan yang tumbuh dari biji tidak perlu merogoh kocek yang banyak. Biji-bijian sangat murah dan mudah untuk Anda dapatkan. Anda juga tidak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk membeli pot. Jika Anda kreatif, botol bekas atau kardus yang Anda desain sedemikian rupa bisa menjadi alternatif pilihan lho.

Bunga-bungaan
Selain menanam tumbuhan hijau, Anda bisa menyulap taman untuk tempat datangnya lebah atau kupu-kupu. Anda juga bisa menanam beberapa jenis bunga untuk menarik perhatian kupu-kupu. Si kecil pun juga pasti senang melihat keindahan kebun dan kupu-kupu yang terbang ke sana kemari.

Berikut beberapa tips ketika mengajak anak untuk berkebun, diantaranya:

Libatkan seluruh keluarga

wisata Edukasi-3Bagi yang belum terbiasa, berkebun mungkin jadi kegiatan yang cukup sulit. Solusinya, ajaklah seluruh anggota keluarga, misalnya saat keluarga tengah santai di hari Minggu.

Dengan keterlibatan seluruh keluarga, kegiatan berkebun akan lebih mudah dan menyenangkan. Bagilah tugas sesuai minat dan kemampuan masing-masing agar semua bisa bekerja dengan senang.

Tentukan waktu dan lokasi

Ya, waktu adalah faktor yang cukup penting. Hari Minggu atau hari libur sebaiknya dipilih dalam melaksanakan kegiatan berkebun. Usahakan untuk memulai saat pagi hari dan melanjutkannya saat sore hari. Saat siang hari sebaiknya digunakan untuk istirahat karena cuaca mungkin akan panas.

Tentukan pula lokasi kegiatan berkebun Anda dan keluarga. Buatlah denah untuk lokasi mana saja yang akan ditanami. Jangan lupa untuk mendiskusikannya bersama. Anda juga perlu mendengarkan pendapat dari seluruh anggota keluarga.

Memilih tanaman

Sinaga-Merah-Dari-Ujung-KulonSetelah menentukan waktu dan lokasi, Anda dan keluarga bisa mulai untuk memilih jenis tanaman yang akan ditanam. Ijinkan ana-anak untuk menentukan apa-apa saja yang ingin mereka tanam, bisa bibit sayuran, buah-buaha, ataupun bunga.

Berbelanja

Kegiatan yang satu ini tentu akan sangat menarik bagi anak-anak. Ya, setelah menentukan tanaman apa saja yang dipilih, Anda dan keluarga bisa mengunjungi toko bibit tanaman untuk berbelanja.

Jangan lupa pula untuk membeli alat-alat berkebun seperti sarung tangan, gunting potong, sekop, pot, dan lain sebagainya. Jangan lupa pula membeli tanah humus dan pupuk, serta alat penyiram tanaman.

Sedikit tips, berbelanja bibit tanaman buah dan sayur tentu akan sangat bermanfaat. Pasalnya, suatu saat Anda dan keluarga kemungkinan bisa merasakan hasilnya. Selain itu, anak-anak juga akan semakin bersemangat karena bisa mengkonsumsi buah dan sayur hasil kebun mereka sendiri.

Perawatan

Usahakan bahwa kegiatan berkebun Anda dan keluarga bukanlah kegiatan musiman. Jangan sampai berkebun hanya dilakukan satu atau dua kali lalu selesai.

Kegiatan berkebun sebaiknya dilakukan secara teratur demi kelangsungan hidup tanaman-tanaman yang sudah ditanam sebelumnya Misalnya, dengan membuat jadwal berkebun.

Bagilah tugas kepada seluruh anggota keluarga agar mau merawat tanaman setiap harinya. Masing-masing anggota keluarga mendapat jatah tugas sekali atau dua kali dalam seminggu.

Mulai dari menyiram, memberi pupuk, memotong rumput hingga membersihkan kebun. Seperti kegiatan menyiram, sebaiknya dilakukan dua kali dalam sehari.

wisata Edukasi-2Setelah membagi tugas perawatan tanaman setiap harinya, buatlah jadwal berkebun bersama untuk seluruh keluarga. Misalnya, pada minggu pertama dan ketiga dalam satu bulannya.

Tunggu apalagi ? Kehangatan keluarga Anda pun bisa terjalin saat berkebun. Tidak mungkin Anda diam satu sama lain. Pasti ada kelakar dan canda yang terlontar saat Anda menghabiskan waktu bersama keluarga. Happy Gardening!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s