Jeruk Pentagon=Jeruk Segilima Dari Jepang

bentuk segilimaLagi-lagi Jepang melakukan eksperimen unik pada makanan. Kali ini, buah jeruk yang menjadi objeknya. Bilamana jeruk berbentuk bundar, kali ini Jepang membuat jeruk dengan bentuk segi lima.Jepang tak hanya memiliki semangka atau lemon berbentuk hati bahkan kotak, namun juga buah lainnya. Kali ini adalah jeruk yang berbentuk segi lima atau pentagonal. Jeruk berbentuk unik itu dikembangkan petani bernama Keisuke Ninomiya, Akihiro Nagaoka dan Jo Kubota. Tampak mereka membudidayakannya dengan cara memasukkan jeruk yang masih kecil ke dalam cetakan bentuk hati. Dari situ nantinya jeruk sudah berbentuk hati ketika mencapai usia panen. penanaman jeruk segilima Para petani menawarkan jeruknya yang unik tersebut untuk “jimat” pelajar yang menempuh ujian. Tak heran jika jeruk itu dinamai Gokaku no Iyokan atau yang bermakna “aroma kesuksesan ujian”. Penjualan jeruk itu memang untuk menyambut musim ujian sekolah di Yawatahama, Ehime.

Sebelumnya, Hiroichi Kimura berhasil membuat semangka bentuk jantung hati setelah menjalani proses panjang trial and error. Jepang juga menjadi rumah menghasilkan lemon berbentuk hati di Hiroshima. Keduanya sama-sama dihasilkan dengan memasukkan buah yang masih kecil ke dalam cetakan bentuk.

Sebuah jeruk segilima (pentagon) diproduksi di Prefecture Ehime, Jepang. Iyokan, buah jeruk Jepang berbentuk segi lima ini sebenarnya adalah jeruk mandarin, ditanam oleh Hizuchi Tachibana 4H Club. Tidak hanya memiliki bentuk yang unik, buah ini memiliki nama lucu, seperti goukaku iiyokan dapat berarti “jeruk iyokan segilima” dan “memiliki perasaan yang baik tentang kelulusan” tergantung pada karakter Cina yang digunakan. Tampaknya jeruk diciptakan sebagai pesona keberuntungan bagi siswa yang bersiap-siap untuk mengambil ujian kelulusan mereka. Idenya digagas lima tahun lalu dan butuh tiga tahun untuk mengahsilkan sukses jeruk segilima. Petani harus hati-hati membungkus setiap buah dalam cetakan, yang menekan buah ahar tumbuh sesuai bentuk yang diinginkan.

Jeruk Segi lima

3 thoughts on “Jeruk Pentagon=Jeruk Segilima Dari Jepang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s