Varietas Unggul Buah, Pepaya Merah Delima

pepaya merah delimaTanaman pepaya dapat ditanam disemua daerah di Indonesia dan tumbuh subur dari dataran rendah sampai dataran tinggi, yaitu 1000m dpl. Produksi buah pepaya di Indonesia cenderung meningkat dari tahun ke tahun hingga mencapai 643,451 ton pada tahun 2006 ( Departemen Pertanian, 2008 ).Indonesia adalah produsen pepaya terbesar kelima di dunia setelah Brazil, Nigeria, India dan Mexico. Namun demikian nilai ekspor pepaya Malaysia lebih tinggi dari ekspor pepaya Indonesia, salah satu penyebabnya adalah kualitas buah pepaya yang diekspor oleh Malaysia lebih baik. Nilai ekspor pepaya Malaysia meningkat tajam dengan ditemukannya pepaya hybrid Eksotika.

merah delimaWalau pun terjadi peningkatan produksi, namun masih banyak kendala yang ditemui dalam budidaya pepaya, antara lain produktivitas rendah, ukuran buah kurang sesuai dengan konsumen,padatan total terlarut masih dibawah 12° Brix, terbatasnya varietas unggul yang berumur genjah dan ukuran tanaman pendek, serta kemampuan adaptasi yang rendah terhadap cekaman lingkungan terutama kekeringan dan kegenangan. Oleh karena itu perbaikan varietas pepaya merupakan salah satu faktor penting dalam peningkatan ekspor pepaya.

Pada umumnya konsumen menyukai buah pepaya yang mempunyai produksi tinggi sepanjang musim, cepat berbuah, ukuran buah kecil sampai sedang,karakter daging buah tebal, citarasa manis,tidak lunak dan tahan lama disimpan.Untuk menemukan varietas yang sesuai dengan karakter dan yang sesuai dengan keinginan konsumen tersebut dalam satu varietas jumlahnya masih sangat terbatas. Seperti pada pepaya Semangko dan Dampit mempunyai daging buah tebal tetapi cita raskurang manis dan warna daging buah kurang merah ( ukurannya terlalu besar yaitu lebih dari 2kg ). Pada pepaya  arum bogor, Carysa atau Eksotika mempunyai rasa manis tetapi daging buah agak tipis. Di Indonesia terdapat beberpa jenis pepaya lokal dan varietas baru yang sudah dilepas oleh beberapa institusi yaitu IPB, Balitbu Tropika. Pada tahun 2002 Balitbu Tropika sudah melepas 2 ( dua ) varietas pepaya Sari Gading dan Sari Rona. Institut Pertanian Bogor telah melepas pepaya Arum Bogor, pepaya Hawai dilepas dengan nama Carisya dan pepaya California dilepas dengan nama CALLINA. Selain itu juga terdapat beberapa jenis varietas pepaya tersebut merupakan introduksi dari luar negeri, sedangkan hasil perakitan varietas dalam negeri masih terbatas.

Papaya-Merah-Delima-001Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika telah mempunyai koleksi pepaya MERAH DELIMA, warna daging buahnya merah orange, daging buah tebal ( >3cm ), rasa sangat manis ( TSS :11-14? Brix), produktivitas diatas 70t/ha ukuran buah sedang dengan bobot rata-rata 1,2kg/buah. Hal ini penting dilakukan untuk mengetahui kestabilan sifat morfologi dan kualitas maupun kuantitas buahnya. Pepaya MERAH DELIMA mempunyai karakter kualitatif yang hampir mirip dengan pepaya CALLINA, Perbedaannya antara lain pada penampilan punggung buah dan bentuk rongga tengah. Pada pepaya CALLINA punggung buah relatif lurus dan rata sedangkan pepaya MERAH DELIMA punggung buah agak bergelombang. Demikian juga dengan bentuk rongga tengah CALLINA tidak teratur sedangkan pepaya MERAH DELIMA mempunyai bentuk rongga seperti bintang bersudut lima. Keunggulan lain pepaya MERAH DELIMA yaitu daging buah lebih tebal, rasanya lebih manis dengan kadar gula ( TSS ) rata-rata 14°Brix, dan jumlah buah perpohon / 4 bulan dapat mencapai 80 buah. Produktivitas tanaman dapat mencapai 90 ton/ha/empat bulan, dengan jumlah populasi 1200 tanaman/ha. Pepaya MERAH DELIMA dapat ditanam dengan jarak tanam 2x2m, sehingga produksi per hektar dapat lebih tinggi. Pepaya ini dapat dipanen pada umur 7-8 bulan setelah tanam dan umur produktifnya dapat mencapai 2-3 tahun.

Pepaya MERAH DELIMA akan dapat memacu pengembangan dan produksi buah dan benih pepaya  nasional. Terpenuhinya kebutuhan buah dan benih pepaya dalam negeri yang berkelanjutan, bermutu tinggi dan disukai masyarakat dapat mengurangi ketergantungan impor buah dan benih pepaya nasional sehingga berdampak positif terhadap peningkatan devisa negara. Selain itu dengan diperolehnya VUB pepaya MERAH DELIMA akan dapat meningkatkan luas wilayah pengembangan pepaya sehingga produksi nasional pepaya akan meningkat. Apabila ketersediaan buah pepaya yang berkualitas tercukupi maka daya beli masyarakat di dalam dan diluar negeri terhadap buah pepaya tersebut akan meningkat dan diiringi dengan meningkatkan pendapatan petani.

Tri Budiyanti dan Sunyoto
Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika

10 thoughts on “Varietas Unggul Buah, Pepaya Merah Delima

  1. assalamu’alaikum, salam kenal pak. saya tertarik sekali dengan papaya merah delima saya bermaksud untuk menanam pepaya jenis ini, dimana saya dapat membeli bibitnya dan harganya berapa ?

  2. Pingback: Varietas Unggul Buah, Pepaya Merah Delima | Menebar Rahmat Berbagi Manfaat

  3. waluyo

    assalamuaikum pak ,saya ingin bertanya cara mendapatkan bibit pepaya kususnya merah delima bagaimana cara dan berapa harga biji maupun bibitnya dan di wonosobo sudah ada agennya belum untuk bibitnya kalau sudah dimana alamatnya trim wasalam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s