Kenapa Tanaman Buah Naga Tidak Mau Berbuah dan Rontok Bunganya?

Perawatan-Buah-NagaAkhir-akhir ini banyak sekali  pehobies buah naga yang mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang lebih tepatnya keluhan di facebook atau email waras faram, dan saya mohon maaf kalau mungkin responnya agak lambat dikarenakan kesibukan saya, semoga dengan memposting jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut diblog saya ini, bisa bermanfaat bagi rekan-rekan semua yang mengalami masalah kenapa tanaman buah naganya tidak kunjung berbuah, padahal sudah dirawat.Apa bener sudah di rawat atau dibiarin saja.

Kali ini akan ditulis tentang masalah tanaman Buah Naga yang tidak mau berbunga atau jika sudah mau berbunga tidak bisa menjadi buah malah rontok. Berikut ini kebanyakan kasus yang dialami oleh para pemula yang mungkin masih awam dengan ilmu tanaman.

1. Tidak Pernah Dilakukan Pemangkasan

Sinaga-Merah-Dari-CilegonYang paling sering terjadi pada banyak orang tentang masalah tanaman Buah Naga adalah tidak pernah dilakukan pemangkasan pada cabang. Bahkan ada teman yang mengeluh buah naganya tidak mau berubah, setelah saya melihat foto tanaman yang saya minta sebelumnya, ternyata tanamannya dibiarkan tumbuh merambat dipagar dan sangat panjang sekali sampai bermeter-meter tak teratur. Pemangkasan dilakukan pada buah naga bertujuan untuk mencegah cabang tumbuh terus menerus dan bertunas. Dengan dilakukan pemangkasan, maka pertumbuhan cabang akan terhenti. Jadi nutrisi dalam tanaman tidak digunakan untuk pertumbuhan tunas, tetapi digunakan untuk pembentukan buah. Dan jangan lupa, dalam masa berbuah unsur P dan K harus lebih banyak diberikan daripada unsur N.

2. Tidak Terkena Sinar Matahari

Cukup Sinar MatahariTanaman Buah Naga wajib terkena sinar matahari langsung, karena jika tidak tanaman buah naga tidak akan tumbuh dengan baik apalagi sampai berbuah. Kebanyakan kasus teman-teman adalah tanaman dirambatkan pada pagar, tanaman besar lain, atau tanaman berada dibawah pohon yang rindang sehingga ternaungi tidak terkena sinar matahari. Ada juga yang menanam di pot tetapi diletakkan didalam ruangan atau teras.

3. Penyerbukan Tidak Sempurna

Simbiosis-mutualismeBanyak terjadi, tanaman buah naga sudah tumbuh bunga tetapi selang beberapa hari rontok dan gagal menjadi buah. Sebenarnya bunga pada tanaman buah naga termasuk bunga sempurna dimana dalam satu bunga memiliki benangsari dan putik. Untuk penanaman di lahan terbuka seperti halaman atau kebun, penyerbukan dibantu dengan serangga atau bisa juga angin. Tetapi memang banyak pekebun yang membantu penyerbukan dengan bantuan manusia, yaitu ketika bunga mekar sempurna maka jari tangan dimasukkan di dalam bunga dan diputar perlahan-lahan untuk membantu penyerbukan. Tetapi pada dasarnya tanpa bantuan manusia bunga Buah Naga juga tetap bisa terjadi penyerbukan alami. Dan yang paling penting menurut saya adalah unsur pupuk yang dibutuhkan dalam pembentukan buah harus terpenuhi dan tidak ada hama/penyakit pada tanaman buah naga maka bunga yang tumbuh tetap bisa berbunga dan berbuah dengan baik.

Nunay-&-Buah-Naga

Dibawah ini adalah beberapa hal kecil yang kurang diperhatikan para pemula :
1. Perakaran terlalu dalam : Tanaman buah naga ditanam dalam media terlalu dalam yang mengakibatkan pertumbuhan akar menjadi lambat dan tidak optimal
2. Media tanam terlalu basah : Komposisi media tanam Buah Naga tidak boleh menyimpan air terlalu lama/menggenang yang mengakibatkan kebusukan batang. perlunya penarikan tanah menjadi gundukan agar air tidak menggenang.
3. Pupuk Kandang tidak matang : Penggunaan pupuk kandang yang belum matang akan menyebabkan kebusukan karena banyak bakteri pengganggu. Pupuk kandang di jemur dan hujankan selama sebulan baru digunakan.
3. Tidak Memperhatikan Unsur Pupuk : Dalam masa pertumbuhan dibutuhkan Unsur N yang tinggi dan dalam masa berbuah dibutuhkan unsur P dan K yang tinggi. Taburkan di sekililing batang tanaman 1 sendok makan NPK dan 1 sendok makan KCL saat bunga mulai muncul atau KNO3.

Selamat mencoba semoga jawaban ini bisa membantu permasalahan tanaman buah naga anda di rumah.

Sumber : http://www.denidi.com dan sumber lainya

9 thoughts on “Kenapa Tanaman Buah Naga Tidak Mau Berbuah dan Rontok Bunganya?

  1. maman abdurachman

    Terima kasih infonya. Buah naga saya yg 4 pohon nempel dipagar, bunganya banyak. Tapi bunga tsb rontok tidak jadi buah. Umur pohon 2 tahun. Belum sekalipun berbuah. Saya sdh kasih pupuk NPK.

  2. solikin

    maaf kalau boleh bertanya, ini saya memiliki beberapa pohon buah naga jenis super red sedang berbunga dan saya bantu penyerbukannya, namun bunga ada yang tidak jadi buah itu bagaimana? menurut informasi yang saya dapat, kalau jenis buah naga super red sulit untuk menjadi buah dikarenakan putik dengan benang sari berjauhan apakah pendapat itu benar? beda halnya dengan buah naga yang berwarna putih yang mudah terbentuk buah dikarenakan putik dengan benang sari berdekatan. mohon infonya, terimakasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s