Menggabungkan Agrowisata dan Wisata Kuliner

New Time LineAgrowisata merupakan terjemahan dari istilah Bahasa Inggris, agrotourism. Agro berarti pertanian dan tourism berarti pariwisata/kepariwisataan. Agrowisata adalah berwisata ke daerah pertanian. Pertanian dalam arti luas mencakup pertanian rakyat, perkebunan, peternakan dan perikanan (Sudiasa, 2005:11).

Pengembangan agrowisata atau desa wisata akan membangun komunikasi yang intensif antara petani dengan wisatawan. Harapannya petani bisa lebih kreatif mengelola usaha taninya sehingga mampu menghasilkan produk yang menyentuh hati wisatawan. Bila hasil pertanian (buah, sayur, bunga, daging, ikan) bisa diserap oleh hotel dan restoran dengan harga yang memadai tentu akan sangat membantu peningkatan pendapatan petani.

Bajaj Di Pondok Citra Saung Lesehan editSedangkan Wisata kuliner yang berasal dari istilah food tourism didefinisikan sebagai “visitation to primary and secondary food producers, food festivals, restaurants, and specific location for which food testing and or experiencing the attributes of specialist food production region are the primary motivating factor for travel
(kunjungan ke suatu tempat yang merupakan produsen dari suatu makanan, festival makanan, restoran, dan lokasi-lokasi khusus untuk mencoba rasa dari makanan dan atau juga untuk memeroleh pengalaman
yang didapat dari makanan khas suatu daerah yang merupakan motivasi utama seseorang untuk melakukan perjalanan wisata) (Hall & Sharples).

Cilegon-14Senada dengan definisitersebut, The Ministry of Tourism, Culture and Recreation dan The Wine Council of Ontario menyatakan bahwa wisata kuliner adalah suatu perjalanan yang di dalamnya meliputi kegiatan mengonsumsi makanan lokal dari suatu daerah; perjalanan dengan tujuan utamanya adalah menikmati makanan dan minuman dan atau mengunjungi suatu kegiatan kuliner, seperti sekolah memasak, mengunjungi pusat industri makanan dan minuman; serta untuk mendapatkan pengalaman yang berbeda ketika mengonsumsi makanan dan minuman

Sementara masyarakat Indonesia mulai akrab dengan istilah wisata kuliner terutama lewat sosok Bondan Winarno yang hadir sejak 2005 dengan acara televisi Bango Citra Rasa Nusantara yang menghadirkan aneka makanan dan minuman yang khas dari berbagai daerah di Indonesia. Pak Bondan kemudian melanjutkan “petualangannya” dalam acara Wisata Kuliner yang dilakukan di lokasi-lokasi yang tak jarang terpencil dan terdengar asing istilah kerenya menggabungkan Kuliner dan Agrowisata. Komentar “mak nyus” yang terasa pas di telinga semakin membuat acara tersebut populer. Bahkan menurut Industri Kreatif dibawah Mentri Marie Elka pangestu Kuliner  sudah masuk kedalam  salah satu kategori  dalam industri kreatif.

photo(2)Kesuksesan acara tersebut kemudian diikuti oleh acara-acara sejenis. Hampir semua stasiun televisi menawarkan acara masak-memasak yang sekaligus memperkenalkan makanan khas yang menjadi kekayaan budaya Indonesia. Meskipun kebanyakan di antara acara-acara tersebut lebih mengedepankan pamor para pesohor dengan komentar-komentar yang standar dan nyaris seragam, namun masih ada acara yang memberikan informasi kuliner yang baik, semisal acara Cita Rasa William Wongso yang tidak hanya mengajak para penonton untuk mencicipi kelezatan dan kekhasan makanan namun sekaligus memberikan konteks sosial budaya atas kegiatan kuliner dengan memaparkan akar tradisi kuliner suatu daerah lengkap dengan pengaruh budaya yang mengiringi penciptaan suatu hidangan, keunikan pasar-pasar tradisional yang umumnya telah mulai ditinggalkan pelanggannya serta tips-tips memilih bahan makanan yang baik.

 Pemandangan -1Salah satu wisata agro yang ada di kota Cilegon adalah Agrowisata Waras Farm. Waras Farm adalah kawasan agrowisata terpadu yang menggabungkan konsep nursery, tempat rekreasi dan wisata kuliner. Objek wisata ini tepatnya berada di Jl.Lebak kayang, Cikerai, Kota Cilegon.

Putriku dan Pepaya California 1Saat ini, motivasi masyarakat dalam menikmati objek wisata telah mengalami perubahan ke bentuk wisata yang spesifik misalnya agrowisata, yang memanfaatkan usaha pertanian sebagai objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Perubahan preferensi dalam menikmati objek wisata juga diakibatkan oleh adanya kebutuhan masyarakat dalam memberikan hiburan yang mengandung unsur edukasi kepada putra-putri mereka, sehingga selain mendapatkan kesenangan dalam menikmati hiburan di objek wisata, masyarakat juga dapat memperoleh pengetahuan  baru dari objek wisata yang mereka kunjungi. Kondisi tersebut, merupakan prospek yang cerah bagi perkembangan agrowisata dan sekaligus membuka peluang bagi pengembangan produk-produk agribisnis baik dalam bentuk kawasan atau produk pertanian yang mempunyai daya tarik tersendiri.

Trek Cibangkong-1
Trek Waringin Kurung

Waras Farm menggabungkan antara konsep Agrowisata dan Kuliner, di waras farm anda akan menjumpai hamparan luas  perkebunan pepaya california  dan pembibitan aneka tanaman buah dengan latar belakang kontur tanah yang perbukitan dan pengunungan sangat cocok dan pas untuk dinikmati juga jalan yang merupakan Trek MTB, bagi penggemar gowes MTB banyak trek-trek yang menantang  yaitu Trek Cibangkong, Cikerai Cilegon serta wisata kuliner Tradisional Khas Jawa Timur pecel madiun kembang Turi, Ayam bakar kalasan dll. Bagi anda pecinta tanaman anda bisa melihat aneka tanaman buah-buah tabulampot yang sedang berbuah atau yang sedang berbunga, atau tanaman buah naga yang sedang mekar bunganya.Anda pun bisa membeli aneka bibit tanaman buah tersebut.Sambil menikmati santapan disaung dengan terpaan semilir sepoi-sepoi alam pegunungan kata pak Bondan kombinasi yang serasi dan klop.

Klengkeng-4Waras Farm terletak didataran tinggi selatan kota Cilegon, tepatnya di Desa Cikerai, Cibeber yang dilewati jalan askes ke dataran tinggi mancak dan jalan potong ke kawasan wisata pantai anyer, anda bisa menikmati pemandangan hijaunya perbukitan yang sangat indah di kanan-kiri jalan. Waras Farm bisa diakses dari exit Tol Timur, Cilegon ketemu perempatan lampu merah lurus ambil jalur lingkar selatan arah labuan dan anyer yang sebagian sudah di beton, diujung jalan beton anda masuk ke kiri naik keatas perbukitan, lebih tepatnya mengarah ke SMU Negeri 3 Cilegon. Anda akan disuguhi dikanan kiri jalan industri pembuatan batu bata merah yang merupakan mata pencarian utama penduduk setempat, sebenarnya sangat disayangkan karena industri ini membelah tanah-tanah bukit untuk dijadikan batu bata merah dan menyisakan lahan gersang yang sangat berbahaya.

Industri batu bata cilegon
Industri Batu Bata Merah

Setelah melewati SMU negeri 3 Cilegon anda akan menjumpai pemandangan yang eksotik sawah-sawah terasering dan hijaunya perbukitan nah tidak jauh anda akan menjumpai hamparan pepohonan pepaya california dan jajaran bibit tanaman buah di sebelah kiri jalan, anda juga akan mendapatkan pintu gerbang ke saung waras farm. Silahkan mampir dan rasakan suasananya, semoga anda  merasakan sendiri dan tinggalkan kesan dan pesan anda di bawah ini.

Gunung Waringin Kurung
Back ground Gunung Waringin Kurung

Salah satu wisata agro yang ada di kota Cilegon adalah Agrowisata Waras Farm. Waras Farm adalah kawasan agrowisata terpadu yang menggabungkan konsep nursery, perkebunan pepaya dan wisata kuliner. Objek Agrowisata ini tepatnya berada di Jl.Lebak kayang, Cikerai, Kota Cilegon.Yang biasanya ramai diakhir pekan dengan kunjungan dari sekitar Cilegon dan Serang.

owner & investor
owner & investor

Saat ini, motivasi masyarakat dalam menikmati objek wisata telah mengalami perubahan ke bentuk wisata yang spesifik misalnya agrowisata, yang memanfaatkan usaha pertanian sebagai objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Perubahan preferensi dalam menikmati objek wisata juga diakibatkan oleh adanya kebutuhan masyarakat dalam memberikan hiburan yang mengandung unsur edukasi kepada putra-putri mereka, sehingga selain mendapatkan kesenangan dalam menikmati hiburan di objek wisata, masyarakat juga dapat memperoleh pengetahuan  baru dari objek wisata yang mereka kunjungi. Kondisi tersebut, merupakan prospek yang cerah bagi perkembangan agrowisata dan sekaligus membuka peluang bagi pengembangan produk-produk agribisnis baik dalam bentuk kawasan atau produk pertanian yang mempunyai daya tarik tersendiri. Semoga kedepan waras farm bisa menjadi desa wisata yang bisa mengangkat derajat kehidupan masyarakat sekitar dengan menggerakan roda perekonomian lewat pertanian dan perkebunan.

.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s