Jenis-jenis Buah Belimbing

Pohon Belimbing Tabulampot
Pohon Belimbing Tabulampot

Belimbing adalah tumbuhan penghasil buah berbentuk khas yang berasal dari Indonesia, India, dan Sri Langka. Saat ini, belimbing telah tersebar ke penjuru Asia Tenggara, Republik Dominika, Brasil, Peru, Ghana, Guyana, Tonga, dan Polinesia. Usaha penanaman secara komersial dilakukan di Amerika Serikat, yaitu di Florida Selatan dan Hawaii. Di Indonesia, buah ini menjadi ikon kota Depok, Jawa Barat, sejak tahun 2007.

Buah belimbing berbentuk oval dengan kulit tipis, licin dan permukaanya mempunyai lilin, berwarna hijau sampai kuning. panjang buah belimbing antara 5 sampai 12 cm dengan empat sampai enam cuping yang menonjol secara vertikal tetapi mayoritas 5 cuping, jika diiris buahnya maka bentuknya akan menjadi seperti bintang. Dagingnya berwarna cerah sampai kuning tua, berasa asam sampai manis, segar dan berair.Belimbing mempunyai pohon dengan ketinggian 10-15 meter,amun sekarang banyak belimbing yang tinggi 4-5 meter tidak menjulang tinggi lagi. Meskipun belimbing tumbuh pada daerah tropikal, namun masih bisa dapat tumbuh pada daerah dingin dan hanya sedikit terjadi kerusakan pada buahnya. Jika dipanen sebelum masak, buahnya berwarna hijau dan pada penyimpanan akan berubah menjadi kuning. Bagaimanapun, buah belimbing lebih berasa manis jika dibiarkan masak pada pohonya.

Klasifikasi dan Nama umum Belimbing

a.Klasifikasi Belimbing

Dalam dunia tumbuh-tumbuhan,belimbing diklasifikasikan sebagaiberikut:

Kingdom: Plantae (tumbuh-tumbuhan)

Divisi:Spermatophyta (tumbuhan berbiji)

Sub-divisi:Angiospermae (berbiji tertutup)

Klas:Dicotyledonae (bijiberkeping dua)

Ordo:Oxalidales

Famili:Oxalidacea

Genus: Averrhoa

b.Nama Umum belimbing

Nama Daerah belimbing asam jorbing,belimbing manis (Sumatera),blimbing amis,blimbing legi,bhalimbing manes,blimbing langir,belimbing wuluh(Jawa),lumpias manis,rumpiasa,lumpiatmoromanit,lopias eme,lembetue lombiato,lombituko gula,takule,bainang sulapa,pulirang,taning,balireng,nggalaboa (Sulawesi),baknil,kasluir,haurela pasaki,taulela pasaki,ifel emroro,malibitotofuo,balibi totofuko,taufo (Maluku).

Varietas Belimbinng Manis

Dibedakan menjadi  6 jenis:

a.   Belimbing Demak

Belimbing ini  sudah sangat terkenal karena berasal dari kota  Demak. Belimbing Demak bewarna putih kekuningan, dengan rasa manis, sedikit asam yanng menyegarkan, dan mengandung banyak air.

Belimbing_demak

b. Belimbing Sembiring

Belimbing ini muncul pertama kali di daerah Pancur Batu, Medan. Rasa buahnya manis dan menyegarkan, dengan warna yang  menarik yaitu kuning menyala jika sudah matang. Belimbing sembiring merupakan salah satu jenis belimbing yang sudah diakui kualitasnya. Biasanya belimbing sembiring banyak ditanam di pot, pekarangan maupun di kebun.

Gambar 2 Belimbing Sembiring
Gambar 2 Belimbing Sembiring

c.Belimbing Bangkok

Asal belimbing ini dari Thailand. Warna buahnya kuning kemerahan pada waktu matang. Bentuk buahnya agak melebar dan pipih dengan bagian pinggir tetap berwarna hijau meskipun buah sudah tua. Rasa buahnya manis dan kandungan airnya banyak.

Gambar 3 Belimbing Bangkok
Gambar 3 Belimbing Bangkok

d. Belimbing Wulan

Jenis belimbing ini merupakan belimbing silangan antara belimbing demak kunir dan belimbing demak jinggo. Bentuk buahnya bulat lonjong, jika sudah matang buah berwarna kemerahan, daging buahnya tidak berserat dengan rasa manis dan kandungan air cukup banyak

Gambar 4 Belimbing Wulan
Gambar 4 Belimbing Wulan

e. Belimbing Malaya

Belimbing jenis ini pertama didatangkan dalam bentuk bibit okulasi dan ditanam di kota Bogor. Belimbing jenis ini buahnya dapat dipetikpada umur 65-70 hari, pada umur tersebut buah bewarna kuningkeemasan, tekstur buahnya mulai lunak dan rasanyamanis namun rasanya akan semakin manis jika dipetik umur 75 hari.

Gambar 5 Belimbing Malaya
Gambar 5 Belimbing Malaya

f. Belimbing Madu

Belimbing ini bersal dari Malaysia, belimbing ini merupakan belimbing unggulan karena rasanya yang manis sekali dan daging buahnya renyah tidak berserat, bentuk buahnya sedikit meruncing di bagian ujung dan jika sudah matang bewarna orange cerah.

Gambar 6 Belimbing Madu
Gambar 6 Belimbing Madu

g. Belimbing Dewi

Gambar 7 Belimbing Dewi
Gambar 7 Belimbing Dewi

Meski ‘made in” lokal, harga jual Belimbing Dewi tak kalah dengan buah-buah impor, belimbing ini juga menjadi ikon kota Depok, Jawa Barat. Bukan isap jempol jika belimbing manis ini bisa menghasilkan uang ratusan juta per tahun. Tahukah Anda bila 99% kebutuhan akan belimbing, khususnya belimbing Dewi, di Eropa dipasok oleh negara semungil Malaysia? Mengapa hal ini bisa terjadi? Apakah negara seluas Indonesia ini tidak mampu melakukannya? Ternyata bukan itu masalahnya, melainkan sistem pemasaran belimbing dan pola berpikir masyarakat negara ini yang masih seperti katak dalam tempurung.

Secara bisnis, belimbing Dewi memiliki prospek bagus. Buktinya, buah yang disebut star fruit oleh orang bule ini merupakan satu-satunya buah lokal yang harganya hampir menyamai buah-buahan impor. “Tidak pernah kurang dari Rp10 ribu/kg!” tegas Komarudin, petani belimbing Dewi.Di samping itu, sesuai dengan fungsinya yaitu sebagai penurun tekanan darah tinggi atau penormal tekanan darah, buah ini sudah memiliki konsumen tersendiri yakni masyarakat menengah ke atas yang dikenal pula sebagai masyarakat dengan gaya hidup ‘ngawur’ atau setidaknya yang paham betul tentang arti kesehatan.

h. Belimbing Wuluh

BELIMBING WULUH adalah belimbing sayur yang kebanyakan digunakan oleh ibu-ibu rumah tangga untuk digunakan memasak. Belimbing wuluh berbeda dengan belimbing bintang tetapi masih sejenis belimbing. Dibalik rasa yang masam belimbing wuluh, teryata menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan.

belimbing-Wuluh-1

Selama ini orang mengambil manfaat belimbing wuluh hanya sebagai sirup, manisan, atau bumbu masak. Padahal secara tradisional tanaman ini banyak dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai penyakit seperti batuk, diabetes, rematik, gondongan, sariawan, sakit gigi, gusi berdarah, sampai tekanan darah tinggi.

Bibit Belimbing di Waras Farm, Cilegon
Bibit Belimbing di Waras Farm, Cilegon

Manfaat Belimbing

1. Mengobati jerawat

2. Mengatasi masalah kencing manis

3. Menyembukan sariawan

4. Baik bagi penderita kanker

5. Mengobati demam

6. Menyembuhkan batuk

7. Mengatasi kolesterol

8. Menyembuhkan sakit tenggorokan

9. Kandungan seratnya yang tinggi melancarkan pencernaan

10. Menyembuhkan sakit kepala

11. Sebagai obat Hipertensi

12. Menyembuhkan Nyeri pada persendian

Namun bagi penderita ginjal harus hati hati dengan buah ini. Untuk keterangan lebih lanjut bisa dibaca manfaat buah belimbing

Belimbing juga enak buat rujakan ya. Bagaimana dengan buah yang sering kamu makan saat ini sahabat, ada manfaatnya kan  ?

One thought on “Jenis-jenis Buah Belimbing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s