Mengenal Jenis-jenis Buah Kurma

jenis-jenis-buah-kurmaBuah Kurma Serta Manfaat dan Jenisnya,- Buah kurma dipercaya mengandung banyak manfaat, tidak hanya sebagai makanan penghilang rasa lapar, kurma juga diyakini memiliki manfaat untuk kesuburan. Tanaman yang tumbuh subur di wilayah subtropis ini sudah dikenal masyarakat Timur Tengah sejak 6.000 SM. Tetapi, buah kurma atau Dates baru mendunia pada abad ke-18. Kurma pun menjadi obat manjur karena memiliki efek menyegarkan dan menguatkan yang sama seperti cairan infus. Ada ratusan jenis kurma yang ada di dunia dan 38 jenis yang cukup populer. Namun yang masuk ke pasar Indonesia hanya sekitar 16 jenis kurma saja. Pohon kurma juga sudah bisa di tanam di iklim tropis syaratnya kondisi panas yang cukup dan daerah pantai dengan iklim yang panas sangat cocok untuk tumbuh, tapi di pondok kelapa jaktim, bekasi dan banyuwangi bukan iklim pantai buah kurma pun bisa tumbuh dan berbuah.tandan kurmaJika anda termasuk pengggemar buah kurma, pasti anda juga pernah mendengar khasiat buah kurma muda. Kurma muda dikenal oleh masyarakat Timur Tengah secara turun temurun bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan. Buah kurma muda sebenarnya cukup banyak tersedia di Mekkah atau Madinah. Namun, kurma jenis ini akan sulit diperoleh jika permintaan pasar sedang tinggi. Buah yang biasa dijadukan takjilan buka puasa ramadhan ini gampang didapatkan kecuali Kurma muda yang hanya dijual di pasar tradisional atau masjid tempat miqat. Di Madinah barang yang diyakini bisa menyembuhkan penyakit ini dapat diperoleh di Masjid Quba, sekitar 10 km dari Masjid Nabawi.

Menurut penelitian, buah kurma muda memiliki kandungan hormon Bitosin. Hormon ini berperan khusus untuk kerja gerak peristaltic dalam jaringan darah dan rahim, sehingga kurma dipercaya bisa membantu menghindari terjadinya perdarahan rahim. Buah kurma juga mengandung hormon yang mirip hormon Oksitosin, yakni hormon yang dihasilkan oleh neurohipofisa. Hormon tersebut bekerja untuk merangsang kontraksi otot polos dinding rahim selama berhubungan intim dan membantu proses kelahiran. Hormon oksitosin tersebut akan menyatu dengan reseptornya untuk memulai kontraksi otot yang teratur secara bertahap sehingga menyebabkan perluasan leher rahim, dari situ akan terjadi proses kelahiran. Hormon oksitosin dialirkan melalui darah menuju payudara. Hormon tersebut akan merangsang otot-otot yang mengelilingi pabrik ASI untuk berkontraksi sehingga ASI diperas keluar menuju saluran ASI.

Kurma muda mengatasi berbagai masalah, diantaranya :

Mengatasi kemandulan bagi suami istri
Menyuburkan & menguatkan kandungan
Mengentalkan dan menambah jumlah sperma laki-laki
Menambah hormon laki-laki
Menambah keharmonisan pasutri

Di Indonesia produk ini masih jarang, untuk mendapatkannya seseorang biasa menitipkan kepada kerabat yang berangkat haji atau umroh. Nah, bagi anda yang terarik untuk mengkonsumsi kurma muda, kini bubuk kurma muda telah diproduksi dan dipasarkan. Penggunaannya diseduh dengan air dan dicampur dengan madu.

Bagi Anda yang sedang berikhtiar untuk mendapatkan keturunan, Anda bisa mencoba mengkonsumsi buah kurma kering yang bermanfaat untuk mengobati kemandulan, sangat baik untuk rahasia rapet wanita, dan menambah keharmonisan suami istri. Cara Pemakaiannya cukup mudah; Tumbuk buah kurma kering sampai halus. Ambil serbuknya satu sendok makan, campurkan madu murni, tambahkan sedikit air panas bila perlu tambahkan kuning telur ayam kampung, minum pada pagi dan malam hari sesudah makan.

Atau Anda juga bisa mengkonsumsi serbuk pucuk kurma, makanan ini adalah salah satu ramuan herbal yang dapat membantu mengatasi masalah kemandulan. Serbuk ini sangat mirip dengan cairan sperma kaum laki-laki, dan diambil dari pucuk-pucuk buah kurma di Madinah. Cara mengkonsumsinya biasa dicampurkan dengan madu, kemudian dilarutkan dalam air hangat atau susu hangat dan diminum 3-4 jam sebelum melakukan hubungan suami istri.Tentunya, usaha ini harus senantiasa diiringi dengan doa, agar diberi kemudahan untuk memiliki keturunan yang sholeh dan sholehah.

Di papua bahkan sudah ada perkebunan Kurma yang sudah berbuah dan menghasilkan. Import kurma Indonesia pertahun sangat tinggi.Pengusaha kurma Amerika Serikat (AS) siap tingkatkan volume penjualan di pasar Indonesia. Hal ini disampaikan oleh CEO dan Presiden Datepac LLC Edward O’Malley sebagai salah satu dari 20 pengusaha AS yang datang dalam rangka mewujudkan Comprehensive Partnership yang ditandatangi oleh Presiden Obama dan Susilo Bambang Yudhoyono, November 2010.Kompas 2010

Selama ini memang sering muncul pertanyaan, mengapa komoditas yang disebut sebagai berpeluang untuk diusahakan, sampai sekarang masih juga belum ada yang mau mengebunkan?  Memang informasi mengenai suatu komoditas yang masih berpeluang untuk dikebunkan, tidak pernah sampai ke masyarakat secara utuh. Misalnya, menghubungi Asosiasi Petani Kurma Australia, sebenarnya merupakan pekerjaan mudah. Bahkan Department of Primary Inddustry of Australia (Deptannya Australia), sering memberikan bantuan pelatihan bagi petani Indonesia secara gratis termasuk akomodasi dan konsumsi selama pelatihan. Syaratnya petani bersangkutan bisa berkomunikasi dengan bahasa Inggris dan bersedia menanggung biaya transporr PP. Kawasan Gresik, Pasuruan, Probolinggi, Situbondo dan Madura secara keseluruhan adalah basis NU. Pondok-pondok pesantren di kawasan ini pasti masih punya lahan cukup dan mampu pula menggerakkan masyarakat untuk melakukan budi daya kurma. Mengapa mereka tidak juga bisa memulai? Pertama karena ketiadaan informasi yang cukup, dan kedua karena keterbatasan biaya.

Kalau impor kurma kita minimal mencapai 30.000 ton per tahun (total impor buah kita 600.000 ton), dengan nilai Rp 5.000,- per kg. pranko Indonesia, maka devisa yang kita keluarkan secara rutin untuk kurma paling sedikit Rp 150.000.000.000,- (150 milyar rupiah). Angka ini akan sangat menarik untuk dinikmati oleh masyarakat Madura, Sumba, Flores dan Timor Barat yang rata-rata masih miskin. Seandainya 1/3 dari nilai impor itu bisa kita hemat, maka angkanya akan mencapai Rp 50.000.000.000,- Dana sebesar itu akan cukup untuk membuka kebun seluas 500 hektar. Kalau tiap hektar kebun akan melibatkan tenaga kerja sebanyak 4 orang, maka 500 hektar kebun kurma itu akan menyerap 2.000 tenaga kerja. Apabila secara bertahap kita mulai membuka kebun kurma dari 50 hektar pada tahun 2004, setelah 2,5 tahun dibuka lagi 100 hektar dan tahun berikutnya 100 hektar lagi, maka pada tahun 2010, kita sudah bisa menghemat 1/3 dari kebutuhan kurma nasional. Namun pada saat itu, jumlah penduduk Indonesia pasti akan bertambah. Kemampuan ekonomi masyarakat juga akan menjadi lebih baik. Hingga dalam praktek, produk kurma nasional tidak akan pernah bersaing secara langsung  dengan kurma impor.

Terdapat 1,400 jenis kurma di seluruh dunia dan daripada jumlah itu, di bawah ini merupakan jenis kurma yang paling terkenal dan bermutu-tinggi.

Suka makan kurma? kurma adalah salah satu juadah yang paling popular menjelang ramadhan. Sebenarnya terdapat 1,400 jenis kurma di seluruh dunia. Berikut adalah 10 jenis kurma yang popular.
1. Kurma Nabi/ Ajwa
Buah Kurma manfaat dan khasiat kurma jenis jenis kurma
Kurma ini hanya tumbuh di tanah Madinah (Saudi Arabia) dan inilah kurma payorit Nabi Muhammad SAW. Warnanya hitam, tekstur lembut, tidak manis dan citarasanya hampir mirip seperti kismis
2. Kurma Sekki
Buah Kurma manfaat dan khasiat kurma jenis jenis kurma
Kurma Sekki ini memepunyai dua warna. Bahagian atasnya berwarna kuning-kuningan dan bahagian bawahnya berwana coklat-kecoklatan. Bahagian berwarna kuning lebih keras sedikit berbanding bahagian coklat yang lebih empuk dan kenyal. Rasanya tidak terlalu manis dan tidak tawar.
3. Kurma Barhi
Buah Kurma manfaat dan khasiat kurma jenis jenis kurma
Kurma barhi yang bertekstur lembut seperti durian ini berwarna coklat merah. Rasa manisnya sedang-sedang sahaja dan ada sedikit rasa caramel.
4. Kurma Kholas
Buah Kurma manfaat dan khasiat kurma jenis jenis kurma
Kurma kholas berwarna coklat terang keemasan dan mirip seperti kurma barhi. Teksturnye empuk dan hanya ada citarasa coffee caramel. Kemanisannya juga di kadar yang sedang.
5. Kurma Khidri
Buah Kurma manfaat dan khasiat kurma jenis jenis kurma
Kurma Khidri berwarna merah maron gelap. Teksturnya lebih kering dan kenyal dan tidak terlalu manis.
6. Kurma Mactoumi
Buah Kurma manfaat dan khasiat kurma jenis jenis kurma
Kurma mactoumi berwarna sedikit kemerahan. Permukaannya agak permukaan agak keriput dan kenyal tetapi rasanya manis.
7. Kurma Sokari
Buah Kurma manfaat dan khasiat kurma jenis jenis kurma
Kurma sokari berwarna kuning kecoklatan. Tekstur kenyal lembut tetapi ada juga jenis yang keras. Ia yang kelihatan sedikit kering dan manis ini paling disukai di Arab Saudi.
8. Kurma Siraj
Buah Kurma manfaat dan khasiat kurma jenis jenis kurma
Kurma siraj berwarna kecoklatan kemerahan yang bentuk lonjong. Tekstur lembut dan rasa manis sedang.
9. Kurma Majol
Buah Kurma manfaat dan khasiat kurma jenis jenis kurma
Kurma majol berwarna coklat. Rasanya sangat manis dan kenyal dan mudah merekah. Ia juga mudah didapatkan dengan harga yang tidak terlalu mahal.
10. Kurma Monief
Buah Kurma manfaat dan khasiat kurma jenis jenis kurma
Kurma monief berwarna coklat terang, ukurannya tidak begitu besar, rasanya manis sedang dan memiliki tekstur yang lembut.
Sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s