Agar Tanaman Pepaya California Cepat Berbuah, Lebat dan Kuat

Nunay di bawah california-3Senang rasanya kalau kita mempunyai tanaman berbunga dan berbuah lebat, tapi seringkali bingung bagaimana caranya, sudah kita pupuk kasih obat tetapi buahnya tidak selebat yang kita inginkan. Berikut ini tips agar tanaman pepaya anda berbunga atau berbuah dengan lebat:

  1. Pastikan tanaman sudah cukup umur dan dalam kondisi sehat.Tanaman yang masih terlalu muda atau sedang sakit/stress jika dipaksa agar berbunga atau bahkan sampai berbuah bisa berakibat fatal, tanaman bisa mati.
  2. Pastikan dapat sinar matahari dan air yang cukup.
  3. Pemangkasan.Pemangkasan dilakukan pada dahan-dahan yang menggangu, sebagai gambaran, usahakan sinar matahari bisa mengenai dahan utama.
  4. Pemberian pupuk dan hormon

Pupuk yang diperlukan pada saat pembentukan bunga adalah pupuk dengan konsentrasi P yang tinggi dan unsur K yang juga tinggi agar bunga atau buah tidak rontok.
Pemberian hormon juga sangat perlu, karena pemberian pupuk NPK saja biasanya cuma membuat tanaman subur, daunnya hijau dan lebet tanpa bunga. Hormon yang diperlukan untuk memacu pembungaan serempak adalah hormon giberelin (GA 3).
GA 3 juga digunakan untuk pembuatan buah anggur tanpa biji, karena GA 3 ini mengakibatkan tidak terbentuknya biji karena gangguan pertumbuhan tabung sari sebelum pembuahan. Tingkat keberhasilan penghilangan biji ini mencapai hampir 100%. Jangan lupa berikan juga pupuk kandang dari kotoran kambing atau sapi.

Nah apasih, fungsi pemangkasan pada Bibit Pepaya?

Tips ini diambil dari percobban yang dilakukan oleh Agro Buah Yogyakarta dan coba diterapkan di lahan kami, tips ini juga menjadi kajian akademisi di IPB baik itu dalam bentuk Thesis atau Desertasi silahkan cek di mbah google  e”efek pemangkasan pada batang tanaman pepaya”.

Cara menaman pepaya ingin berbuah lebat, cepat dan pohon pendek 0.5 -1 m sudah berbuah dan kokoh, kuat dari rebah batang, ini termasuk ilmu baru dan dalam teori pertanian belum di galakkan.
Buang Pupusnya saat tanaman umur 1 bulan (hst)

Buang Pupusnya saat tanaman umur 1 bulan (hst)

Pupusnya abis di buang di semua pohon

Pupusnya abis di buang di semua pohon

Tanaman pepaya pada usia sekitar 1 bulan atau ketinggian 40~50 cm di potong pupusnya (daun muda paling atas),  biarkan tumbuh tunas baru.  Tunggu sekitar 10 hari tunas baru akan bermuculan.
Pemotongan batang pepaya
Setelah tunas baru tumbuh, batang pohon pepaya dipotong lagi sekitar sisakan  15 cm dari tanah, ketinggian batang pohon pepaya dari tanah tinggal 15 cm .Tunggu 7 hari mulai tumbuh cabang-cabng baru seleksi tunas/cabang yang  baru  yang paling bagus di tinggal satu saja agar tumbuh besar dan buang tunas-tunas lainya, agar zat makanan lari ke tunas yang kita harapkan menjadi batang pokok.
Umur 3 Bulan mulai berbunga

Umur 3 Bulan mulai berbunga

 3 Bulan mulai keluar bunga

3 Bulan mulai keluar bunga

hasil pemangkasan umur 3-4 bulan sudah bisa berbuah

hasil pemangkasan umur 3-4 bulan sudah bisa berbuah

Pemangkasan batang pepaya saat berumur 1 bulan setelah ditanam dilapangan adalah bertujuan agar meningkatkan produktivitas buah pepaya sehingga berbuah lebat dan pohonya pendek.melalui pemangkasan batang pepaya akan memacu hormon-hormon pertumbuhan dan pembentukan bunga dan buah pada pepaya.pemotongan juga bisa dilakukan pada pohon yang sudah berusia tua agar menjadi muda kembali dan jumlah buah yang dihasilkan oleh tunas baru (setelah pemotongan) akan lebih banyak dari jumlah buah yang dihasilkan oleh pohon pepaya yang tidak dipotong.Pemangkasan sebaiknya dilakukan pada musim kemarau.

California 5 bulan-6

Pohon Pendek dan Buah lebat umur 5 bulan, sebentar lagi panen

California 5 bulan-4

Sambil Jongkok pun bisa petik pepayanya

Silahkan anda mencoba dan mempraktekanya, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda. Budidaya Pepaya California mulai menghasilkan buah siap petik pada usia 7 bulan sampai 9 bulan dengan usia produktif selama 28-30 bulan ( 3 Tahun). Jika Pepaya California sudah berproduksi, kita bisa memanen pepaya segar satu minggu sekali. Setiap pohon bisa menghasilkan buah sekitar 50 kg – 80 kg selama usia produktif. Keungulan lain dari bisnis Budidaya Pepaya California adalah penanaman dengan pola pertanian organik,sehingga memiliki nilai tambah.

Umur 3 tahun produktfitas berkurang.

Umur 3 tahun produktfitas berkurang.

Nah setelah 3 tahun apakah pohon pepaya harus diganti dengan yang baru?  ada trik agar pepaya california usia produktifnya lebih panjang yaitu dengan cara memangkas batang pohon setinggi 50 cm dari tanah kemudian tutup dengan palstik bekas potongan tadi setelah  3 mingguan kan tumbuh tunas -tunas baru. seleksi satu tunas yang akan dibesarkan setelah 1 bulan tunas itu akan menjadi besar dan mulai berbunga lagi untuk menghasilkan buah, ini yang kami lakukan di kebun percobaan kami. Kita lihat apakah produktifitasnya akan sama dengan sebelum di tebang atau lebih sedikit mari kita amati  perkembangnya. Sambil kita siapkan bibit-bibit baru pengganti pepaya yang sudah tua umurnya.

Memangkas pepaya tidak hanya untuk tujuan meremajakan tanaman tetapi juga untuk meningkatkan produktivitasnya. Menurut pegalaman saya pohon pepaya akan berbuah lebat lagi untuk beberapa tahun selanjutnya lagi. Selain itu mempermudah saya memetik buah pepaya karena pohonnya tidak jadi menjulang tinggi.

Batang pohon pepaya yang dipangkas hingga tingginya tinggal satu meter, diberi pupuk kandang dan disiram setiap hari (jika tak ada hujan). Bekas luka pada batang pohon akibat pemangkasan tadi ditutup dengan kantong plastik untuk mencegah kebusukan. Setelah sekitar kurang lebih tiga minggu sejak dipangkas, akan tumbuh tunas-tunas sedikit di bawah pemangkasan. Biarkan tumbuh membesar tiga tunas  (maksimal) yang sehat dan tidak terlalu rapat, selebihnya dibuang saja. Dengan cara ini tanaman pepaya menjadi pendek, bercabang dan berbunga sempurna.

Setelah tunas samping tumbuh, tutup kantong plastik harus segera dibuka, agar tunas tidak menjadi keriting dan pertumbuhan tunas tidak terganggu. Tanaman pepaya cabang dua hingga tiga ini akan tumbuh dan berbuah normal. masing-masing cabang akan menghasilkan buah, tetapi ukuran buahnya akan lebih kecil daripada sebelumnya. Saat produktivitasnya menurun lagi, cabang-cabangnya dapat dipangkas lagi. Pemangkasan kedua dilakukan sekitar 40 centimeter di atas dasar cabang dan perlakuan selanjutnya adalah sama seperti pada pemangkasan pertama. (Selamat mencoba)

Sumber: Agro buah, Toko Pertanian dan pembibitan

About these ads

23 Comments

  1. agustinus resi

    matap perlu dicoba.salam pepaya

  2. mantap.infonya

  3. hadi susilo

    apakah bisa pepaya california di tanam lsg biji tanpa di semai di polybacg, mhn penjelasannya, tq

    • bisa saja, tapi lama tumbuhnya dari biji langsung ditanam ke tanah.

  4. hadi susilo

    umur pepaya cepat berbuah bisa berapa tahun

    • usia produktif sampai 4 tahun pak, setelah itu ganti dengan pohon baru

  5. hadi susilo

    pak apakah pepaya diberikan pupuk organik saja bisa berbuah lebat dan tumbuh subur misal kita beri pupuk organik teknologi jmmy hantu nama ratu biogen dia ada dua jenis zpt ini hormon masa pertumbuhan dan npk masa mau berbunga sampai berbuah,trims

    • pakai pupuk organik biasa bisa berbuah lebat, disertai perawatan yang baik. kalau pakai jimmy hantu itukan produk bagi orang-orang yang pengin instant saja dan tidak mau repot seperti masyarakat perkotaan. gak ada salahnya.

  6. hadi susilo

    pak saya baru belajar tanam pepaya sekarang baru pemotongan batang 15 cm. saya menanam krg lbh 500 btg pepaya calina, saya ikuti saran bapak cara menanam ppy, kalau boleh tahu pada umur brp bln pepaaya diberikan unsur pupuk P&K yg tinggi dan hormon GA3. pupuk merek apa yang punya unsur P&K dan GA3 tinngi? atau saya ngak tahu hormon GA3 ada di pupuk atau tidak, kalau tidak ada mhn kasih merek apa saya beli, umur pepaya saya kurang lebih 43 hari, mhn penjelasan, tq

  7. sudaryono

    trima kasih info nya….smoga bermanfaat bagi kami dan semoga Allah memberikan pahala yang besar untuk penulis ….GA3 beli nya di mana…? trims balas….!

  8. C. Handoko

    pak, saya berminat menanam pepaya seperti yg bapak sarankan sy sudah baca< mohon info mendapatkan bibit dimana, apa harus mendeder sendiri dari biji, terima kasih

    • lokasi dimana pak? silahkan bila mau mendeder sendiri juga gampang. pilih dari buah yang bagus dan besar dari pohon yang bebas penyakit.

  9. salam,,,menanam pepaya kyk gini bisa di dalam pot juga gk pak???makasih

  10. Terimakasih banyak tips nya (y)

  11. abah adul

    pak numpang tanya saya menanam pepaya sudah setinggi 50Cm saya coba pangkas pupusnya seperti diatas tapi tumbuh tunasnya hanya dipucuk dekat pangkasan gmn nih pak mohon pencerahanm

  12. azwin

    pepaya yg saya tanam sudah hampir 2 minggu, setelah saya semprot dengan detergen di campur moto kok daun pada kuning mengering, tolong solusinya…

    • loh kenapa disemprot kalau gak bermasalah gak usah disemprot atau takaranya kurang pas. atau bisa juga over dosis.

  13. ecy

    pa saya menyebar biji pepaya di pekarangan rumah dan telah menjadi benih pepaya tpi tumbuhnya jdi sembarangan dan lumayan banyak bagaimana y cara pemindahanya..

    • di pindahkan ke polyibag saat amasih kecil dan dikumpulkan dalam satu tempat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: