Harum nian laba budidaya daun kemangi

kemangiKontan, Jakarta.Daun Kemangi kerap kita jumpai sehari-hari. Selain daunnya menjadi lalapan, biji kemangi pun bisa sebagai bahan baku makanan. Bahkan, bisa pula diolah jadi minyak untuk kosmetik. Makanya, permintaan kemangi cukup tinggi. Jika serius digarap, budidaya kemangi bisa menghasilkan omzet puluhan juta.Siapa yang tidak kenal Kemangi, salah satu jenis tanaman yang sudah akrab dalam kehidupan sehari-hari kita. Tanaman yang memiliki nama latin ocimum sanctum ini biasanya disajikan sebagai lalapan atau bumbu penyedap masakan. Daun yang beraroma khas ini dipercaya berkhasiat menangkal radikal bebas, juga penghilang bau badan dan mulut.Tak heran, kemangi banyak dibudidayakan di kalangan masyarakat. Meski harganya terbilang murah, namun tanaman ini mudah dibudidayakan. Maka, jika digeluti secara serius, budidaya kemangi, mampu mendatangkan omzet menggiurkan.

Salah satu pembudidaya tanaman ini adalah Alex Eko Prihatmoko di Sidoarjo. Pemilik UD Usaha Tani  ini sudah menggeluti budidaya kemangi  belasan tahun di lahan milik keluarga.Ia tertarik tanaman ini  karena perawatannya relatif mudah. Selain itu, permintaan tanaman ini cukup tinggi. “Selain daunnya untuk lalap, biji kemangi biasa digunakan sebagai selasih untuk es dawet, es krim, ataupun bubur,” papar Alex.

Ia juga menjual biji kemangi dalam bentuk benih. Nah, Alex memilih fokus berbisnis benih kemangi. Dalam sebulan, ia bisa melepas 280 kg benih ke berbagai wilayah di Pulau Jawa, Sumatera hingga Kalimantan.Ia mengaku, bisa mengantongi omzet sekitar Rp 30 juta dalam sebulan.

menanam kemangiHarga jual benih saat ini sekitar Rp 100.000 per kilogram (kg). Kata Alex, harga benih bervariasi tergantung stok barang dan cuaca. “Jika cuaca tidak menentu, pasokan benih turun, harganya bisa mencapai Rp 250.000 per kilogram,” jelasnya.Selain perawatan tidak rumit, masa panen kemangi termasuk singkat. Makanya, Alex bilang, perputaran uang dalam budidaya kemangi bisa cepat menghasilkan. Jika ingin memanen kemangi sebagai lalapan atau diambil daunnya, masa panen hanya 25 hari. Sementara, jika ingin mengambil benih atau bijinya, masa panen sekitar tiga bulan.

Laras Soetoro di Yogyakarta juga seorang pebudidaya kemangi. Bahkan, usahanya meliputi hulu hingga hilir. Artinya, di hulu ia menanam kemangi. Nah kemudian ia juga mengolah kemangi  hasil tanamnya menjadi produk berupa minyak kemangi. Jelas nilai jualnya pun menjadi lebih tinggi ketimbang sekadar menjual daun.

Laras mematok harga minyak kemangi Rp 330.000 per 10 milli liter (ml). Ia memasok minyak tersebut ke industri farmasi, spa, dan kosmetik di Jakarta, Bogor dan Bali.”Kemangi memiliki khasiat anti penuaan dan reproduksi, makanya jadi salah satu bahan untuk membuat obat dan kosmetik,” terangnya. Ia sudah membudidayakan kemangi sejak 1999 di lahan seluas 1 hektare (ha). Dalam sebulan, Laras bisa meraup pendapatan Rp 36 juta.

Budidaya kemangi tergolong mudah dan tidak membutuhkan biaya besar. Satu hal yang penting diperhatikan, lokasi budidaya harus di tempat yang pergantian suhunya tidak terlalu ekstrim. Misalnya, pada saat siang panas, sementara di malam hari cuaca menjadi sangat dingin.

Alex Eko Prihatmoko, pembudidaya kemangi asal Sidoarjo mengatakan, kemangi tidak bisa tumbuh di daerah yang cuacanya tidak menentu. “Misalnya hujan terus menerus, benihnya tidak akan jadi. Begitu pula kalau kemarau terus menerus,” ujar Alex.

Maka, dibutuhkan tempat yang cukup stabil cuacanya. Mengenai ketinggian tanah, tanaman ini bisa ditanam di pinggiran pantai hingga tanah berketinggian 500 meter di atas permukaan laut (mdpl). Untuk media tanamnya tidak ada kriteria khusus. Dalam arti, bisa ditanam di tanah jenis apapun. Langkah pertama cangkul tanah secukupnya, lalu taruh sejumlah benih pada tanah tersebut dan disiram.

Benih bisa ditebar begitu saja. Satu cangkir bening bisa untuk lahan seluas 10 meter (m) x 15 m. Supaya hasilnya maksimal, lubang yang sudah disiapkan diberi pupuk terlebih dahulu.Setelah itu, baru lubang ditaburi benih. “Bagusnya diberikan pupuk kandang,” ujar Alex. Pemberian pupuk ini hanya sekali saja sampai masa panen. Daun kemangi sudah bisa dipanen pada usia 25 hari sejak ditanam. Setelah itu tanaman bisa dipanen sekali lagi daunnya. Jika sudah berusia dua bulan, kemangi tidak bagus lagi untuk dipanen daunnya karena telah tua dan keras. Sekali panen, satu tanaman bisa menghasilkan dua ikat daun kemangi dengan harga Rp 3.500 per ikat di pasaran.

Jika tak berminat mengambil benihnya, tanaman bisa dicabut dan diganti yang baru untuk mendapatkan daun yang muda kembali. “Jika ingin mengambil benihnya, tanaman bisa ditunggu sampai tiga bulan,” jelas Alex. Laras Soetoro, pebudidaya kemangi dari Yogyakarta mengakui, budidaya kemangi sangat mudah. “Kemangi termasuk tanaman liar, cukup ditebar,” ujar Laras.Laras hanya menabur benih di lahannya yang dibuat berpetak-petak. Satu hingga satu setengah bulan kemudian kemangi bisa dipanen. “Selain itu, kemangi juga bisa ditanam kapan saja, tidak tergantung cuaca,” ujarnya.

Selama ini, Laras membudidayakan kemangi bukan buat diambil daunnya dan dijual ke pasar buat lalap. Ia mengolah kemangi hasil budidayanya buat disuling untuk diambul minyaknya. Dalam sebulan, ia bisa memproduksi sekitar 2 liter minyak kemangi yang dijual dengan harga Rp 330.000 per 10 mililiter (ml). Menurutnya, pasar kemangi di Indonesia sangat bagus bila diolah dahulu untuk meningkatkan harganya.

Kemangi lemon basilTeknik Budidaya Kemangi

Tumbuhan kemangi (Ocimum Canum) tentunya sangat familiar bagi kita karena sebagian besar masyarakat kita menggunakan tumbuhan kemangi sebagai pelengkap hidangan Nusantara Indonesia. Harumnya yang khas serta daunnya yang terlihat hijau dan segar membuat kita selalu tergoda dengan berbagai jenis hidangan yang dilengkapi dengan daun kemangi. Terkadang daun kemangi juga sering digunakan sebagai lalapan di beberapa daerah tertentu di Indonesia seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain menambah cita rasa pada masakan, daun kemangi juga ternyata memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Banyaknya nilai manfaat yang dimiliki oleh tumbuhan kemangi menjadi latar belakang banyaknya masyarakat kita yang mulai membudidayakan tumbuhan kemangi. Lantas, hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam hal budidaya kemangi? Mari kita simak informasi berikut ini.

Syarat Pertumbuhan Kemangi

Tumbuhan kemangi cukup mudah untuk ditanam. Anda tidak perlu menggunakan teknik khusus untuk menanam kemangi. Tumbuhan kemangi juga bisa tumbuh di mana saja. Tumbuhan kemangi akan tumbuh dengan baik di tanah yang banyak mengandung asam. Tumbuhan kemangi juga bisa bertahan pada cuaca dingin dan panas. Perbedaan iklim hanya akan berpengaruh pada perbedaan penampilan tumbuhan kemangi saja. perihal rasa dan kualitas dapat dipastikan sama saja antara kemangi yang ditanam di daerah yang bercuaca dingin dan kemangi yang ditanam di daerah yang bercuaca panas. Umumnya tumbuhan kemangi yang ditanam di daerah yang bercuaca dingin memiliki daun yang lebih lebar dan lebih hijau jika dibandingkan dengan tanaman kemangi yang ditanam di daerah yang bercuaca panas.

Teknik Pemilihan Benih Kemangi

Benih-benih tumbuhan kemangi berupa kecambah yang berasal dari biji-biji kemangi. Untuk mendapatkan benih/ bibit unggul, anda sebaiknya menggunakan biji-biji tumbuhan kemangi unggul dan berkualitas baik. Biji-biji kemangi diperoleh dari bunga kemangi yang sudah masak dari pohonnya. Biji yang siap tumbuh umunya memiliki ciri-ciri warna  hitam dan kering. Warna biji yang hitam dan kering adalah biji yang sudah tua. Anda perlu menyemai biji-biji tersebut kemudian baru ditanam di media tanam.

Persiapan Media Tanam Kemangi

Tanah yang dipersiapkan untuk media tanam kemangi sebaiknya tanah yang gembur, subur, dan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kandang. Jika tanah terlalu lengket, anda bisa tambahkan pasir secukupnya. Media tanam kemangi juga sebaiknya memenuhi kriteria seperti dekat dengan sumber air dan dilengkapi dengan parit drainase agar kebutuhan air tercukupi.

Teknik Penanaman Benih Kemangi

Dalam menanam biji-biji kemangi yang sudah dipersiapkan sebelumnya, anda hanya perlu menaburkan biji-biji kemangi yang sudah masak. Biji yang sudah ditanam kemudian dilapisi dengan tanah secara tipis. Tunggu beberapa hari hingga benih tumbuh di media persemaian. Jika anda menjumpai tanaman benih jaraknya terlalu rapat, anda bisa memindahkan beberapa di antaranya agar jarak tanaman benih seragam sehingga dapat tumbuh secara optimal.

Teknik Pemeliharaan Kemangi

Tanaman kemangi yang masih muda kemudian anda pindahkan pada media tanam yang sebenarnya. Anda juga perlu mengecek apakah tanaman-tanaman kemangi muda dapat tumbuh dengan baik di media tanam tersebut. Jika tidak, segera cek kondisi tanahnya dan segera campurkan tanah pada media tanam dengan pupuk kandang. Tanaman hama seperti rumput perlu dicabut secara detail karena dapat mengganggu tanaman kemangi muda.  Anda juga perlu memangkas bunga-bunga tumbuhan kemangi setiap seminggu sekali agar pertumbuhan pucuk tumbuhan kemangi dapat maksimal.

Kemangi dan Manfaatnya

Kemangi, daun beraroma khas yang biasa kita temui di meja makan ini konon pernah memenuhi kebun dan taman kerajaan Prancis dan Italia. Bunga kemangi juga dipilih sebagai tanda cinta. Kini, kemangi lebih banyak dimanfaatkan sebagai lalapan segar, ditambahkan untuk penambah aroma masakan, yang dipercaya berkhasiat mengurangi bau badan.
Kemangi kaya akan betakaroten dan magnesium, mineral penting yang berfungsi menjaga dan memelihara kesehatan jantung. Aroma wangi daun kemangi memang mengundang selera makan. Wajar saja jika orang mengkonsumsi daun ini sebagai lalapan mentah, campuran pepes, karedok atau terancam. Selain melezatkan hidangan, berikut manfaat daun kemangi lainnya:
1.) Daun kemangi mengandung senyawa arginine yang terbukti mampu memperkuat masa hidup sperma dan mencegah kemandulan.
2.) Daun kemangi juga mengandung zat yang mampu merangsang terbentuknya hormon androgen dan estrogen.
3.) Zat flavonoid seperti orientin dan vicenin di dalam kemangi mampu melindungi struktur sel tubuh. Sedangkan flavonoid seperti cineole, myrcene dan eugenol mempunyai manfaat sebagai antibiotik alami dan anti peradangan.
4.) Getah kemangi dapat digunakan sebagai obat sariawan dan sakit telinga.
5.) Daun kemangi dapat dikonsumsi untuk memperbanyak ASI, penenang, mengobati encok dan penurun panas.
6.) Daun kemangi juga dapat meningkatkan jumlah air seni, menghilangkan masuk angin dan peluruh dahak.
7.) Konsumsi daun tanaman ini juga dapat mengatasi masalah bau mulut dan bau badan.
8.) Asam aspartat, apigenin, arginin dan boron dalam tanaman ini juga sudah diketahui khasiatnya. Senyawa sineol berkhasiat sebagai penenang, membantu mengatasi ejakulasi dini, merangsang aktivitas saraf pusat dan melebarkan pembuluh darah kapiler.
Manfaat kemangi
Daun Kemangi dikenal sebagai sayuran yang dapat dimakan segar sebagai lalapan yang hampir tidak pernah dilupakan ketika kita sedang makan lele bakar atau ikan bakar ditempat-tempat yang menyediakan makanan tersebut. Karena tanaman ini dapat menyegarkan, menghilangkan bau badan dan bau mulut. Tanaman beraroma wangi ini mengandung arginine yang mempunyai manfaat memperkuat daya tahan hidup sperma, mencegah kemandulan, dan menurunkan gula darah. Daya tahan hidup sperma penting untuk mendukung proses pembuahan sel telur. Sedangkan kandungan boron berperan merangsang hormon androgen dan estrogen serta mencegah pengeroposan tulang. Kedua hormon ini besar perannya dalam sistem reproduksi wanita.
Tanaman ini juga mengandung minyak atsiri, asam askorbat, asam kafeat, iskulin, histidin, magnesium, betakaroten, dan betasitosterol. Semua nyawa berkhasiat ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Untuk meningkatkan vitalitas, dianjurkan untuk mengkonsumsi daun kemangi sebagai teman makan sehari-hari. Bagi masyarakat Sunda di Jawa Barat, daun kemangi merupakan menu “wajib” baik dimakan mentah sebagai lalapan atau sebagai bumbu pepes ikan segar. Mengonsumsi daun kemangi dalam waktu lama merupakan cara terbaik untuk memperoleh manfaat maksimal bagi pria maupun wanita.

Kandungan dan Manfaat : Daun kemangi mempunyai daya penenang dan mengeluarkan gas-gas dari tubuh. Daunnya juga sering dipakai untuk bumbu hidangan daging ataupun ikan.
Kemangi mengandung zat minyak atsiri, protein, kalsium, fosfor, besi, belerang, dan lain-lain.
Kegunaan lain :
1. Panu
Segenggam daun kemangi cuci, tumbuk halus. Beri sedikit air kapur sirih. Gosokkan ramuan ini pada kulit yang berpanu. Lakukan ini 2x sehari.
2. Diare dan Muntah
Daun kemangi secukupnya dimakan sebagai lalapan.
3. Sariawan
50 helai daun kemangi dicuci bersih, kunyah sampai halus selama 2 – 3 menit. Telan. Minum air hangat. Lakukan ini 3x sehari.
4. Bau Nafas, Bau Mulut
Sering-sering makan lalapan daun kemangi, daun kunir, dan daun beluntas.
5. Bau Keringat
Kemangi secukupnya dimakan sebagai lalapan santap malam selama 1 minggu

Atsiri

Minyak atsiri, atau dikenal juga sebagai minyak eteris (aetheric oil), minyak esensial, minyak terbang, serta minyak aromatik, adalah kelompok besar minyak nabati yang berwujud cairan kental pada suhu ruang namun mudah menguap sehingga memberikan aroma yang khas. Minyak atsiri merupakan bahan dasar dari wangi-wangian atau minyak gosok (untuk pengobatan) alami. Di dalam perdagangan, sulingan minyak atsiri dikenal sebagai bibit minyak wangi. (Wikipedia Indonesia)
Sejak zaman dahulu, kemangi disuling untuk diambil sari minyak atsirinya. John Henry menggolongkan minyak kemangi sebagai minyak atsiri tinggi. Artinya, aroma kemangi segera hilang setelah 24 jam dioleskan ke tubuh. Sebagai perbandingan, minyak atsiri katagori sedang, akan hilang aromanya setelah 3 hari dioleskan, sedangkan minyak atsiri katagori rendah, aromanya hilang setelah seminggu.
Minyak atsiri kemangi dapat digunakan untuk pijat aroma terapi karena minyak atsiri kemangi dapat meringankan dan menyegarkan tubuh. Namun, wanita hamil dilarang menggunakannya karena dikhawatirkan dapat menyebabkan terjadinya keguguran.
Selain itu, minyak kemangi berkhasiat mengatasi gangguan pencernaan seperti salah cerna, muntah-muntah, infeksi usus, radang lambung, serta gas dalam usus. Juga, gangguan kepala (seperti sakit telinga, demam, sakit saluran hidung, migrain), gangguan otot (kejang-kejang atau kram), dan gangguan saraf (kecemasan, depresi, histeria, lemah saraf, insomia).
Bagi pria, kemangi ada juga manfaatnya. Senyawa 1-8 sineol dalam kemangi dapat mengatasi masalah ejakulasi prematur. Apigenin fenkhona dan eugenol-nya dapat memudahkan terjadinya ereksi. Sementara zat arginin yang terkandung dalam kemangi bisa memperkuat daya hidup sperma dan mencegah kemandulan.
Sementara bagi wanita, kemangi termasuk makanan sehat yang sangat bermanfaat. Kemangi kaya senyawa anetol dan boron yang merangsang hormon estrogen, sedangkan senyawa eugenolnya dapat membunuh jamur penyebab keputihan. Zat stigmaasterol dalam kemangi merangsang pematangan sel telur (ovulasi), tannin, dan sengnya mengurangi sekresi cairan vagina. Zat triptofan bisa menunda monopause. Kemangi memang bukan sayuran biasa, jadi jangan remehkan kemangi.
Minyak atsiri merupakan zat yang memberikan aroma pada tumbuhan. Minyak atsiri memiliki komponen volatil pada beberapa tumbuhan dengan karakteristik tertentu. Saat ini, minyak atsiri telah digunakan sebagai parfum, kosmetik, bahan tambahan makanan dan obat (Buchbauer, 1991).

Komponen aroma dari minyak atsiri cepat berinteraksi saat dihirup, senyawa tersebut berinteraksi dengan sistem syaraf pusat dan langsung merangsang pada sistem olfactory,  kemudian sistem ini akan menstimulasi syarafsyaraf pada otak dibawah kesetimbangan korteksserebral (Buckle, 1999). Senyawa-senyawa berbau harum atau fragrance dari minyak atsiri suatu bahan tumbuhan telah terbukti pula dapat mempengaruhi aktivitas lokomotor (Buchbauer,
1991). Aktivitas lokomotor merupakan aktivitas gerak sebagai akibat adanya perubahan aktivitas listrik yang disebabkan oleh perubahan permeabelitas membran pascasinaptik dan oleh adanya pelepasan transmitter oleh neuron prasinaptik pada sistem syaraf pusat (Gilman,1991).

Penelitian minyak atsiri yang mempengaruhi aktivitas lokomotor diawali oleh Kovar et al. (1987) yang melaporkan bahwa senyawa 1,8-cineole yang diisolasi dari minyak atsiri bunga rosemary dapat menurunkan aktivitas lokomotor tikus, setelah tikus tersebut diinduksi dengan senyawa stimulan kafein.Pengujian klinis efek sedatif dari minyak lavender dimulai oleh Buchbauer (1993) yang telah membuktikan bahwa wangi minyak atsiri bunga lavender dapat menurunkan aktivitas lokomotor pada manusia (Buchbauer, 1991).

Penelitian aktivitas aromaterapi secara ilmiah masih sedikit di Indonesia. Kajian etnofarmakologi secara empiric tentang tumbuhan aromaterapi menunjukan bahwa Indonesia memiliki 49 jenis tumbuhan aromatik dari 22 jenis suku, 12 jenis di antaranya digunakan secara empirik sebagai aromaterapi dengan efek menenangkan dan menyegarkan tubuh (Sangat, 1996). Belum adanya laporan penemuan senyawa yang dapat menekan aktivitas lokomotor atau disebut juga hipnotiksedatif yang berasal dari tumbuhan aromatic asal Indonesia merupakan alasan yang kuat untuk melakukan penelitian ini. Tumbuhan aromatik dalam rangkaian penelitian ini yang digunakan adalah Kemangi (Ocimum basilicum L.), kayu putih (Melaleuca leucadendron L.), biji pala (Myristica fragrans Hout), bunga kenanga (Cananga odoratum), rimpang laja gowah (Alpinia malaccensis Roxb.), kulit batang ki lemo (Litcea cubeba L) dan serai dapur (Cymbopogon citratus).

Isolasi dan Identifikasi Minyak Atsiri
Komposisi minyak atsiri kemangi yang diperoleh dengan rendemen 0,07 % didominasi
oleh sitral (19,12 %) diikuti linalool (8,17 %), α-bergamotena (7,27 %), α-mirsena (4,61 %), (E)-
kariofilena (4.12 %), α-terpineol (2,85 %), dan nerol (2,83 %) Minyak atsiri biji pala memiliki
randemen 6,85 %. Komponen minyak atsiri terbanyak dalam biji pala adalah 4-terpineol (13,92 % ), miristisin (13,57 %), safrol (4,28 %). 1,8-Sineole (26,59 %) dan Sitronelol (21,69 %)
adalah komponen atsiri dari minyak kulit batang ki lemo (randemen 1 %). 1,8-Cineole
mendominasi komposisi minyak atsiri daun kayu putih yaitu sekitar 22,45 %. Rimpang laja gowah diinhalasi minyak biji pala, sedangkan pemberian minyak bunga kenanga memberikan penurunan lokomotor mencit terkecil.

2 thoughts on “Harum nian laba budidaya daun kemangi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s