Merawat Pepaya California Agar berbuah maksimal

Pepaya California umur 1 Tahun di Waras Farm
Pepaya California umur 1 Tahun di Waras Farm

Buah pepaya memang banyak diminati masyarakat, baik dalam negeri maupun luar negeri pasarnya pun terbuka luas, Menurut Global Sourcing manager PT. Sewu Segar Nusantara Distribusi Buah ke 2000 Outlet seluruh Indonesia dan Store manager Kem Chick Pacific Place. “kebutuhan pasokan Pepaya dan Pisang untuk pasar Indonesia seminggu bisa 80-100 Ton”. Namun petani hanya bisa menyuplai kurang dari 30%, terpaksa kami mengimpor dari luar, padahal sebenarnya kami lebih senang pilih produksi lokal petani di banding impor, selain mahal proses dan administrasinya juga ribet….blm biaya lain-lainya yang terkait import.

Karena bisa dikonsumsi langsung sebagai buah segar. Buah pepaya setengah mateng pun bisa ditorehkan dengan sambal pedas dari campuran gula jawa, kacang goreng yang digiling halus, garam, air putih, terasi, cabe rawit atau cabe merah yang diulek jadi satu di atas cobek terbuat dari batu. Makan buah pepaya atau campuran irisan buah lain dan ditorehkan dengan sambal, disebut nglotis alias makan lotis yang oleh orang Solo, tradisi nglotis ini menjadi makanan penutup sehabis makan siang dengan nasi biasanya ditemani oleh buah-buahan lainya seperti: mangga, jambu air, bengkoang dan timun atau buah kesemek hmmm mak nyusss.

nglotis yuk, adalah sebutan untuk menikmati bersama-sama buah segar sehabis makan siang. Bahan dasar lotis salah satunya pepaya mengkal, nanas, mangga, dondong yang semuanya serba segar.
nglotis yuk, adalah sebutan untuk menikmati bersama-sama buah segar sehabis makan siang. Bahan dasar lotis salah satunya pepaya mengkal, nanas, mangga, dondong yang semuanya serba segar.

Tentu saja untuk mendapatkan buah pepaya segar untuk bahan nglotis, harus pandai-pandai memilih buah pepaya saat masih dijual tukang buah di pasar. Untuk mendapatkan buah pepaya segar dan mengkal, seorang petani pepaya harus memperhatikan tingkat keasaman tanah tempat biji pepaya disemai. Agar menjadi netral tingkat keasamannya dan tanah menjadi gembur dan lembab, maka petani harus membuat bedeng yang sekaligus berfungsi sebagai penyerap air yang menggenang.

Sistem Pengairan-4Sedangkan jarak penanaman bijih pepaya diusahakan 2 meter. Dengan demikian akan memudahkan pengontrolan tanaman setiap saat jika sudah tumbuh besar dan siap berbuah. Untuk mencegah agar tanaman pepaya tidak terkena penyakit, petani harus memastikan bahwa tanah yang akan ditanami dengan bibit harus bersih dari bonggol sisa tanaman sebelumnya yang telah dirobohkan. Mengingat bonggol tanaman sebelumnya dapat merangsang pertumbuhan jamur yang dapat merusak tanaman pepaya.

Tanaman pepaya membutuhkan air yang cukup tapi tidak boleh menggenang, makanya saat yang tepat menanam pepaya california adalah pertengahan musim hujan antara Februari dan Maret, sehingga bibit mendapatkan air yang cukup dan tidak kekeringan, perlu juga dibuat bedengan-bedengan agar air hujan tidak menggenang dan akhirnya malah membuat tanaman yang masih muda menjadi busuk.Bila menanam dimusim kemarau di sekitar tanaman bisa dikasih jerami sebagai mulsa untuk mengurangi penguapan air di musim kemarau sehingga tanaman tidak kekeringan.

Saat merawat tanaman pepaya pun tidak sulit. Cukup dengan membersihkan gulma yang tumbuh, menyiangi semak-semak perdu dari kumpulan rumput liar di sekitar batang tanaman pepaya. Sambil menyiangi tanaman, petani pun dapat memberikan pupuk minimal 2 bulan sekali dengan menggunakan pupuk organik dan anorganik. Pemupukan budidaya tanaman pepaya California sangat penting dan jika tidak rajin memberikan pupuk, maka pertumbuhan tanaman pepaya akan merana dan kelak buahnya pun tidak manis saat dipanen.

Pemupukan

California-5-bulan-3Pohon pepaya memerlukan pupuk yang banyak, khususnya pupuk organik, memberikan zat-zat makanan yang diperlukan dan dapat menjaga kelembaban tanah.

Cara pemberian pupuk:

   
  • Tiap minggu setelah tanam beri pupuk kimia, 50 gram ZA, 25 gram Urea, 50 gram TSP dan 25 gram KCl,dicampur dan ditanam melingkar
  • Satu bulan kemudian lakukan pemupukan kedua dengan komposisi 75 gram ZA, 35 gram Urea, 75 gram TSP,dan 40 gram KCl
  • Saat umur 3-5 bulan lakukan pemupukan ketiga dengan komposisi 75 gram ZA, 50 gram Urea, 75 gram TSP,50 gram KCl
  • Umur 6 bulan dan seterusnya 1 bulan sekali diberi pupuk dengan 100 gram ZA, 60 gram Urea, 75 gram TSP,dan 75 gram KCl
  • Siramkan EM4 atau pupuk organik lainyake lubang tanam dengan dosis 1 sendok makan/10 liter air setiap 1-2 bulan sekali
  • Lakukan penyemprotan campuran insetisida,fungisida, ZPT dan Pupuk Daun dengan dosis sesuai anjuran

Sistem lahan California-4

This slideshow requires JavaScript.

Setiap 1-2 minggu sekali setelah tanam sampai umur 2-3 bulan-Setelah umur 3 bulan semprot dengan POC= Organik cair 3 – 4 tutup ditambah HORMONIK dosis 1 – 2 tutup / tangki-Penyemprotan hati – hati pada saat berbunga agar tidak kena bunga yang mekar atau lebih aman bisa disiramkan. Selain itu pula buah yang belum sempat berkembang menjadi besar bisa saja gugur. Kalau sudah demikian dapat dipastikan akan merugikan para petani yang sudah susah payah menanam dan merawat tananaman pepaya. Mengingat penyakit pada tanaman pepaya seperti ulat dan jamur bisa saja menyerang buah, batang dan daunnya. Buah pepaya yang sudah terserang hama jamur itu bisanya buahnya akan berwarna menjadi putih.

Buah pepaya California sangat laku di pasar tradisional maupun di supermarket. Buah segar pepaya sangat bermanfaat dimakan untuk mempermudah keluhan susah BAB, sariawan dll.

Buah pepaya California yang bergelantungan di dahan pohon siap dipanen setelah masa tanam selama 7 bulan dengan syarat kondisi tanaman pepaya bebas dari serangan hama penyakit tanaman.

Bisanya untuk mencegah timbulnya hama jamur, belalang, ulat yang doyan sekali memakan daun pepaya, petani dapat menggunakan pestisida sebagai penangkal hama ini. Karena itu mencegah lebih baik daripada mengobati tanaman pepaya jika sudah terlanjur terkena hama. Agar tanaman pepaya dapat tumbuh subur, tindakan mengusir serangan hama pada tanaman pepaya harus menjadi perhatian petani sejak tanaman mulai tumbuh tunasnya di ladang penyemaian.

Tentu saja pepaya California ini jika benar-benar dirawat dengan baik dapat menghasilkan 22 buah dalam satu pokok batang pohon pepaya. Untuk itu yang tak kalah penting merawat secara intensif sejak ditanam hingga umur 3 bulan. Sementara masa panen buah pepaya sudah dapat dilakukan saat tanaman berusia 7 bulan.

Panen dan Pasca Panen

Ciri dan Umur Panen

Pepaya-siap-panenTanaman pepaya dapat dipanen setelah berumur 7,5  bulan. Buah pepaya dipetik harus pada waktu buah itu memberikan tanda-tanda kematangan: warna kulit buah mulai menguning. Tetapi masih banyak petani yang memetiknya pada waktu buah belum terlalu matang.

Cara Panen

Panen dilakukan dengan berbagai macam cara, pada umumnya panen/ pemetikan dilakukan dengan menggunakan “songgo” (berupa bambu yang pada ujungnya berbentuk setengah kerucut yang berguna untuk menjaga agar buah tersebut tidak jatuh pada saat dipetik).

Periode Panen

Panen dilakukan setiap 4 hari sekali, Dengan memetik buah pepaya California sekali panen setiap minggu, dapat dihasilkan buah pepaya mengkal, segar sebanyak 2 ton untuk setiap hektarnya. Anda tertarik menjadi wirausaha buah pepaya California, tidak ada salahnya mencoba. Juga bisa mencoba menanam satu pohon pepaya di pekarangan Anda.

Kendala-Kendala

California 5 bulan-6Namun, budidaya pepaya California bukan tanpa kendala. Sebab, pepaya ini lebih rentan terhadap hama dan penyakit, terutama hama ulat, bercak daun dan jamur. Hama menyerang batang, buah dan daunnya. Bercak daun biasanya menyebabkan daun mudah rontok, dan buah pepaya yang terserang jamur biasanya warnanya menjadi putih pucat, kulit buah tampak  mengkerut kisut. Untuk mencegah hama ini petani harus memberi pestisida. Pengendaliannya harus terpadu disertai pemberian kompos yang lebih banyak agar pertumbuhan tanaman lebih baik dan tahan terhadap hama dan penyakit.

Untuk mencegah tanaman pepaya agar tidak terkena penyakit, harus dipastikan bahwa tanah yang akan ditanami dengan bibit pilihan harus bebas dari bonggol sisa tanaman sebelumnya. Dengan adanya sisa bonggol tanaman sebelumnya dapat merangsang tumbuhnya jamur yang akan merusak bibit tanaman baru.
Mudah kan?

Bagaimana, apakah pembaca berminat membudidayakan pepaya California? Saya yakin usaha ini apabila ditekuni dengan sungguh-sungguh, maka akan membuahkan hasil/keuntungan yang besar, Wallohu’alam.seperti pepatah “ orang Bodoh kalah sama orang pintar, orang pintar kalah sama orang bejo, orang bejo kalah sama orang rajin sedekah dan ulet bekerja: Rezeki itu Misteri tetapi mati itu pasti!

87 thoughts on “Merawat Pepaya California Agar berbuah maksimal

  1. wireatmajaya

    halo sobat,mau nanyak yang bener cara pupuk pepaya dg cara di kocor atau tanahnya digali melingkar dibawah tajuk daun.Kalau ia dua2nya mana lebih bagus.

      1. asmani

        pepaya milik saya waktu tanam musim kemarau kurang lebih 1 tahun, sekarang buah nya tidak maksimal harus pake apa ya?

    1. langsung semai benihnya dan siapkan lubangnya dengan jarka tanam sekitar 2,5 x 2,5 m dan diisi pupuk kandang tai kambing perlubang 5 kilo biarkan selama 3 minggu baru tanam bibit yg umur sebulan.

  2. Suhe

    Mas mau tanya, untuk cara pemupukan tersebut apakah diterapkan untuk satu pohon pepaya atau untuk 1 ha kebun? mengingat biaya pupuk cukup mahal

  3. pak sya mau tanya bgai mna untuk mengatasi daun /tangke phon pepaya yg semangkin lama ,smangkin mengecil dan berguguran dan buah nya tdak besar ,sementara umur nya bru 11,blan pak ? . . . .

  4. dan pohon /btang pepaya nya semangkin mengecil dan tdak berbunga lagi ,sya sngat bingung ni pak ,sementara pupuk kadang nya sdah lumayan banyak ,dan pupuk kimia pun trus di tabur mnurut jatwal pemupukan sebulansekali pak ,tlong di bantu sya ya pak?….

  5. Bagai mana cara mengasi pohon pepaya yang btang nya kcil, pdhal umrnya sdh 5 bln pak. Sya menanam krng lbh 800 btng. Sbgian blm berbuah dh kurus pak. Apakah supernasa dan power bsa di pakai bersamaan dan berapa dosis nya pak

    1. ganti yang baru, perhatikan media tanam sebelum penanaman, banyak kasih pupuk kandang yag sudha matang min 5 kilo. dana pemupukan saat usia 1 bulan sampai 1 tahun. cek di blog ini artikelnya tentang tanaman buah.

  6. Abah Iwan

    Mas saya mau tanya, kalau daun pepaya pada kuncup dan berwarna kuning terkena penyakit apa dan apa obat pembasminya

  7. dulhadi

    pak numpang tanya, saya tanam pepaya ujung daunnya keriting lalu saya potong pupusnya yang tumbuh tunas kok di dekat pucuk itu aja mohon pencerahan makasih

  8. ratih

    pak boleh tanya ya pak , sebelum pepaya saya tanam ,saya akan tanam pohon jagung dulu seminggu ,kemudian pohon pepaya disampingnya . kira2 bagus nggak utk pertumbuhan pepaya nya .

  9. i dewa rai sayang

    Saya suka dan tertarik dg pepaya kalipornia dan saya juga telaah menanam sktr 300 pohon. Ingin saya dapat info karena pepaya sayà tumbuh kurang merata dan pada siàng hari semua daun2nya pada lemas. Apakah ini kena penyakit atau bagaimana? Kalau kena penyakit mohon kasi tahu kami solusinya. Trim Agung

    1. Coba cek di bawah akarnya, apakah akarnya busuk? kalau busuk berati tanahnya tidak cocok biasanya ada hewan yang memakan akar pepaya. sebelum tanam setiap lubang tanam taburi kapur pertanian atau dolomit. kalau tetap berulang, kondisi tanah kurang cocok untuk pepaya.

  10. Saat ini saya telah menanam pepaya california 1800 batang dengan usia 4 bulan, pupuk yang saya berikan adalah tai ayam, apakah cukup dengan pemberian pupuk kandang saja?kemudian saya masih bingung untuk memasarkan hasil panen pepaya saya nanti, mohon info untuk pemasan hasil panen pepaya saya… terimakasah

    1. pupuk kandang dan urea pak, tahi ayam kurang bagus yang bagus adalah tai kambing. daerah mana? coba kontak ibu lely ambarwati dia di yogyakarta sering kekurangan stok. di FB ketik aja lely ambarwati

  11. kalau pemberian tahi kambing pada usia 4 bulan seperti ini apa masih efektif?lokasi kebun saya di Pandeglang pak, kalo harus kirim hasil panen saya nanti ke yogya terlalu jauh kali ya pak, apa ada daerah terdekat pak?

    1. pengairan di kami dengan membuat tandon air diatas lalu dialirkan pakai pipa ke arela tanaman pepaya. karena derah kami lumaya susah air tidak ada sumber air mengalir. kalau ada sumber air mengalir bikin gundukan. jadi anatar jarak tanaman semacam ada galengan atau ruamg untuk air mengalir.

  12. selamat malam waras farm saya mau tanya, apakah bisa daun pepaya dikurangi bagian yg bawahnya karna pohon pepaya calipornia yg saya tanam daunnya cukup banyak? dan kenapa kok ada yg tiba2 pohon nya layu dan mati ? mhn untuk pemberitahuannya, terima kasih .

    1. Boleh saja pak…dikurangi jadi bisa fokus ke pembungaan dan pembentukan buah. untuk kasus pohon layu coba cek cabut akarnya biasanya ad virus yang menyerang …kalau ada sebelum tanam taburi kapur dolomit/kapur pertanian. kalau masih berulang jangan tanam disitu. berarti tanahnya kurang cocok.

  13. tks mas warasfarm,,, sebenarnya tanamman buah paya calipornia saya sdh berjalan 2 bln dan tumbuh subur, tapi tiba2 kok ada yg roboh sendiri !!! setelah saya cek ternyata batangnya pada gembos. mohon petunjuk cara mengatasinya tks

  14. joko sudisman

    mas….saya mau Tanya kalo lahan bekas pohon bamboo dan masih ada bonggolnya tapi sudah mati bagus ga ya langsung di tanam papaya ,saya punya lahan 290m kira kira butuh berapa pohon .trus cari bibit yg bagus di mana ya….saya ada di daerah cibinong – Bogor

    1. cek dulu kondisi tanah dan perakaranya, coba cabut apakah terjadi busuk akar? dan apakah ada hewan diperakaran dan sekitar tanahnya..kalau ada tanah harus diseterilkan dulu dengan kapur pertanian dan puradan

  15. setiabudi sembiring

    mas, sebenar nya ada kutu penghisap daun, dan ada juga semut hitam kecil. insektisida apa yang cocok mas , mohon petunjuk mas .makasih mas.

  16. petrus kaban

    warasfarm yth, saya salah satu petani yang sedang membudi dayakan pepaya calipornia. tapi masi dalam proses penanaman. saya bingung, kok bibit pepaya saya tiba-tiba rusak. daunnya keriting kayak terbakar gitu. tolong petunjuknya kenapa bibit saya bisa seperti itu.

    1. biasanya kondisi tanah kurang baik pakatau juga bisa dari bibitnya. bisa kirim fotonya ke warasfarm@gmail.com. oh ya lahanya apakah sudah dipersiapkan dahulu lubang 50×50 cm dan dikasih pupuk kandand dahulu diamkans elama 3-4 minggu? serta diberi kapur pertanian atau dolomit sebelumnya.

  17. irwan siregar

    selamat pagi pak,
    perkenalkan nama saya irwan, saya tertarik sekali & ingin mencoba bertani pepaya california, posisi saya di banyuwangi, gimana cara memulainya, saya mempunyai tanah kosong 200 m2, mohon petunjuknya yach, salam irwan siregar

  18. yusufbarokah

    Maaf pak sy mau tanya kira2 bagus engga menanam pohon pepaya di pegunungan atau dataran tinggi. Yang posisi tanahnya naik turun.

  19. faruq

    saya punya lahan. tapi lahannya tertutupi oleh pohon2 besar. sehingga lahannya kekurangan sinar. bisa di pakai atau ngga lahannya kalo kondisinya kya gtu

  20. habib

    pepaya sy dalam bulan ini mudah-mdhan sudah panen, Sy bingung cari toke yang oke. berapa harga pepaya california per kilo sekarang ya….?

  21. petrus kaban

    Pak, pepaya saya kok daunnya kriting ya, tapi kayaknya g da penyakit yang serius. Obat yang bagus untuk mengobatinya apa ya pa?

  22. ari

    salam tani,,, saya ari dari kal-tim pa, saya baru tanam calipornia 4 bulan lalu sebanyak 600 pohon, saat ini sedang buka lahan baru pa,, mau tanya2 info benih yang bagus,

  23. samsul

    Nyimak jawaban dr Waras farm sy senang pak.. kebetulan kami punya 2.000 pohon pepaya california, cuma ketika panen raya kita agak kesulitan menjual akhirnya harga jualnya pun dipermainkan oleh tengkulak karena posisi kami digunung tepatnya di Desa Sampok dukuh winong kecamatan gunungwungkal kab. pati mungkin info dari bapak bisa sy jadikan refrensi.

  24. Aslmlkm.pak saya mau tanya saya menanam pepaya calina sama bangkok sekitar 50pohon, pepaya calina tumbuh daun nya jelek keriting dan seperti terbakar tapi bangkok sangat bagus dan sbur, saya memberi pupuk daun tapi malah daun menjadi kering dan pepaya bangkok yang juga saya semprot ikut kering mohon bantuanya bgaimana mengatasinya

  25. Ahmad

    Asslmualaikum pak waras farm, saya mau tanya kalau pemupukan pohon pepaya california yang sudah berumur 1 tahun lebih itu pakai pupuk apa saja dan jarak pemberian ulang berapa bulan sekali, terimakasih

  26. Virza

    Ass.pak,saya virza dari tanggamus.mau tanya,apakah pupuk tai kambing masih bisa di pupukan pada kates clfrnia yg berumuran 9 bln.apa tdak ada dampak nya ?

  27. hinka

    pak, mohon pencerahanya, apakah ada efek pembuangan daun pepaya yg tua atau menguning, tanpa menunggu daunya gugur sendiri, mohon penjelasanya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s