Budidaya Tauge dengan Mesin Otomatis

hasil_taugeToge/Tauge adalah tumbuhan (sporofit) muda yang baru saja berkembang dari tahap embrionik di dalam biji.

Tahap perkembangannya disebut perkecambahan dan merupakan satu tahap kritis dalam kehidupan tumbuhan.Kecambah biasanya dibagi menjadi tiga bagian utama: radikula (akar embrio), hipokotil, dan kotiledon (daun lembaga). Dua kelas dari tumbuhan berbunga dibedakan dari cacah daun lembaganya: monokotil dan dikotil. Tumbuhan berbiji terbuka lebih bervariasi dalam cacah lembaganya. Kecambah pinus misalnya dapat memiliki hingga delapan daun lembaga. Beberapa jenis tumbuhan berbunga tidak memiliki kotiledon, dan disebut akotiledon.
Kecambah/Toge/Tauge sebagai sumber panganKecambah sering digunakan sebagai bahan pangan dan digolongkan sebagai sayur-sayuran. Khazanah boga Asia mengenal tauge sebagai bagian dari menu yang cukup umum. Kecambah dikatakan makanan sehat karena kaya akan vitamin E namun dikritik pula karena beberapa kecambah membentuk zat antigizi.Kecambah jelai yang dikenal sebagai malt digunakan sebagai salah satu bahan baku bir. Malt juga digunakan sebagai bagian dari minuman sehat karena mengandung maltosa yang lebih rendah kalori daripada sukrosa.Berikut adalah beberapa tumbuhan yang kecambahnya biasa dimakan orang :
  • Garden cress
  • Dill
  • Fenugreek
  • Garbanzo
  • Serai
  • Lentil
  • Selada
Kecambah/Toge/Tauge kacang hijau adalah salah satu jenis kecambah/toge/tauge yang paling banyak dijadikan bahan pangan atau bahan konsumsi pada umumnya, hal ini dikarenakan kecambah/toge/tauge dari kacang hijau banyak mengandung gizi yang diperlukan untuk memperlacar buang air besar maupun untuk mengurangi kegemukan. Ditinjau dari ilmu gizi setiap 100 gram kecambah/toge/tauge kacang hijau hanya mengandung 8 kalori panas, tetapi kandungan seratnya dapat meningkatkan kontraksi usus, sehingga punya efek dapat memperlancar buang air, ciri yang khas ini menyebabkan kecambah/toge/tauge kacang hijau punya peran penting untuk mengatasi masalah kegemukan.
Dan juga jika diteliti lebih lanjut kecambah/toge/tauge kacang hijau juga merupakan sayuran bergizi stabil. Menurut hasil analisa, kecambah/toge/tauge mengandung protein, lemak, karbohidrat, berbagai macam vitamin, serat, karotena, asam nitrat, fosfor, zat besi dan mineral.
Namun, sifat kecambah/toge/tauge kacang hijau adalah dingin, bila terlalu banyak mengonsumsinya juga akan mudah merusak lambung (kedinginan). Karena itu, bagi orang yang kondisi lambung/limpanya dingin, tidaklah cocok bila mengonsumsinya untuk jangka waktu lama. Akan dapat menimbulkan radang usus akut, radang lambung akut, serta diare dan bagi penderita berbagai penyakit lain juga tidak dapat makan terlalu banyak.
Berikut ini cara menanam atau budidaya kecambah/toge/tauge secara sederhana:
 tauge masak
Bahan Dan Alat Yang diperlukan :
  • 1 Buah baki berukuran sedang
  • kapas secukupnya untuk melapisi bagian bawah baki
  • kacang hijau secukupnya
  • air
Cara pembuatan
  • cuci bersihkacang hijau kemudian rendam selama 24 jam, jika air sudah berbusa ganti air dengan yang baru
  • siapkan baki dan isi alas baki dengan kapas sampai semua wadah tertutup
  • kemudian siram kapas tersebut sampai basah dengan air
  • Masukkan kacang hijau yang akan jadi bakal tersebut pada baki, pastikan jangan terlalu dekat jarak antara satu calon kecambah/toge/tauge dengan calon kecambah/toge/tauge lain
  • Setelah semua tertata rapi, tempatkan pada tempat yang cukup terkena sinar matahari
  • Pastikan juga kapas tersebut selalu basah hingga 3 s.d 5 hari medatang
  • Biasanya kecambah/toge/tauge sudah bisa dipanen pada usia 3 hari. Jadi pada hari ketiga kecambah/toge/tauge sudah muncul silahkan anda panenkecambah/toge/tauge tersebut
  • Selamat anda sudah bisa menanam kecambah/toge/tauge dengan menggunakan tekhnik semihidroponik.

Nah bagaimana bila  skalanya Industri? masa harus manual ya bisa repot dalam melakukan penyiramanya, sebenarnya sudah ada alat untuk memproduksi tauge secara Otomatis, yaitu oleh Iman Sudasri dari UPT LUK BPPT dengan inovasinya tentang Aparatus Penyemaian Kecambah Otomatis. Penyemaian kecambah otomatis ini telah digunakan oleh usaha kecil dan koperasi untuk pembuatan taoge di beberapa daerah.

Ini ada mesin Kecambah Otomatis saduran dari Artikel Dipetik dari Akhbar Tani Bil. 1/2001 Malaysia.

Mesin Kecambah Tauge Otomtis

Mesin kecambah TaugeDalam produksi tauge, antara masalah yang dihadapi adalah ketidak seragaman waktu penyiraman, volume air siraman yang tidak konsisten, kegagalan penyiraman pada waktu malam, buruh yang intensif, hasil tidak konsisten, waktu produksi yang lebih panjang dan pemisahan kulit biji dari tauge. Hasil tauge kurang berkualitas yaitu tauge yang halus, akar panjang, akar pendek, kulit atau testa terlekat pada tauge dan tidak tahan disimpan lama. Kualitas tauge yang dikeluarkan secara manual berubah karena suhu dalam tong proliferasi tidak menentu. Suhu dipengaruhi oleh frekuensi siraman dan kuantitas air.
Untuk memfasilitasi kerja menyiram tauge serta meningkatkan hasil dan kualitas tauge, sekelompok petugas yang dipimpin oleh Mr Amat Khri bin Mardi, Asisten Pejabat Pertanian Kanan dari Institut Pertanian Ayer Hitam, Johor telah merekayasa Set Produksi Tauge Otomatis (Septa) yang memungkinkan siraman dilakukan secara otomatis dengan biaya sebesar RM500.00.
Sistem Pengairan
Septa terdiri dari tiga (3) komponen dasar yaitu sistem irigasi, adjuster masa Galcon (timer) dan tong penanaman. Sistem irigasi ini digunakan untuk memfasilitasi kerja siraman air secara terjadwal dan kuantitas air siraman yang merata dapat dilakukan secara otomatis. Umumnya, bagian dan peralatan untuk sistem ini adalah PVC tubing, katup kontrol (control valves) dan nozel kabut. Penyebab air berasal dari pipa air rumah.
Setiap unit dasar sistem ini berisi empat (4) cabang aliran air keluar di mana masing-masing memiliki katup kontrol. Empat aliran air keluar disesuaikan dengan waktu produksi tauge di dalam tong proliferasi yaitu selama 4 hari. Susunan dapat diubah tetapi untuk produksi berkelanjutan (harian) harus memiliki 4 arah aliran air keluar.
Nozel yang digunakan adalah jenis ‘spray jet’ dan terhubung ke ‘rigid riser’. Pada tekanan 10-15 psi, nozel ini menghasilkan semburan berbentuk kabut (mist) dan menyiram air dengan harga 50 liter / jam. Nozel jenis ini sangat cocok untuk siraman tauge karena siramannya merata, tingkat aliran yang tetap dan volume siraman yang rendah. Siraman selama 5 menit dengan frekuensi 90 menit sekali, selama 4 hari hanya menggunakan sebanyak 270 liter air saja.
Penyesuaian Waktu Galcon (Timer)
Adjuster waktu (Timer) jenis Galcon adalah alat yang mengontrol waktu untuk memungkinkan sistem irigasi dapat membuat siraman secara otomatis. Dengan berbekal kekuatan dua biji baterai 9V, adjuster masa Galcon memiliki kontrol waktu minimum sampai 5 menit. Umur minimum baterai adalah 15 bulan. Daya baterai hanya diperlukan untuk membuka ‘solonoid valve’ saja. Penutupan kembali terjadi dengan tolakan spring. Alat kontrol ini sangat mudah digunakan. Hanya 2 penyesuaian hanya perlu dilakukan yaitu periode siraman dan frekuensi siraman.
Tempat Penanaman
Tong yang digunakan adalah tong plastik berwarna hitam berukuran 30 liter dengan ketinggian 60 cm (seperti tong sampah). Bagian penutup tong ditebuk untuk memasukkan nozel penyemprot. Bagian bawah tong, dibuat 20-30 lubang berdiameter 4-5 mm. Lubang ini bertujuan mengalir air siraman keluar. Tong yang digunakan harus berwarna hitam karena keadaan gelap dalam tong diperlukan untuk proliferasi tauge.Dengan tong ini, jumlah benih kacang yang bisa dimasukkan adalah 1,5 – 2,0 kg dan kapasitas produksi tauge adalah 10 – 15 kg per barel. (Setiap 1 kg. Benih kacang bisa menghasilkan 7-9 kg. Tauge).
Operasi Septa
Singkatnya, operasi Septa adalah seperti berikut: –

  • Hubungkan sistem irigasi Septa ke pipa pasokan air rumah.
  • Sesuaikan frekuensi dan ulang siraman (watering time No. 1, waterring cycle No. 2 (maksudnya: Siraman selama 5 menit setiap 90 menit).
  • Pasang 2 biji baterai 9V
  • Tekan tombol operasi (di bagian bawah ‘timer’)
  • Pastikan indikator kontrol berada di tengah (auto)
  • Siraman terjadi berdasarkan penyesuaian (waktu menyiram: 5 menit setiap 2,0 kg. Kacang)

Set model produksi tauge otomatis memudahkan produksi taugeh secara komersial, murah dan menguntungkan. Penggunaan alat adjuster masa Galcon mengurangi penggunaan air untuk siraman. Dengan penemuan Septa, penghematan waktu dilihat dari aspek menyiram air, membersihkan tauge dari kulit benih dan putaran produksi.

tauge sistem

Hasil Meningkat
Inovasi Septa berhasil meningkatkan hasil tauge dari 6 kg rata-rata pada 9 kg. rata-rata per kilogram biji kacang, yaitu peningkatan sebanyak 3 kg. atau 50%.
Kepuasan Hati Pelanggan
Selain dari aspek pengurangkan biaya, penghematan waktu dan peningkatan hasil, penemuan Septa sebagai teknologi tinggi, modal yang rendah, biaya operasi yang rendah serta mudah dioperasikan. Produksi tauge dapat diatur berdasarkan permintaan pasar. Inovasi yang diperkenalkan ini menyebabkan pengusaha dapat menghemat waktu yang sangat banyak untuk pekerjaan penyiraman. Pengusaha juga tidak terikat dengan waktu atau frekuensi siraman dibandingkan secara manual.
Alat tauge otomatikKapasitas Produksi Bisa Ditingkatkan
Produksi dapat ditingkatkan hingga mencapai 60-160 kg. tauge sehari dengan menambah jumlah ukuran tong yang sama atau mengganti ukuran tong yang lebih besar. Konversi ukuran tong adalah dari segi garispusatnya. Ketinggian optimal yang direkomendasikan tidak melebihi 80 ton.
Periode Pengembalian Modal Yang Singkat
Dengan Septa, pengusaha bisa mendapatkan kembali modal yang diinvestasikan dalam periode yang singkat yaitu selama 2 tahun atau dengan menanam 100 kg benih kacang.
Kualitas Hasil Yang Tinggi dan Konsisten
Kualitas tauge yang dihasilkan oleh Septa lebih tinggi serta konsisten, yaitu tauge yang gemuk, putih dan berakar pendek serta tahan disimpan. Efektivitas Septa telah mendapat pengakuan Departemen Pertanian ketika inovasi ini memenangani Penghargaan Inovasi Departemen Pertanian 2000. Inovasi ini juga diterima sebagai salah satu teknologi yang akan disebarkan kepada para petani untuk diterapkan.

Iman Sudasri dari UPT LUK BPPT dengan inovasinya tentang Aparatus Penyemaian Kecambah Otomatis.Sehingga kita tidak kalah dengan negeri serumpun, Penyemaian kecambah otomatis ini telah digunakan oleh usaha kecil dan koperasi untuk pembuatan taoge di beberapa daerah.

Alat ini kami namakan “ALAT PENYEMAIAN KECAMBAH SECARA OTOMATIS”
karena proses kerjanya dalam penyiramannya, lama penyiraman, rehat penyiraman berjalan secara otomatis; sebab pada alat dipasang alat kontrol yang unik untuk mengatur dan penyetelan waktu yang dikehendaki
oleh operatornya.

Mesin Kecambah Tauge  Otomatis

mesin kecambah -1

Mesin ini mempunyai alat pengontrol otomatis untuk mengatur temperatur dan penyemprotan air. Dengan menggunakan teknologi terkini menjamin produksi kecambah/toge semaksimal mungkin, low noise, hemat air dan listrik. Cocok untuk siklus produksi besar, sangat mudah perawatan dan tidak rentan kena hama.

mesin kecambah -2

Voltage (V) : 220 V

Total daya listrik: 1.5 kw/hari

Kapasitas : 100 kg untuk 16 box kontainer

Waktu panen: 3-4 hari

Hasil panen: 1kg kacang hijau menghasilkan 10kg toge.

berat sekitar :50 Kg

Spesifikasi mesin kapasitas 100kg:

Voltage (v) : 220

Daya (kw) : 1.5

Konsumsi air (m3/hari) : 1

Berat mesin (kg) : 150

Ukuran mesin (m) : 2,5×0.7×1.8

Jumlah kontainer: 16

Waktu panen: 3-4 hari

Hasil panen: 1 ton.

Spesifikasi mesin kapasitas 50kg:

Voltage (v) : 220

Daya (kw) : 0,75

Konsumsi air (m3/hari) : 0.3

Berat mesin (kg) : 120

Ukuran mesin (m) : 1.2×0.7×1.3

Jumlah kontainer: 8

Waktu panen: 3-4 hari

Hasil panen: 500kg

Hendra Andiarto

Wibawa Mukti 2 Jl. H.Abih No.131 RT 03/07 Pedurenan Jati Asih, Bekasi 17425
Telp: 0878-7083-1403 Hp: 0823-1028-9784 PinBB: D0B15B9F
http://www.cakrapancasona.com|
https://warasfarm.wordpress.com

email :hendraxsap@gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s